Kedatangan Ramadan selalu disambut gembira oleh seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Berbagai tradisi khas di negeri ini yang berkaitan dengan Ramadan membuat suasana pada bulan yang penuh berkah tersebut kian meriah. Misalnya saja, ngabuburit serta berburu takjil, bertadarus di masjid setelah tarawih, saling berbagi dengan mengirimkan bingkisan antar kerabat ataupun kenalan, dan sebagainya.
Memanfaatkan momen kemeriahan Ramadan 1444 H, JNE sebagai perusahaan yang salah satunya bergerak di bidang pengiriman barang, merespons semangat berbagi dengan turut memberikan kontribusi pada kebutuhan pengiriman barang yang otomatis meningkat.
Setidaknya, ada empat program yang kemudian diadakan oleh JNE dalam rangka berbagi serta memberikan dukungan untuk para pedagang online dan para pengguna jasa pengirimannya. Apa sajakah program-program menarik tersebut?
1. Promo Gajian Bayar Ongkir Lebih Hemat
Dalam program ini, #JNE berkolaborasi dengan para merchant yang tergabung dalam JNE Loyalty Card (selanjutnya akan disebut JLC) untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat yang gemar online shopping.
Para pembeli yang berbelanja di masa tanggal gajian (payday) di merchant yang tergabung dalam JLC tersebut, akan mendapatkan promo potongan ongkos kirim untuk penggunaan layanan Reguler dan YES (Yakin Esok Sampai), dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Hari gini, hampir setiap orang yang memilih untuk memenuhi kebutuhannya dengan berbelanja online, pasti akan menunggu momen promo payday, karena memang tak dimungkiri, selama ini besarnya ongkos kirim menjadi salah satu hal yang memengaruhi daya beli masyarakat.
2. Bagi-Bagi Giveaway dan Takjil Gratis
Siapa, sih, yang tak suka mendapatkan hadiah? Dan, demi bisa mendapatkan sebuah hadiah, tak jarang para netijen yang biasanya menjadi komentator di medsos mendadak beralih jadi pemburu kuis.
Iya, program spesial Ramadan lainnya, JNE mengadakan Kuis Game si JONI spesial Ramadan yang hadiahnya tak main-main. Produk brand lokal ternama dari Itang Yunasz, Ija Kroeng, Jeffry Tan, Kamiidea, dan banyak lagi jenama lainnya yang siap untuk dikirimkan kepada #TemanJNE yang berhasil memenangkan kuis.
Dalam momen Ramadan sekarang, JNE juga tak ketinggalan mengadakan bagi-bagi takjil yang diberikan kepada pelanggan dan masyarakat sekitar cabang JNE yang ada di beberapa kota. Bagi-bagi takjil di beberapa kota ini juga dihadiri oleh si JONI, maskot kebanggaan JNE yang selalu menyapa ramah setiap orang yang dijumpai.
3. Program Spesial untuk Member JNE Loyalty Card (JLC)
Jika kamu merupakan pelanggan setia JNE, maka wajib hukumnya untuk tergabung dalam JNE Loyalty Card. Dengan menjadi anggotanya, akan mendapatkan berbagai keuntungan dan perlakuan istimewa.
Salah satunya, menjelang Ramadan kemarin, JNE memberikan benefit program THR berupa hadiah untuk member baru dengan transaksi pengiriman terbanyak selama Maret 2023. Selain itu, setiap transaksi pengiriman akan mendapatkan poin yang pada Ramadan ini bisa ditukarkan menjadi donasi, penyalurannya bekerjasama dengan Rumah Zakat.
JNE juga memiliki program kolaborasi antara JLC dengan Mandjha by Ivan Gunawan, di mana untuk pembelian produk-produk dari jenama tersebut tidak akan diberlakukan ongkos kirim alias gratis.
Member JLC yang memiliki pasaran di luar negeri pun mendapatkan keistimewaan dengan adanya  promo diskon 50% untuk pengiriman service international tujuan Saudi Arabia, Turki, Qatar, Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Kuwait, Bahrain dan Oman. Berlaku dari 23 Maret hingga 21 April 2023, dengan syarat dan ketentuan berlaku.
4. Kolaborasi Seru Bersama Seniman Disabilitas
Selalu #ConnectingHappiness di mana dan kapan saja, pada Ramadan tahun ini, JNE menebar senyum lewat kolaborasi bersama seniman disabilitas, dengan menggunakan artwork Ramadan hasil karya dari Angkasa Nasrullah Emir.
Angkasa merupakan salah satu seniman dari Studio Tab Space Bandung, sebuah studio seni yang mendukung serta menjadi ruang bagi para seniman disabilitas dalam berkarya.
Hasil karya Angkasa tadi diwujudkan dalam berbagai bentuk, di antaranya desain semacam gapura bertema Ramadan yang dipajang di kantor JNE pusat dan di kantor cabang lainnya di Indonesia. Kemudian, ada juga desain jadwal imsakiah, desain amplop THR, desain armada tematik, serta aktivasi Augmented Reality di media sosial. Desain-desain tersebut, pada akhirnya juga akan dinikmati oleh para pelanggan.
Penutup
Menurut Eri Palgunadi selaku VP of Marketing JNE, semangat berbagi melalui bermacam program menarik pada momen Ramadan dan Idulfitri 2023 ini diharapkan dapat meningkatkan kebutuhan pengiriman paket. Secara tidak langsung, hal itu juga turut menggerakkan perputaran roda ekonomi, #JNEBangkitBersama dengan memberikan dukungan nyata kepada para pelaku UMKM melalui program-program yang menguntungkan.
Merujuk yang terjadi tahun lalu, jumlah pengiriman JNE pada peak season seperti Ramadan dan Idulfitri, diharapkan mengalami peningkatan di atas 20-30%. Dan, untuk menghadapi kondisi itu, #JNE32Tahun berkecimpung dalam dunia jasa pengiriman telah melakukan berbagai antisipasi dan persiapan.
JNE telah melakukan penambahan di sektor SDM serta armada, yaitu dengan banyaknya karyawan yang kini berjumlah lebih dari 50 ribu orang, siap berjibaku agar paket-paket yang dikirimkan tiba dengan selamat dan tepat waktu di tangan pelanggan.
Layanan pengiriman pun dibuka selama 24 jam, terutama di kantor pusat dan kantor-kantor cabang yang berada di kota-kota besar setiap provinsi. Demi dapat melayani kebutuhan pengiriman pelanggan yang pastinya akan semakin membludak menjelang Idulfitri 2023.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H