Mohon tunggu...
Andriansyah Tirta
Andriansyah Tirta Mohon Tunggu... Lainnya - Team Supervisor Lapangan Surveyor

Seorang karyawan swasta di bagian Administrasi. Lahir di Jakarta, menjalani sebagian masa muda di Medan, dan menempuh kuliah di Yogyakarta di UNY.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kesadaran Diri untuk Menjaga Diri Tidak Overthinking di Tempat Kerja

30 April 2024   13:00 Diperbarui: 30 April 2024   13:03 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Dalam tempat kerja baik yang kita kerjakan sendiri (wirausaha ) ataupun bekerja dengan orang lain dalam perusahaan selalu akan timbul cobaan-cobaan dalam pekerjaan. Untuk menangani cobaan juga diperlukan suatu sikap mental yang baik sehingga akan dapat tercapai hasil yang maksimal. Sikap mental yang baik dapat ditunjukkan dengan cara mengembangkan sikap kesadaran diri kita di tempat bekerja. Kesadaran diri yang baik terbentuk dengan mengasah kemampuan kita secara soft skill dan hard skill.

Cobaan yang bisa terjadi di tempat kerja bisa berasal dari luar atau dalam perusahaan itu sendiri. Cobaan yang sehari-hari dihadapi tentu sudah terbiasa untuk kita hadapi sehingga biasanya kita dengan mudah menyelesaikan coban tersebut. Namun seiring waktu juga pasti akan ada cobaan-cobaan yang tentu tantangannya lebih berat dan berisiko baik dari segi pikiran maupun kesehatan kita.Sebenarnya disinilah kita perlu selalu menyiapkan kesadaran diri kita untuk membentuk/melatih mental yang lebih baik untuk menghadapi tantangan-tantangan yang datang.

Kita tidak akan selalu bisa menghindari segala tantangan yang ada datang pada kehidupan kita, karena tantangan yang ada adalah bagian dari perjalanan hidup yang akan membentuk siapa diri kita sesungguhnya. Oleh karena itu bentuk kesadaran diri adalah yang terpenting dalam menguji diri kita terhadap tantangan yang datang, karena tidak ada seorangpun yang bisa dibilang selalu siap dengan apa yang datang terjadi pada hidupnya.

Adapun dalam menghadapi tantangan yang ada terutama tantangan yang sulit sering sekali kita bisa menjadi terlalu overthinking sehingga banyak hal yang bisa terjadi diakibatkan hal tersebut. Hal-hal yang bisa terjadi apabila kita terlalu overthinking dalam pekerjaan kita adalah sebagai berikut ;

1. Kita menjadi terlalu kepikiran tentang hal - hal yang dapat terjadi karena overthinking.

2. Kesehatan akan kemudian juga terganggu karena semakin kita menguras pikiran kita, tenaga yang terbuang juga sia-sia karena overthinking tidak menghasilkan solusi atas permasalahan yang ada.

3. Kesehatan yang berkurang itu juga bisa terjadi karena selama overthinking kita juga jadi kurang beristirahat sehingga selain kemudian pikiran yang terganggu maka jasmani kita juga akan terganggu.

4. Kurangnya istirahat diakibatkan overthinking akan menyebabkan kita menjadi lebih labil dalam emosional kita sehingga akan menyebabkan kita mudah marah dan frustasi.

5. Semakin kita mudah marah dan frustasi maka juga akan menganggu jalan pikiran kita untuk mengambil keputusan yang baik untuk melaksanakan apa yang sebaiknya kita lakukan untuk menyelesaikan masalah di tempat kita bekerja.

6. Hal ini juga akan mengganggu hubungan kita dengan orang lainnya karena sifat mudah marah dan frustasi akan menganggap bahwa orang lain akan membebani hidup kita.

7. Pada akhirnya overthinking akan membuat kita depresi dan trauma sehingga apabila tidak ditangani dengan baik dapat merusak hidup kita sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun