Mohon tunggu...
SENIWATI
SENIWATI Mohon Tunggu... Guru - Guru

Jangan takut gagal,takutlah tidak pernah mencoba,Berani bermimpi,gigihlah meraihnya Jadilah seseorang yang selalu bermanfaat untuk orang lain,bangun kolaborasi ,kreatifitas dan inovasi,kesuksesan menunggumu dimasa depan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.4 Disusun oleh Seniwati,S.Pd.I CGP Angkatan 10 Kabupaten Rokan Hulu

28 Mei 2024   23:59 Diperbarui: 29 Mei 2024   00:28 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Koneksi Antar Materi Modul 1.4

Filosofi pemikiran Ki Hajar Dewantara

Menurut KHD,Tujuan pendidikan adalah Menuntun segala kodrat yang ada pada anak agar mereka mencapai kebahagiaan dan keselamatan setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat

KHD menjelaskan bahwa pendidikan hendaknya sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman siswa sehingga pendidikan tidak bersifat statis tetapi dinamis,Gagasan KHD terkait Semboyan Ing NgarSO sung tulodo,Ing Madyo Mangun Karso ,Tut wuri Handayani tidak hanya merupakan slogan dan kata kata indah semata namun bertujuan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berkarakter profil pelajar pancasila

Nilai dan peran guru penggerak

Dari pernyataan KHD tersebut seorang guru harus mempunyai nilai dan menjalankan perannya agar mampu memotivasi muridnya menuju kebahagiaan setinggi-tingginya melalui proses pembelajaran 

Nilai-nilai Guru penggerak

  • Berpihak pada murid
  • Mandiri
  • Kreatif
  • Reflektif
  • Inovatif
  • Kolaboratif

Peran guru penggerak

  • Menjadi pemimpin pembelajaran
  • Menjadi Coach bagi guru lain
  • Mendorong kolaborasi
  • Mewujudkan kepemimpinan murid 
  • Menggerakkan komunitas praktisi

VISI GURU PENGGERAK 

Dalam mewujudkan suatu perubahan diperlukan Visi dan langkah-langkah yang tepat dalam pelaksanaannya .Visi akan terwujud jika terdapat kerjasama dengan semua warga sekolah. oleh karena itu diperlukan langkah konkret dengan menggunakan metode inquiry apresiatif dengan tahapan BAGJA 

5 TAHAPAN BAGJA 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun