Mohon tunggu...
Vinsensius Bahagia Mawar
Vinsensius Bahagia Mawar Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP Negeri 7 Cibal

olah raga, membaca, menulis, musik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menyusun Cerita Praktik Baik Menggunakan Metode STAR (Situasi,Tantangan, Aksi, Refleksi, Hasil dan Dampak) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Berita

19 Februari 2024   08:47 Diperbarui: 19 Februari 2024   08:55 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh

Vinsensius Bahagia Mawar

Lingkup Pendidikan   : SMP

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita yang sesuai dengan Struktur dan Aspek Bahasa yang tepat dengan Model

Pembelajaran Project Based Learning dengan Media Digital

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?, dan apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?

Pembelajaran menulis Teks Berita bertujuan untuk melatih siswa dalam memaparkan informasi yang terkait dengan unsur 5W+1H dalam bentuk Teks Berita. Pembelajaran menulis Teks Berita di SMP Negeri 7 Cibal biasanya menggunakan bahan ajar yang monoton dan tidak variatif. Guru menggunakan bahan ajar teks berita yang ada di dalam buku teks karena lebih praktis dan tanpa persiapan. Hal itu kurang sesuai dengan kondisi peserta didik dimasa kini, membuat mereka kurang mempunyai referensi informasi yang nyata. Misalnya, ketika menulis teks berita peserta didik diberikan tema tentang pendidikan, peserta didik dapat menggunakan media media cetak, youtube, dan berita online. Dengan demikian, bahan ajar yang digunakan guru lebih kontekstual yang membuat peserta didik memiliki pengalaman nyata dalam menggali informasi untuk dijadikan bahan informasi dalam menulis teks berita.

Penggunaan model Project Based Learning (PJBL) membuat peserta didik lebih aktif dan hasil pembelajaran berupa projek atau produk nyata bukan sekadar konsep atau teori. PjBL juga sangat direkomendasikan untuk implementasi kurikulum 2013, karena dengan PjBL peserta didik dapat mendesain proses untuk menentukan solusi atas permasalahan atau tantangan yang diajukan selain itu peserta didik secara kolaboratif bertanggung jawab untuk mengakses dan mengelola informasi untuk memecahkan masalah. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah melaksanakan praktik pembelajaran secara optimal di kelas dengan mengolaborasikan penggunaan model pembelajaran PjBL dan pemilihan media pembelajaran berbasis digital sehingga tujuan pembelajaran dan hasil capaian peserta didik dapat sesuai dengan yang diharapkan.

Tantangan :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun