Berikut ini contoh timeline instrumen yang digunakan dalam melakukan penilaian pada proses kegiatan P5. Instrumen ini dapat dikembangkan sesuai kebutuhan sekolah.Â
                                               Instrumen Penilaian P5
                                              Produk:  ......
                                             Sekolah .......................
Â
Tema : ..............................
Judul : ..............................
Â
A. Pengertian (produk.....)
  Jelaskan secara singkat produk yang harus diselesaikan dalam P5 ini
B. Kriteria Pembuatan produk (.......)Â
   Tuliskan kriteria secara jelas dan rinci dari produk yang diharapkan. Libatkan siswa untuk memberikan saran dan masukan.
  Â
C. Time Schedule
Tuliskan perencanaan waktu pelaksanaan secara jelas, disarankan dalam bentuk tabel.
contohÂ
No.
Deskripsi Pelaksanaan
Waktu Pelaksanaan
Oktober- November 2024
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Perencanaan
2
Pembuatan Produk
3
Review dan Finalisasi
4
Penyampaian hasil final (bisa dlm bentuk gelar karya)
D. Kriteria PenilaianÂ
- Kriteria penilaian terdiri dari angka 1 sampai 5 dengan keterangan berikut :
- Konsep dan Ide (20%)
- Kreativitas dan Desain (20%)
- Penerapan Prinsip Produk (30%)
- Keterampilan Teknis (20%)
- Presentasi dan Refleksi (Kemampuan menyampaikan ide) (10%)
Instrumen dan Rubrik Penilaian P5
Berikut adalah contoh rubrik sederhana yang dapat digunakan untuk menilai aspek-aspek dalam P5:
Aspek yang Dinilai
Kriteria 4 (Sangat Baik)
Kriteria 3 (Baik)
Kriteria 2 (Cukup)
Kriteria 1 (Kurang)
Kerja Sama Tim
Selalu bekerja sama dengan baik, mendengarkan, dan menghargai pendapat teman.
Bekerja sama dengan baik, kadang mendengarkan pendapat teman.
Kadang sulit bekerja sama, kurang menghargai pendapat teman.
Tidak mau bekerja sama dan sering memicu konflik.
Kemandirian
Selalu menyelesaikan tugas tanpa bantuan dan inisiatif tinggi.
Kadang meminta bantuan, tetapi tetap inisiatif.
Sering bergantung pada teman atau guru untuk menyelesaikan tugas.
Tidak dapat menyelesaikan tugas tanpa bantuan penuh dari orang lain.
Kreativitas Produk
Produk sangat kreatif dan inovatif.
Produk kreatif, tetapi kurang inovatif.
Produk kurang menarik dan inovatif.
Produk tidak menunjukkan kreativitas.
Presentasi
Menyampaikan ide dengan jelas, percaya diri, dan menarik.
Cukup jelas, tetapi kurang menarik.
Tidak konsisten dalam penyampaian.
Penyampaian tidak jelas dan kurang percaya diri.
Refleksi
Refleksi mendalam dan menunjukkan pemahaman terhadap proses belajar.
Refleksi baik, tetapi kurang mendalam.
Refleksi dangkal dan tidak fokus.
Tidak mampu merefleksikan proses belajar.
(dari berbagai sumber)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H