Majunya suatu bangsa dipengaruhi oleh mutu pendidikan dari bangsa itu sendiri karena pendidikan yang tinggi dapat mencetak peserta didik yang berkualitas. Pendidikan yang dimaksud disini bukan bersifat nonformal melainkan bersifat formal, meliputi proses belajar mengajar yang melibatkan guru dan peserta didik. Peningkatan kualitas pendidikan dicerminkan oleh prestasi belajar peserta didik. Sedangkan keberhasilan atau prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh kualitas pendidikan yang bagus. Karena kualitas pendidikan yang bagus akan membawa peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar yang lebih baik
Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya adalah meningkatkankan Kosakata Peserta didik terkhususnya dalam kosakata bahasa Inggris.
Kosakata memiliki peranan yang sangat penting ketika mempelajari Bahasa Inggris. Namun, faktanya masih banyak peserta didik khususnya di SD Sekolah Alam Bukit Hijau yang mengalami kesulitan ketika mempelajari kosakata bahasa Inggris khususnya kata -- kata yang mungkin jarang sekali didengar dan biasanya terdapat pada teks prosedur.Â
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan word mapping sebagai media pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Penerapan word mapping dilakukan melalui pendekatan bahasa Inggris yang diformulasikan ke dalam bentuk strategi pembelajaran berkelompok untuk merancang kosakata dari sebuah kata dengan menurunkannya ke bagian sinonim maupun antonimnya.
Hal ini sangat penting dibagikan karena berdasarkan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) banyak perubahan sikap peserta didik yang berdampak positif terhadap pembelajaran Bahasa Inggris khususnya. Sikap yang terjadi pada peserta didik seperti:
- Peserta didik belum memanfaatkan sumber belajar yang ada.
- Peserta didik enggan bertanya kepada rekan sebaya maupun guru terkait kosakata yang tidak dipahami.
- Peserta didik belum aktif dalam kegiatan berdiskusi.
- Peserta didik terlihat belum semangat mengikuti kegiatan pembelajaran dikarenakan tidak memahami kosakata tertentu.
- Peserta didik tidak fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.
Ketika peserta didik akan belajar tentang family members, banyak diantara mereka yang ingin melewatkan materi ini dikarenakan akan ada banyak kosakata yang jarang di dengar dan maupun dibaca. Hal ini disebabkan karena peserta didik belum mau tau akan kosakata yang terdapat pada teks prosedur.
Peran guru dan tanggung jawab guru dalam pembelajaran ini yaitu dengan membimbing dan mengarahkan peserta didik agar mampu untuk merancang kosakata dalam bentuk word mapping dan mampu untuk memahami kosakata tersebut. Selain  itu, guru juga berperan sebagai penengah dalam kegiatan belajar mengajar.Â
Misalnya menengahi atau memberikan jalan keluar dalam diskusi siswa. Dan peran guru yang terakhir dalam pembelajaran ini yaitu sebagai evaluator ataupun penilai. Guru mengevaluasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar seperti dalam diskusi kelompok dan juga presentasi.
Tantangan:
      Dalam Praktik Pengalaman Kerja (PPL), guru menghadapi beberapa tantangan, yaitu sebagai berikut:
- Bebarapa peserta didik terlihat sangat dominan karena berkelompok dengan temannya yang kurang aktif dalam kegiatan berdiskusi dan presentasi.
- Beberapa peserta didik mempresentasikan hasil kerjanya dengan tampil kurang percaya diri.
Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, pendidik, teman sejawat dan kepala sekolah. Tantangan itu yang menyebabkan pendidik harus melewatinya dengan berbagai cara seperti memotivasi peserta didik yang belum aktif dalam kegiatan berdiskusi dan yang belum maksimal dalam mempresentasikan hasil kerjanya.