Peningkatan Mutu Departemen Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendidikan Formal
Oleh:
Gugus Pink
( Departemen Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang )
Â
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memperkenalkan pendidikan luar sekolah dalam pendidikan formal sebagai bekal untuk keterampilan karena mereka belum mengetahui apa itu pendidikan luar sekolah. Manfaat penulisan adalah dapat mengetahui bahwa pendidikan luar sekolah sebagai salah satu pendidikan yang ikut serta dalam pendidikan formal.Â
Kata kunci : Pendidikan, Luar Sekolah.
Â
Pendidikan luar sekolah ikut berperan dalam masyarakat termasuk juga dalam pendidikan formal. Banyak sudah yang dilakukan pendidikan luar sekolah dalam pendidikan formal. Untuk itu, dalam tulisan ini membahas konsep yang berkaitan dengan pendidikan luar sekolah dan . Dalam tulisan ini juga, konsep pendidikan luar sekolah mengenai, strategi pengembangan pendidikan luar sekolah, sistem pengembangan pendidikan luar sekolah, hubungan dengan peningakatn pendidikan luar sekolah. Coombs (Sudjana, 2004) mengatakan, Diklus, Volume 14, Nomor 1, Maret 2010 67 "pendidikan nonformal ialah setiap kegiatan terorganisasi dan sistematis, di luar sistem persekolahan yang mapan, dilakukan secara mandiri atau merupakan bagian penting dari kegiatan yang lebih luas, yang sengaja dilakukan untuk melayani peserta didik tertentu di dalam mencapai tujuan belajarnya".
Sistem pengembangan pendidikan luar sekolah dibuat dalam suatu model yang dikembangkan oleh Sudjana, bertujuan untuk meningkatkan dan memajukan pendidikan nonformal. Model tersebut terdiri dari komponenkomponen menurut Sudjana (2004), yaitu : pertama, masukan sarana (instrumental input), kedua; masukan mentah (raw input), ketiga; masukan lingkungan (environmental input), keempat; proses yang menyangkut interaksi antara masukan sarana, terutama pendidik dengan masukan mentah, kelima; keluaran (output), keenam; masukan lain, ketujuh; pengaruh (impact) yang menyangkut hasil yang telah dicapai oleh peserta didik dan lulusan. Pendapat Sudjana ini sangat sistematik dan bergerak untuk dilaksanakan secara teratur serta berurutan secara terus menerus.
Peningkatan pendidikan luar sekolah dengan salah satu cara untuk menggali suatu proses belajar dan berlatih secara sistematis untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menyiapkan diri untuk peranan dan tanggungjawab yang akan datang, dengan memaknai belajar mengetahui (learning to know), belajar berbuat (learning to do), belajar hidup bersama (learning to live together), dan belajar menjadi seseorang (learning to be) secara bersamaan dan berkesinambungan.