Â
Penulis : Rahmadini
Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak dari sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (6 tahun), yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka perkembangan fisik dan rohani agar anak siap untuk masuk ke sekolah lebih lanjut. Pendidikan Anak Usia Dini harus disesuaikan dengan tahap perkembangan yang akan dilalui oleh mereka karena mereka unik dan berkembang.
Pendidikan Anak Usia Dini tidak hanya berfokus pada pendidikan, tetapi juga pada kesehatan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini. Oleh karena itu, PAUD dilaksanakan secara terpadu dan komprehensif. Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk pengembangan sumber daya manusia kedepannya. Pendidikan anak usia dini sangat penting untuk perkembangan lanjutan anak. PAUD Holistik Integratif (HI) adalah salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut. Menurut Perpres No. 60/2013, Pasal 1 Butir 2 menyatakan bahwa pengembangan anak usia dini secara holistik dan integratif adalah upaya untuk mencapai
pengembangan anak usia dini dirancang untuk memenuhi kebutuhan esensial yang beragam dan saling terkait secara bersamaan, sistematis, dan terintegrasi.
Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat. Dalam hal ini peneliti merupakan salah satu guru dari sekolah tersebut yang akan menyajikan hasil implementasi PAUD HI disekolah berdasarkan hasil observasi selama peneliti mengajar disekolah ini. Setelah mengumpulkan data terkait pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat, maka langkah selanjutnya peneliti mengelompokkan hasil observasi untuk disajikan dan di bahas lebih detail. Data ini menunjukkan bagaimana visi dan misi sekolah terkait dengan implementasi program. Ini juga menunjukkan SOP program, kompetensi guru, sarana dan pembiayaan program, strategi implementasi program, dan hasil dari program PAUD holistik integrative. Â Setelah menyajikan data terkait pelaksanaan program PAUD Holistik Integratif di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat, maka peneliti melakukan penarikan kesimpulan.
Pelaksanaan PAUD HI di TK IKAL IQRA Perum Buloq Divre Sumatera Barat
Layanan Pendidikan
Satuan PAUD menawarkan layanan dasar untuk mendukung berbagai potensi anak, yang dikenal sebagai Layanan Pendidikan. Untuk menerapkannya, perangkat pembelajaran yang mendukung program HI (Holistik Integratif) harus dibuat. Peneliti menemukan bahwa sekolah telah menggunakan berbagai model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan metode pembelajaran secara inovatif.
Layanan Kesehatan, Gizi dan Perawatan.
 Layanan Gizi Satuan PAUD menjadi bagian dari Kurikulum Tingkat Satuan PAUD yang diwujudkan dalam kegiatan rutin. Salah satu kegiatan layanan kesehatan yang dilakukan sekolah yaitu dengan mengenalkan langsung kepada anak mengenai makanan sehat dengan mengunjungi minimarket terdekat dan mengajak anak memilih makanan yang sehat sendiri.