UANGKU adalah produk e-money atau uang elektronik yang dikeluarkan (issued) oleh Bank Indonesia kepada PT Smartfren Telecom Tbk, dengan Surat No.16/85/DKSP tanggal 26 Mei 2014. PT Smartfren Telecom Tbk merupakan salah satu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang berinduk pada Sinar Mas Digital Ventures (SMDV). Guna men-develop produk dan menjalankan strategi marketing, PT Smartfren Telecom Tbk menunjuk GlobalPay Indonesia sebagai mitra strategisnya UANGKU. GlobalPay Indonesia sendiri merupakan perusahaan teknologi keuangan yang beroperasi di bawah Kelompok Uang Digital (Digital Money Group) oleh Sinar Mas Digital Ventures (SMDV). Director Marketing GlobalPay Indonesia (UANGKU) Fanny Verona menjelaskan secara rinci mengenai UANGKU di kantor SMDV, tepatnya D. LAB by SMDV pada Minggu, 30 Oktober 2016. Kebetulan saya turut hadir di sana, pada acara Kompasiana Nangkring bersama UANGKU.
Sebagai e-money atau uang elektronik, maka semuanya dilakukan secara online, baik itu untuk pembelian, pembayaran maupun pengisian saldo. Ya, semua itu dilakukan secara online melalui smartphone. Sebagai produk e-money, jelas bahwa UANGKU sudah pasti bisa digunakan untuk bayar-membayar. Bisa untuk membayar tagihan seperti tagihan ponsel pasca bayar, listrik pasca bayar, air, asuransi, tagihan internet maupun tv kabel. UANGKU juga dapat digunakan untuk pembayaran yang berbasis kode QR. Pemindaian kode QR dapat dilakukan di beberapa toko, kafe maupun restoran yang sudah menjalin kerjasama dengan UANGKU. Selain untuk pembayaran tagihan, UANGKU juga bisa digunakan untuk pembelian. Dengan UANGKU, kita bisa membeli pulsa seluler, pulsa listrik (token) bahkan kredit game pun tersedia.
Selain bisa digunakan untuk pembayaran dan pembelian online, dengan smartphone, UANGKU juga bisa mentransfer sejumlah uang kepada pengguna UANGKU lainnya. Multifungsi juga karena bisa tarik tunai dari UANGKU. Keren, kan? Hal ini bisa dilakukan oleh pengguna yang sudah melakukan upgrade akun atau verivikasi data di Gallery Smartfren Head Office Sabang di Jl H. Agus Salim no.45, Sabang, Jakarta Pusat atau di BSD HQ Office Jl. Pahlawan Seribu. CBD BSD Lot 12.A Tangerang. Upgrade atau verivikasi akun UANGKU dengan cukup membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau kartu identitas lainnya yang masih berlaku.
Nah, bagaimana cara mengisi saldo di UANGKU? Caranya cukup mudah. UANGKU bisa diisi dengan mendatangi Gallery Smartfren Head Office Sabang dan atau BSD HQ Office Tangerang. Cara lain bisa diisi melalui transfer dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking maupun internet banking. Maksimal uang yang bisa ditransfer adalah satu juta rupiah. Namun bila kita sudah upgrade, kita bisa mengisi saldo dengan maksimal sampai sepuluh juta rupiah.
Membeli Baju di Media Sosial dengan UANGKU
Untuk bisa menikmati layanan UANGKU, terlebih dulu kita harus mendownload aplikasi UANGKU di smartphone kita. Bisa didownload dari Google Play (Android) dan App Store (iOS). Setelah terinstal, kita cukup mengisi nomer smartphone kita sebagai identitas akun/rekening UANGKU. Setelahnya, maka akan ada Short Message Service (SMS) dari UANGKU yang berisi kode verivikasi guna mengakses UANGKU. Kode inilah yang menjadi personal identification number (PIN) atau password kita dalam mengakses layanan Uangku.
Saya tidak perlu mendonwload aplikasi UANGKU karena smartphone saya keluaran Smartfen yang mana sudah terinstal aplikasi UANGKU. Namun saat saya klik, saya mendapat sms bahwa aplikasi perlu diupdate. Setelah diupdate, baru saya bisa menggunakan layanan UANGKU.
Setelah terupdate, pertama-tama saya melihat dulu saldo di akun/rekening UANGKU saya. Setelah yakin ada dana, barulah saya melihat fitur lainnya. Oh, ya, pertama kali saldo saya diisi oleh UANGKU sebesar Rp.100.000,- dari UANGKU Community. Alhamdulillah, bisa digunakan untuk belanja. Makasih UANGKU.
Setelah memastikan ada saldo, saya mencoba fitur rekening bersama yang dimiliki UANGKU yaitu shopping payment request. Saya mulai berselancar online shop di media sosial, instagram khususnya. Tujuan berselancar disini guna mendapatkan atau menemukan online shop terpercaya. Hingga saat ini, sudah ada 95 online shop yang terafiliasi atau bekerjasama dengan sistem shopping payment request UANGKU. Ada beberapa pilihan online shop yang kiranya cocok untuk saya. Namun akhirnya saya menjatuhkan pilihan ke sebuah butik online shop yaitu Emma Butik. Ketika pilihan online shop terpercaya sudah ditemukan, barulah saya melakukan transaksi dengan mengontak secara personal ke online shop tersebut. Ada nomer kontak yang mudah dihubungi di biografi online shop tersebut.
Bagi saya, memilih online shop terpercaya itu bagai memilih kucing dalam karung. Saya nggak kenal sama sekali dengan mereka, pun sebaliknya. Makanya, saya menilai dari respon mereka sebagai ukuran terpercaya. Ketika responnya bagus, jelas, dan saya sendiri merasa nyaman, maka akan saya lanjutkan untuk bertransaksi.
Dari chatting dengan pihak online shop terpercaya, terjadilah transaksi pesanan. Nah, untuk mengirim dan menerima barang pesanan tentu memerlukan jasa pengiriman untuk mengantarkan barang. Dengan menggunakan pembayaran UANGKU, ada dua pilihan jasa pengiriman yang ditawarkan oleh online shop, yaitu dengan dikirim ke rumah atau promo melalui Popbox, kita mengambil barang di suatu tempat. Saya mencoba menggunakan kedua metode tersebut untuk menerima barang pesanan.
Pertama, saya memesan barang dengan dikirim langsung ke rumah. Saya mengontak online shop pilihan pada 20 Desember 2016 pukul 10.30 WIB dengan maksud akan melakukan pemesanan barang. Setelah deal, melalui aplikasi UANGKU, saya menerima payment request UANGKU dari online shop yang saya pilih tersebut. Saat yang bersamaan, saya juga menerima SMS dari UANGKU. SMS tersebut berisi pemberitahuan bahwa saya mendapat payment request dari online shop terpercaya yang saya pilih dan untuk segera melakukan pembayaran, dengan jeda waktu 2 hari, setelah pemesanan. Tak mau buang waktu, saya langsung membuka aplikasi UANGKU dan klik pay now supaya pesanan segera diproses. Pukul 15.05 WIB saya mendapat notifikasi SMS dari UANGKU bahwa barang sudah dikirim oleh pihak online shop pilihan saya.
Keesokan harinya, pada 21 Desember 2016 pukul 13.00, kurir datang membawa pesanan saya tersebut. Bila dirinci secara waktu, pukul tiga sore barang dikirim, pukul satu siang esok harinya barang sudah diterima. Dengan demikian, kurang dari 24 jam barang pesanan sudah ditangan saya. Alhamdulillah.
Nah, waktu itu saya hanya memberitahu pihak online shop bahwa barang sudah sampai. Padahal seharusnya, saya perlu mengonfirmasi juga ke pihak UANGKU bahwa barang sudah sampai. Alhasil, pada 26 Desember 2016 saya mendapat pemberitahuan SMS dari UANGKU bahwa pembayaran saya akan dibayarkan secara otomatis ke Emma Butik pada 27 Desember 2016, atau 7 hari setelah barang dikirim. Setelah saya mengonfirmasi dengan me-release now ke pihak butik, hak saya mendapatkan promo cashback pun bisa saya terima keesokan harinya. Wah, jadi semangat belanja lagi nih. Hihihi.
Pada pembelanjaan kedua, saya sudah lebih lincah (cieee). Setelah SMS pemberitahuan dari UANGKU, saya cukup menunggu SMS dari pihak Popbox untuk bisa mengambil barang di tempat yang sudah ditentukan. Waktu itu saya memilih Stasiun Depok Baru sebagai tempat tujuan. SMS pengiriman barang dari UANGKU saya terima pada 28 Desember 2016 pukul 16.44 WIB. Pada 29 Desember 2016 pukul 13.05 WIB saya menerima SMS dari Popbox bahwa barang saya sudah tiba. Jadi, kurang dari 24 jam barang sudah bisa saya ambil di loker Popbox pilihan. Selain itu, pemberitahuan SMS dari Popbox dijelaskan bahwa masa pengambilan adalah sebelum 1 Januari 2017. Jadi ada tenggat waktu pengambilan selama 3 hari. Setelah 3 hari dan barang tidak diambil, maka barang akan dikembalikan kepada pengirim. Pengiriman by Popbox adalah gratis. Sedangkan pengiriman langsung ke rumah, pembeli dikenai ongkos kirim.
Baju yang saya beli dari Emma Butik pun sesuai dengan keinginan saya. Baik itu motif maupun bahan tekstilnya. Setelah dicuci pun ternyata tidak luntur. Saya pun puas berbelanja di online shop pilihan saya ini.
Nah, menurut saya, sebenarnya disinilah UANGKU sebagai rekening bersama berfungi. Yaitu sebagai garansi bahwa penjual mengirim barang pesanan dan pembeli menerima barang sesuai pesanan. Dengan UANGKU, penjual dituntut untuk jujur mengirimkan pesanan pembeli. Pembeli pun dimudahkan dengan tanpa mengirimkan bukti transfer kepada penjual. Pembeli cukup konfirmasi dengan auto confirmation melalui release now yang ada pada sistem UANGKU. Ketika transaksi batal dalam masa 7 hari, maka pembeli bisa mendapatkan uangnya kembali 100 persen. Pun ketika penjual tidak mengirim barang setelah pembayaran dilakukan, maka secara otomatis uang pembeli akan dikembalikan oleh UANGKU setelah masa 7 hari. Aman dan memudahkan!
Dari beberapa fasilitas kegunaan UANGKU antara lain bisa untuk beli pulsa, baik pulsa seluler maupun pulsa listrik. Saya pun mencobanya dengan harapan, saya tak perlu lagi mendatangi counter pulsa atau pun ATM bila mendesak membutuhkan pulsa. Ternyata sangat mudah sekali. Cukup memasukkan nomer telepon atau nomer identitas listrik kita. Selanjutnya tinggal memilih nominal yang dibutuhkan, dan selesai. Sangat-sangat mudah dan praktis. Saya tersenyum lebar, puas. Sudah nggak perlu lagi keluar rumah untuk beli pulsa. Sambil tiduran di rumah pun bisa. Uhuyy…
Nah, dari pengalaman mencoba beberapa kali transaksi online, saya jadi tak ragu untuk menggunakan e-money UANGKU sebagai sarana untuk bertransaksi online. Saya sangat dimudahkan sekali oleh Uangku. Sangat menunjang dan sangat cocok dengan saya yang memiliki keterbatasan waktu. E-money multifungsi, ya UANGKU, the safest and simplest payment for sosial shopping.
Jakarta, 31 Desember 2016
Yuk follow media sosial saya: Facebook, Twitter dan Instagram.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H