Mohon tunggu...
Seputar Dunia Anak
Seputar Dunia Anak Mohon Tunggu... Editor - Ilmuwan

Mencari Ilmu

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implemetasi Program PAUD HI dalam Pepres 60 Tahun 2013 di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatra Barat

1 Juli 2024   00:26 Diperbarui: 16 Juli 2024   15:17 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Layanan Pengasuhan (Dokpri)

                  

Penulis : Rahmadini

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak dari sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (6 tahun), yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka perkembangan fisik dan rohani agar anak siap untuk masuk ke sekolah lebih lanjut. Pendidikan Anak Usia Dini harus disesuaikan dengan tahap perkembangan yang akan dilalui oleh mereka karena mereka unik dan berkembang.

Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya berfokus pada pendidikan, tetapi juga pada kesehatan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini. Oleh karena itu, PAUD dilaksanakan secara terpadu dan komprehensif. Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk pengembangan sumber daya manusia kedepannya. Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk perkembangan lanjutan anak. PAUD Holistik Integratif (HI) adalah salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut. Menurut Perpres No. 60/2013, Pasal 1 Butir 2 menyatakan bahwa pengembangan anak usia dini secara holistik dan integratif adalah upaya untuk mencapai
pengembangan anak usia dini dirancang untuk memenuhi kebutuhan esensial yang beragam dan saling terkait secara bersamaan, sistematis, dan terintegrasi.

Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat. Dalam hal ini peneliti merupakan salah satu guru dari sekolah tersebut yang akan menyajikan hasil implementasi PAUD HI disekolah berdasarkan hasil observasi selama peneliti mengajar disekolah ini. Setelah mengumpulkan data terkait pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat, maka langkah selanjutnya peneliti mengelompokkan hasil observasi untuk disajikan dan di bahas lebih detail. Data ini menunjukkan bagaimana visi dan misi sekolah terkait dengan implementasi program. Ini juga menunjukkan SOP program, kompetensi guru, sarana dan pembiayaan program, strategi implementasi program, dan hasil dari program PAUD holistik integrative.  Setelah menyajikan data terkait pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat, maka peneliti melakukan penarikan kesimpulan.

Pelaksanaan PAUD HI di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat

Layanan Pendidikan

Satuan PAUD menawarkan layanan dasar untuk mendukung berbagai potensi anak, yang dikenal sebagai Layanan Pendidikan. Untuk menerapkannya, perangkat pembelajaran yang mendukung program HI (Holistik Integratif) harus dibuat. Peneliti menemukan bahwa sekolah telah menggunakan berbagai model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran secara inovatif.

Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan.

 Layanan Gizi Satuan PAUD menjadi bagian dari Kurikulum Tingkat Satuan PAUD yang diwujudkan dalam kegiatan rutin. Salah satu kegiatan layanan kesehatan yang dilakukan sekolah yaitu dengan mengenalkan langsung kepada anak mengenai makanan sehat dengan mengunjungi minimarket terdekat dan mengajak anak memilih makanan yang sehat sendiri.

Layanan Kesehatan (Dokpri)
Layanan Kesehatan (Dokpri)

Layanan Pengasuhan

Layanan pengasuhan yang dilakukan pihak sekolah dengan selalu melibatkan orang tua dalam kegiatan-kegiatan seperti: (1) Pertemuan rutin setiap semester, seperti: Kegiatan-kegiatan wajib sekolah seperti pentas seni; (2) Kelompok Pertemuan Orangtua (KPO) seperti penyuluhan, parenting, diskusi, simulasi dan seminar. Layanan pengasuhan salah satunya yang dilakukan sekolah yaitu melakukan kegiatan parenting disetiap kegiatan, yaitu kegiatan mengajak anak untuk melihat makanan sehat sebelum dilaksanakan kegiatan tersebut pendidik dan orang tua bersama-sama membicarakan kegiatan tersebut.

Layanan Pengasuhan (Dokpri)
Layanan Pengasuhan (Dokpri)

Layanan Perlindungan

Anak-anak di PAUD harus dilindungi dari kekerasan fisik dan non-fisik. Ada pagar di sekolah untuk melindungi anak, memastikan anak berada dalam jangkauan guru, dan mengajarkan anak cara melindungi anak dari orang asing.

Layanan Kesejahteraan

Satuan PAUD menjalankan layanan kesejahteraan dengan memastikan bahwa setiap anak memiliki kebutuhan dasar, termasuk kepastian identitas, kebutuhan fisik, dan kebutuhan rohani. Sekolah menggunakan layanan ini untuk memastikan identitas setiap siswa dengan menyimpan berkas Akta Kelahiran Anak.

Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi PAUD HI di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat

Faktor pendukung dalam kegiatan program PAUD Holistik Integratif (HI) adalah terciptanya dukungan dan hubungan baik antara pendidik, orang tua, tokoh masyarakat dan pemerintah dalam mendukung layanan-layanan yang ada dalam program PAUD Holistik Integratif (HI). Faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini yaitu jika pendidik, orang tua, tokoh masyarakat dan pemerintah tidak mendukung atau rasa keperdulian nya rendah dalam memfasilitasi layanan-layanan tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulan penelitian yaitu layanan kesehatan gizi, rangsangan pendidikan, pembinaan moral, emosional dan pengasuhan yang dapat diwujudkan melalui program PAUD HI di TK TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat sudah berjalan dengan baik.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun