Dalam kegiatan KKN Tematik UPI 2022 dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa", khususnya dalam topik Desa Pertumbuhan Ekonomi Merata. Menurut survey yang sudah dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 pun dikatakan bahwa di Kampung Cileuweung RW 19 terdapat banyak pelaku UMK (Usaha Mikro Kecil), yang hanya mengandalkan pemasaran produknya di gerai olahan susu yang dipimpin oleh salah satu warga setempat secara berkelompok.
Dan berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara bersama Bapak Koswara, yang mana beliau sebagai Ketua RW 19 di Kampung Cileuweung. Bahwasannya di kawasan tersebut warga yang memiliki sapi dapat menghasilkan perahan susu sapi 10-11 liter per harinya. Satu hal yang begitu disayangkan dari strategi pemasarannya, karena kampung Cileuweung merupakan salah satu kampung yang berhasil menghasilkan beberapa produk dari olahan susu. Sudah ada ribuan brand yang tersebar luas di lingkungan kita, maka dari itu pelaku bisnis perlu memperhatikan strategi pemasaran yang dilakukan. Dan tak sedikit juga pelaku UMK yang masih kebingungan mengenai strategi pemasaran yang meluas melalui digital marketing.
Sebelum membahas lebih jauh mengenai apa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 di kampung Cileuweung ini, mari kita simak terlebih dulu beberapa hal berikut;
SDGs Desa merupakan arah kebijakan  pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa. Adapun program dan kegiatan untuk  mencapai tujuan tersebut sepenuhnya kreasi desa yang terumuskan dalam musyawarah desa masing-masing. Dan tujuan SDGs Desa diprioritaskan berdasarkan kondisi objektif desa yang tergambarkan pada Sistem Informasi Desa (SID). Prioritas SDGs Desa menjadi pedoman bagi Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat desa dalam menentukan arah kebijakan perencanaan pembangunan desa, serta program dan/atau kegiatan prioritas Pembangunan Desa.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan strategi yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen atas produk yang dipasarkan oleh produsen secara berkesinambungan untuk memenangkan persaingan pasar secara berkesinambungan pula. Adanya strategi pemasaran ini juga sebagai sasaran penjualan yang tepat, agar dapat meraup keuntungan yang stabil sampai meningkat.
Dalam strategi pemasaran terdapat beberapa cara yang dapat digunakan sebagai pilihan untuk memasarkan produknya, yaitu :
Membuka peluang kerja bagi orang lain/reseller > meminta orang menjual produk dgn memberikan komisi dari hasil penjualan
Menggunakan platform media sosial > pertama-tama, mengidentifikasi target pembeli, lalu membuat konten menarik dengan membuat video menarik hingga poster ajakan
Memaksimalkan konten > calon pembeli biasanya lebih tertarik untuk melihat konten daripada iklan. Konten mendidik dan menghibur dgn penambahan promosi. Visual menjadi daya tarik pertama yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan sebelum membeli barang. Foto produk adalah elemen penting yang menjadi visual daya tarik calon pembeli. Caption (marketing copywriting) materi pemasaran yang mampu membujuk audiens di dalamnya guna membeli suatu produk
Kemasan menarikÂ
Fungsi Pemasaran
Mempercepat pertumbuhan perusahaan
Membangun reputasi
Meningkatkan brand awareness
 Membidik target pasar yang tepat
Memastikan perusahaan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki
Beberapa hal serupa disampaikan oleh pelaku UMK bahwa para pelaku UMK belum mengerti bagaimana cara tepat mempromosikan produk dengan kalimat yang menarik dan memasang foto produk yang menarik itu seperti apa. Maka dari itu saya dan teman-teman mengadakan kegiatan penyuluhan mengenai strategi dalam pemasaran. Karena peran mahasiswa dipercaya sebagai agent of change, perlu adanya pergerakan untuk ikut berkontribusi atas pemasaran yang dirasa kurang. Dalam kegiatannya kelompok kecil KKN Tematik UPI 2022 melakukan "Penyuluhan Strategi Pemasaran Secara Online". Pelaksanaan penyuluhan dilakukan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 dan dihadiri oleh 13 pelaku UMK yang ada di kampung Cileuweung.
Dengan adanya permasalahan yang ada saya dan teman-teman melaksanakan kegiatan penyuluhan sebagai salah satu upaya mahasiswa KKN Tematik UPI 2022 meningkatkan eksistensi produk lokal yang ada di kampung Cileuweung RW 19. Produk yang dihasilkan dari pemanfaatan olahan susu sapi ini terdapat permen susu karamel, yogurt, cheese stick susu murni, sabun susu murni, dan bolu susu murni.Â
Dalam kegiatannya kami menjelaskan bagaimana cara memasarkan produk yang tepat, seperti yang perlu diperhatikan adalah kalimat promosi, pamflet promosi produk, dan foto ataupun kemasan pada pemasarannya. Setelah pelaksanaan penyuluhan kami melakukan pendampingan juga kepada para pelaku UMK, supaya dapat menindak lanjuti permasalahan yang ada.
Terlaksananya kegiatan dan dilakukannya pendampingan kepada para pelaku UMK kami memfasilitasi untuk merevisi atau memperbaharui label, logo, serta pembuatan pamflet usahanya. Dan dalam proses desain yang ada kami tidak mengurangi ciri khas desain sebelumnya. Dengan adanya penyuluhan sampai pendampingan serta promosi meluas melalui sosial media ini diharapkan bisa mengembangkan eksistensi produk lokal yang terdapat pada kampung Cileuweung dan meningkatkan keuntungan pada setiap pelaku UMK sendiri.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H