Koneksi Antar Materi Modul 1.4
Filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara
Menurut KHD,Tujuan pendidikan adalah Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat
KHD menjelaskan bahwa pendidikan hendaknya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman siswa sehingga pendidikan tidak bersifat statis tetapi dinamis,Gagasan KHD terkait Semboyan Ing NgarSO sung tulodo,Ing Madyo Mangun Karso ,Tut wuri Handayani tidak hanya merupakan slogan dan kata kata indah semata namun bertujuan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter profil pelajar pancasila
Nilai dan peran guru penggerak
Dari pernyataan KHD tersebut seorang guru harus mempunyai nilai dan menjalankan perannya agar mampu memotivasi muridnya menuju kebahagiaan setinggi-tingginya melalui proses pembelajaranÂ
Nilai-nilai Guru penggerak
- Berpihak pada murid
- Mandiri
- Kreatif
- Reflektif
- Inovatif
- Kolaboratif
Peran guru penggerak
- Menjadi pemimpin pembelajaran
- Menjadi Coach bagi guru lain
- Mendorong kolaborasi
- Mewujudkan kepemimpinan muridÂ
- Menggerakkan komunitas praktisi
VISI GURU PENGGERAKÂ
Dalam mewujudkan suatu perubahan diperlukan Visi dan langkah-langkah yang tepat dalam pelaksanaannya .Visi akan terwujud jika terdapat kerjasama dengan semua warga sekolah. oleh karena itu diperlukan langkah konkret dengan menggunakan metode inquiry apresiatif dengan tahapan BAGJAÂ
5 TAHAPAN BAGJAÂ