Mohon tunggu...
minion
minion Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - sekolah

musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Apakah Ujian Nasional Berhak Diberlakukan Kembali?

18 November 2024   08:00 Diperbarui: 18 November 2024   09:04 12
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pemerintah secara resmi menghapus Ujian Nasional mulai tahun ajaran 2021. Ujian Nasional dihapus dan digantikan oleh Asesmen Nasional. Tetapi baru baru ini saya mendengar rumor tentang diadakannya lagi Ujian Nasional. apakah Ujian Nasional harus diberlakukan kembali?

Pemberlakuan kembali Uni Nasional (UN) sebagai ujian akhir pendidikan di Indonesia bisa dilihat dari beberapa perspektif. Beberapa alasan yang sering diungkapkan untuk mendukung penerapan kembali UN antara lain:
1. Pengukuran Standar Pendidikan: UN dapat digunakan untuk mengukur pencapaian standar pendidikan di seluruh Indonesia secara objektif dan seragam. Dengan adanya UN, pemerintah dapat menilai sejauh mana kualitas pendidikan di setiap daerah dan memberikan perhatian lebih pada daerah yang mungkin tertinggal.

2. Meningkatkan Akuntabilitas Sekolah: UN menjadi alat untuk memastikan bahwa setiap sekolah memenuhi standar kurikulum dan pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Hal ini dapat memotivasi sekolah untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan fasilitas.

3. Menjamin Kualitas Lulusan: UN dianggap sebagai cara untuk menjamin bahwa lulusan sekolah memiliki tingkat kompetensi yang sesuai dengan standar yang ditetapkan, baik dalam hal pengetahuan maupun keterampilan dasar yang dibutuhkan untuk melanjutkan pendidikan atau memasuki dunia kerja.

4. Penyamarataan Peluang Pendidikan: Sebagai ujian yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia, UN dapat membantu memastikan bahwa setiap siswa, meskipun berasal dari daerah yang berbeda, memiliki peluang yang sama untuk diakui kemampuannya di tingkat nasional.

Namun, perlu dicatat bahwa meskipun ada alasan untuk memberlakukan kembali UN, banyak juga kritik terhadap sistem ini, seperti tekanan yang diberikan kepada siswa, ketergantungan yang berlebihan pada ujian sebagai tolok ukur tunggal, serta dampak negatif terhadap kualitas pembelajaran yang lebih berfokus pada persiapan ujian. Oleh karena itu, keputusan mengenai pemberlakuan kembali UN sebaiknya mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan yang ada, serta pendekatan yang lebih holistik dalam mengevaluasi pendidikan.

Jika Ujian Nasional (UN) diberlakukan kembali di Indonesia, ada beberapa dampak positif dan negatif yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa pro dan kontra yang bisa dipertimbangkan:

Dampak Positif:

1. Standarisasi Pendidikan: UN dapat menjadi alat untuk menilai kualitas pendidikan secara nasional. Dengan adanya ujian serentak, pemerintah dapat memastikan bahwa standar pendidikan di seluruh Indonesia relatif setara, baik di kota besar maupun daerah terpencil.

2. Pengukuran Kompetensi Lulusan: UN menjadi alat ukur untuk menguji sejauh mana siswa menguasai materi yang telah diajarkan selama pendidikan mereka. Hal ini memberi gambaran yang lebih jelas mengenai kualitas lulusan di tingkat nasional.

Dampak Negatif:

1. Tekanan Psikologis pada Siswa: Ujian Nasional sering kali menjadi sumber stres yang tinggi bagi siswa. Tekanan untuk lulus dengan nilai baik dapat merugikan kesehatan mental dan emosional mereka. Banyak siswa merasa tertekan untuk berfokus hanya pada persiapan UN, bukan pada pengembangan diri secara keseluruhan.

2. Fokus Terlalu Besar pada Ujian: Pemberlakuan UN dapat mendorong sistem pendidikan yang lebih berfokus pada hasil ujian, alih-alih pada proses pembelajaran yang mendalam. Ini bisa menyebabkan pendekatan mengajar yang lebih mengutamakan "menghafal" materi untuk ujian, bukan pengembangan keterampilan berpikir kritis atau pemecahan masalah.


Pertimbangan yang Perlu Diperhatikan:

1. Evaluasi Sistem Pendidikan secara Menyeluruh: Jika UN diberlakukan kembali, penting untuk memastikan bahwa kurikulum dan pengajaran disesuaikan dengan tujuan pendidikan yang lebih luas dan bukan hanya untuk lulus ujian. Hal ini bisa mencakup pengembangan karakter, keterampilan sosial, dan keterampilan abad ke-21.

2. Menerapkan UN dengan Pendekatan yang Lebih Fleksibel: Untuk mengurangi stres dan ketergantungan pada ujian tunggal, UN bisa dilengkapi dengan asesmen berbasis portofolio atau tugas-tugas praktis yang lebih mencerminkan kemampuan siswa secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, pemberlakuan kembali UN memerlukan perencanaan dan pertimbangan matang agar bisa memberikan dampak positif, sambil meminimalkan dampak negatif yang mungkin timbul. Hal ini juga harus disertai dengan perbaikan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, untuk memastikan bahwa ujian ini tidak menjadi satu-satunya ukuran keberhasilan pendidikan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun