Formula 1 merupakan ajang balap otomotif paling bergengsi di dunia, tak hanya soal kecepatan mobil tapi juga soal keahlian pembalap. Para pabrikan mobil itu tak segan – segan menggelontorkan anggaran yang fantastis hanya demi inovasi terbarukan.
Namun, ketika cost cap mulai diberlakukan pada 2021 para tim mulai belajar untuk menyesuaikannya. Sebagai contoh, beberapa tim papan atas seperti Mercedes, Red Bull, ataupun Ferrari diketahui menghabiskan lebih dari $400 juta per musim. Dengan adanya cost cap, diharapkan persaingan antara tim agar lebih konpetitif, sehingga tidak diharapkan tidak ada lagi diskriminasi antara tim besar dan tim kecil.
Pengeluaran Komponen Utama
Perlu ditekankan bahwa angka – angka ini hanyalah perkiraan saja tergantung besarnya tim pabrikan mobil f1. Masalah angka yang spesifik itu merupakan rahasia dari tim tersebut. Berikut merupakan rincian dari komponen – komponen mobil f1.
1. Sasis/Monocoque: $1.000.000 – $2.000.000
Sasis monocoque serat karbon adalah komponen inti mobil Formula 1 yang menjadi tempat duduk pengemudi, tangki bahan bakar, dan elektronik kontrol. Pembuatan sasis ini membutuhkan bahan berkualitas tinggi dan rekayasa yang sangat presisi.
2. Mesin/Unit Tenaga: $7.000.000 – $10.000.000
Unit tenaga hibrida menggabungkan mesin V6 turbocharged 1,6 liter dengan sistem MGU-K dan MGU-H. Komponen ini menjadi salah satu bagian paling mahal pada mobil F1.
3. Gearbox: $500.000 – $1.000.000
Gearbox dengan delapan percepatan dirancang untuk ringan, kuat, dan mampu menangani daya besar yang dihasilkan oleh unit tenaga.
4. Suspensi: $300.000 – $500.000
Sistem suspensi dirancang untuk menyeimbangkan performa, pengendalian, dan kenyamanan, serta mampu menahan tekanan ekstrem selama balapan.
5. Rem: $200.000 – $350.000
Rem karbon-keramik berkinerja tinggi dilengkapi kaliper titanium untuk memberikan daya henti optimal sekaligus menjaga bobot tetap rendah.
6. Aerodinamika (Sayap Depan dan Belakang): $150.000 – $300.000
Sayap depan dan belakang memainkan peran penting dalam menghasilkan downforce, menjaga keseimbangan aerodinamis, dan meningkatkan performa saat menikung. Perbedaan lekukan sedikit saja pada sayap depan & belakang mobil f1 dapat memengaruhi kecepatan mobil walaupun hanya 0.0 detik, namun dalam balapan mobil f1 itu merupakan hal yang fatal.
7. Roda Kemudi: $50.000 – $100.000
Roda kemudi F1 memiliki desain kompleks dengan banyak tombol, dial, dan sakelar, memungkinkan pengemudi mengatur berbagai fungsi mobil secara langsung. Mungkin ini dapat dikatakan “otak” dari mobil f1, karena segala aspek yang ada di dalam mobil f1 diatur oleh kemudi ini.
8. Elektronik (ECU, Telemetri, dan Sensor): $300.000 – $500.000
Sistem elektronik memonitor dan mengelola kinerja mobil, termasuk komponen seperti ERS, mesin, gearbox, dan sistem penting lainnya.
9. Sistem Pemulihan Energi (ERS): $1.000.000 – $2.000.000
ERS mengubah energi yang dihasilkan dari panas mesin dan pengereman menjadi listrik, meningkatkan tenaga dan efisiensi bahan bakar.
10. Ban: $1.500 – $2.000 per set
Tim F1 menggunakan beberapa set ban yang dirancang khusus untuk kondisi trek dan kebutuhan performa selama akhir pekan balapan. Dalam penyedian ini ditangani oleh Pirelli yaitu perusahaan asal Italia.
Perlu digarisbawahi yang menjadikan pembuatan mobil f1 mahal yaitu mereka harus melakukan riset sendiri dari nol. Dan hal itu tentu tidak mudah dan pasti tidak murah, serta riset itu pasti memerlukan waktu yang lama. Maka tidak heran jika balapan f1 dikatakan sebagai ajang balapan otomotif termahal. Dan tentunya teknologi yang digunakan dalam mobil f1 merupakan teknologi otomotif tercanggih yang dapat dibangun manusia saat ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H