Tiga brand global ternama yaitu ZKTeco, DSPPA, dan Seagate tampil di Youtube chanel IMS, "TEKTOKAN ROADSHOW" di Semarang, Jawa Tengah, beberapa hari lalu. Ketiga brand ini membagikan strategi dalam menaklukkan tantangan pasar di Indonesia.
Dalam forum bergengsi yang digelar oleh PT Integra Mitra Solusi (IMS), ketiga brand ini berbagi pandangan unik tentang strategi mereka sesuai dengan regulasi di Indonesia yang mencakup bidang keamanan teknologi, sistem suara publik, dan penyimpanan data.
Manager of Commercial IMS, Davis Hartanto, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dirancang untuk mengeksplorasi bagaimana merek-merek global menavigasi kompleksitas pasar Indonesia.
Apa saja strategi ketiga brand tersebut? Kita mulai dari ZKTeco, pemimpin global dalam solusi keamanan biometrik. ZKTeco melihat Indonesia merupakan pasar yang potensial.
ZKTeco merupakan pionir yang mengedepankan end-to-end access control, sistem ini menggabungkan berbagai elemen keamanan ke dalam satu platform yang integrasi.
Rangkaian produk unggulan ZKTeco dirancang sesuai kebutuhan pasar Indonesia. Misalnya Walk-Through Metal Detector, Flap Barrier, UVSS, Parking Barrier, Demo Box Access, dan Elevator Control.
Brand selanjutnya yaitu DSPPA, pemain utama di industri audio visual solution. Produk unggulan DSPPA  berupa PA System dan Conference System, dan Pro Audio hadir dalam teknologi berbasis IP maupun analog.
Dikenal berkat karakter suara yang mengutamakan kejernihan sempurna, DSPPA hadir dengan solusi IP System yang tak hanya canggih tetapi juga sangat user-friendly.
Sistem ini dapat diintegrasikan dengan Security System melalui protokol ONVIF dan fitur Audio Linkage serta memungkinkan pemantauan jarak jauh berkat teknologi IP.
Sementara Seagate, sebagai market leader dalam penyimpanan data, terus melakukan terobosan promosi berbasis kolaborasi bersama film-film besar dan karakter game ikonik.
Seagate juga menjawab kebutuhan penyimpanan andal dengan inovasi terbaru di tengah revolusi big data dan cloud computing. Seagate menawarkan kapasitas penyimpanan besar seperti HDD 20TB hingga HDD 30TB.
Davis Hartanto menyampaikan bahwa dengan pemahaman mendalam terhadap dinamika pasar, ketiga brand ini memperkuat koneksi dengan konsumen di Indonesia.
ZKTeco akan memperlebar product lineup. DSPPA akan fokus menyesuaikan pengembangan produk yang sesuai dengan permintaan pasar di Indonesia. Sementara, Seagate melanjutkan metode pemasarannya dengan mengedukasi pasar MFI di Indonesia.
Ketiga brand tersebut juga menyesuaikan teknologinya agar sesuai dengan regulasi di Indonesia. ZKTeco dan DSPPA  tengah berupaya meninjau berbagai faktor seperti geografis, labour cost, regulasi, ekonomi, dan kestabilan politik Indonesia sebelum mereka membangun pabrik di Indonesia.Â
Terkait regulasi TKDN, Davis mengungkapkan bahwa beberapa brand besar menerapkan strategi proxy atau perantara dengan menjalin kolaborasi merek lokal agar bisa fit and proper dengan regulasi di pasar Indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H