Mohon tunggu...
Septi Wulandari
Septi Wulandari Mohon Tunggu... Lainnya - PEMBELAJAR

"Dimanapun Kapanpun dan dengan Siapapun adalah Belajar"

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Bukan Sebatas Kesetiaan tapi Selalu Ada ~ 3 #KalahkanJarak

12 Juli 2020   03:49 Diperbarui: 12 Juli 2020   03:54 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Semenjak memasuki era digitalisasi, kita semakin dituntut untuk mampu terintegrasi dengan dunia luar. Menghubungkan diri dengan orang lain tanpa adanya batas yang berarti. Kabar dari jarak ratusan bahkan puluhan ribu kilo meter dapat kita peroleh hanya dalam hitungan menit, bahkan detik. Kini, dunia serasa ada di genggaman. Cukup sekali klik, informasi kita dapatkan. Gawai dan jaringan internet menjadi faktor penunjang utama.

Selain itu, keberadaan digitalisasi ini mampu mempermudah kehidupan manusia, mulai dari kebutuhan komunikasi pribadi hingga pada sektor pendidikan, ekonomi, bisnis, industri, dan sebagainya. Oleh sebab itu, masyarakat kini sangat membutuhkan gawai dan jaringan internet. Sehingga, semenjak akhir abad 20 atau memasukki awal abad 21 mulailah bermunculan sejumlah merek gawai dan penyedia layanan jaringan.

Salah satu penyedia layanan jaringan internet yang ada di Indonesia adalah jaringan tri Indonesia. Jaringan tri Indonesia bukanlah penyedia layanan jaringan baru di Indonesia. 3 sudah hadir di Indonesia semenjak tahun 2007. Namun, kala itu dengan layanan 3G-nya baru menjangkau wilayah Jakarta. Selang berjalannya waktu, kini layanan 3 sudah bisa dirasakan sampai pelosok-pelosok daerah di Indonesia. 

Awal perkenalan...

Awal masuk jaringan 3 di Indonesia ketika itu saya belum mengenal penyedia layanan jaringan ini, karena memang saya tinggal jauh dari Ibu Kota. Lebih tepatnya pelosok bagian selatan provinsi D.I.Y. Saya mulai menggunakan penyedia layanan ini pada tahun 2013, karena memang sebelumnya gawai yang saya miliki tidak memiliki daya dukung yang lebih untuk mengakses jaringan. Jadi kala itu saya belum mengenal penyedia layanan jaringan mana yang baik, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan saya.

Pada tahun 2013, setelah saya ganti gawai dengan kapasitas yang lebih mumpuni dan lebih mampu mengikuti era kala itu tentunya. Saya mulai mengenal sejumlah penyedia layanan jaringan. Penyedia layanan jaringan yang saya gunakan pertama kali ketika itu jujur saja bukan 3, melainkan penyedia layanan jaringan yang mengklaim sebagai penyedia layanan jaringan dengan jangkauan sinyalnya yang luas hingga kepelosok. Karena saya sadar diri, rumah saya berlokasi di pelosok desa tentunya saya memilih untuk memakai layanan jaringan tersebut. Tetapi, setelah saya sampai di rumah sinyalnya datang dan pergi. Untuk bisa berkomunikasi dengan lancar saya harus keluar rumah dan itu sungguh sangat merepotkan dan membuat saya tidak nyaman.

Ohhh, sinyal

Banyak yang memujimu

Banyak yang mengagungkanmu

Tapi, mengapa dengan diriku

Kau datang dan pergi semaumu

Sungguh, hargamu tak sebanding dengan layananmu

-OK BYE-

Ketika itu, saya masih merasa bahwa posisi rumah saya yang terlalu pelosok hingga susah sinyal. Saya bertahan sampai paket data saya habis, dan berganti dengan penyedia layanan jaringan yang disarankan teman saya yang tinggal tidak jauh dari rumah saya. Masih bukan 3, hasilnya ok tapi membutuhkan kesabaran lebih untuk bisa memproses data. 

Tapi ini lebih baik dari sebelumnya, dan saya bertahan sekitar 2 bulan. Hingga akhirnya teman saya main ke rumah dan "Sep,,, omahmu duwe tower 3 ya?" artinya "Sep,,, rumahmu punya tower 3?". Karena dia pengguna jaringan 3 Indonesia dan kaget kok di rumah saya ada sinyal 3. Di situ saya merasa, Yeahhh... omahku ora pelosok! artinya Yeahhh... rumahku tidak pelosok!.

Twitter: @triindonesia
Twitter: @triindonesia

Pengalaman bersama 3 

Yeah... Jaringan 3 Indonesia di rumah ternyata lancar dan sinyalnya tidak datang dan pergi. Sungguh ketika itu saya tidak menyangka bahwa sinyal 3 akan hadir jauh lebih dekat. Semenjak saat itu, saya selalu menggunakan jaringan 3 Indonesia sebagai penyedia layanan jaringan saya dan AON (AlwaysOn) selalu menjadi pilihan layanan yang saya gunakan. 

Saya merasa telah menemukan pilihan yang tepat dari pencarian penyedia layanan jaringan yang awalnya membuat saya pusing. Akhirnya jaringan 3 Indonesia, kamu pilihanku!!!

Akhirnya 'ku menemukanmu

Saat hati ini mulai merapuh

Akhirnya 'ku menemukanmu

Saat raga ini ingin berlabuh

(Lirik lagu "Akhirnya Ku Menemukanmu" ~ Naff)

Hingga berjalannya waktu, tiba-tiba saya mendapat pesan singkat untuk mengaktifkan paket harian dari salah satu layanan 3Indonesia, dimana dalam satu hari saya hanya perlu membayar Rp. 1.500,00 dan bisa menikmati kuota 2 GB selama 24 jam di semua jaringan. (Terkait paket ini saya lupa mendapatkannya setelah paket harian Rp. 1.000,00 dapat 1 GB atau setelahnya. Karena memang saya mendapatkan promo ini sudah beberapa kali) Ketika saya masih memakai paket harian, saya hanya perlu membeli pulsa saja untuk mengikuti perpanjangan perharinya. Paket ini benar-benar membuat saya tidak pernah merasa kekurangan kuota, bahkan saya bisa menjadi hotspot bagi teman-teman saya di kampus dan di rumah.

Setelah bertahan dengan paket harian Rp. 1.500,00, saya lupa untuk membeli pulsa dan akhirnya perpanjangan harian tidak dapat dilakukan. Saat itulah saya kehilangan paket harian Rp. 1.500,00 dan berganti dengan paket harian Rp 2.000,oo mendapat 2.5 GB selama 24 jam. 

(Ketika itu tidak langsung mendapat promo itu, tapi saya memakai AON-nya kembali) Dan... wooww ini puas bangetttt... 2.5 GB perhari, saya bisa browsing sepuasnya, youtube, jadi pusat hotspot dan bisa download film/drama. 

Saya benar-benar bangga menggunakan operator 3, dimana sinyalnya kuat lancar tugas-tugas terpenuhi dan yang pasti hemat. Pengeluaran ketika masih menggunakan paket Rp. 1.500,00 itu cuma Rp. 45.000,00 perbulan, dan yang paket Rp. 2.000,00 itu cuma Rp. 60.000,00 perbulan. 

Dan kuota yang saya dapatkan berlimpah. Ini benar-benar membantu saya banget yang masih kuliah saat itu, untuk bisa menghemat pengeluaran. Saya merasa 3 mampu mengerti dan memahami keadaan pelanggannya.

Screenshot Bima+
Screenshot Bima+

Saya telah bertahun-tahun menggunakan jasa layanan jaringan 3 Indonesia dan bertahan dengan paket hariannya, hingga 2.5 GB saya berakhir pada 1 Juni 2020 sebulan yang lalu. 

Setelah itu, saya bingung harus menggunakan layanan yang mana karena sudah terbiasa dengan paket harian. Hingga akhirnya saya mempelajari produk yang ditawarkan oleh jaringan 3 Indonesia di situs resminya www.tri.co.id . 

Akhirnya saya menemukan paket yang hemat dan bisa menunjang kebutuhan harian, yakni layanan produk AlwayOn. Terdapat bermacam-macam produk dan yang menjadi pilihan saya adalah layanan Unlimited + AON 6 GB. Layanan ini hanya Rp. 60.000,00 perbulan, kalau lagi ada promo hanya Rp. 55.000,00 perbulan. Jujur awal kehilangan 2.5 GB itu sedih banget, efek sudah dimanjakan layanan ini bertahun-tahun. 

But it's okay, meski awalnya hati ini serasa dipotek-potek...

3 #kalahkanjarak

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, jaringan 3 Indonesia memang telah mampu #kalahkanjarak yang ada hingga dunia saya merasa tak terbatas. Dengan mudahnya akses, jaringan luas, dan tak terbatas menjadikan tugas dan pekerjaan saya dapat terselesaikan dengan baik dan saya bisa menikmati keseruan bersosial media. 

Hal ini menjadi salah satu bukti nyata, kenapa saya bisa setia bersama jaringan 3 Indonesia selama bertahun-tahun. Selain memang karena jaringan 3 Indonesia selalu ada untuk saya. 

Apalagi selama pandemi Covid-19 yang sedang mewabah saat ini, pekerja dan anak sekolah yang biasanya berangkat ke kantor dan ke sekolah harus beralih dan terbiasa melakukan pekerjaannya secara daring. 

Tentu saja jaringan 3 Indonesia, selalu ada untuk saya. Semenjak pandemi, saya mulai bekerja di rumah dan adik saya belajar di rumah. Dan alhamdulillah kuota yang saya miliki mampu digunakan untuk kebutuhan kami berdua. Kalaupun merasa kurang, biasanya saya akan menukarkan poin Bonstri dengan layanan yang ada atau dengan membeli paket tambahan lain. 

Jaringan 3 Indonesia, selain mampu membantu menyelesaikan pekerjaan kantor dan sekolah adik saya juga mampu memberikan hiburan. 

Karena memang terkadang saya merasa bosan hanya di rumah saja, jadi saya sering nonton film/drama korea. Adik saya juga masih bisa mengikuti mabar atau main bareng game online bersama teman-temannya dikala akhir pekan. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan hiburan, saya juga sangat terbantu untuk mengakses sejumlah tempat belanja daring. Karena memang selain saya hobi menonton film/drama, saya juga hobi window shopping. Ketika hanya di rumah saja, saya hanya bisa melakukan window shopping di sejumlah tempat belanja daring. 

Hal ini tentu membutuhkan jaringan yang kuat dan lancar. (window shopping = sekedar melihat-lihat barang untuk membandingkan harga dan bisa memperoleh harga yang cantik.hhe)

Sebenarnya selain hal-hal yang saya sebutkan di atas, saya sudah memanfaatkan jaringan 3 Indonesia untuk banyak hal mulai dari kebutuhan primer seperti komunikasi dengan keluarga, saudara, kolega, untuk saling bertegur sapa dan melepas rindu karena memang tidak mampu bertemu, menjalin silaturrahmi ketika lebaran Idul Fitri 1441 H kemarin. 

Belajar memasak dan membuat kue melalui Youtube sampai mencoba membuat video dan diunggah di Youtube. Dan... masih banyak hal lain yang telah saya lakukan...

Di akhir cerita saya bersama jaringan 3 Indonesia, saya merasa puas dengan layanan yang selama ini telah diberikan dan saya tidak pernah merasa khawatir akan berjarak selama pandemi ini karena memang sejak awal jaringan 3 Indonesia telah membantu saya untuk #kalahkanjarak. Buat kalian yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang jaringan 3 Indonesia dapat langsung mengakses www.tri.co.id atau klik https://bit.ly/2XqKZMI. 

Terima kasih telah membuat dunia saya tanpa batas, tanpa jarak.

Salam Hangat,

Septi Wulandari

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun