Dalam terjemahan bahasa Indonesia Housekeeping bermakna Tata Graha. Secara general tugas Housekeeping adalah menjaga seluruh kebersihan semua area di luar maupun di dalam hotel. Seorang petugas Housekeeping biasanya bekerja di hotel, perkantoran, rumah sakit maupun rumah pribadi.
Menurut gabungan, "housekeeping" memiliki arti orang atau bagian yang memelihara penginapan, rumah, atau hotel. Istilah ini berasal dari dua kata, "house" yang berarti "rumah" dan "keeping" yang berarti "pemeliharaan." Bagian ini akan membantu Anda menyiapkan kebutuhan selama staycation.
Semua bagian dari hotel memiliki struktur organisasi masing-masing sesuai dengan departemennya. Departemen Housekeeping memiliki struktur organisasi sebagai berikut :
1.Executive Housekeeper
Seorang manajer, juga disebut manajer eksekutif, adalah pemimpin paling atas dalam struktur organisasi housekeeping. Seorang executive housekeeper sangat penting untuk menjalankan tugasnya kepada seluruh petugas housekeeping agar sistem kerjanya berjalan lancar. Mereka juga harus mengawasi, memberikan pelatihan, dan bertanggung jawab atas departemen housekeeping di sebuah hotel.
2.Assistant Housekeeper
Seorang assistant housekeeper memiliki peran penting dalam struktur departemen housekeeping selain executive housekeeper. Untuk memastikan bahwa departemen housekeeping berjalan lancar, posisi ini sangat penting; ini terutama berlaku jika executive housekeeper tidak dapat hadir untuk memimpin tugas sehari-hari. Asisten Housekeeper juga bertanggung jawab untuk memberikan laporan kepada executive housekeeper tentang nama-nama petugas yang masuk di hari itu, kemajuan dalam pekerjaan, dan laporan masalah yang ditemukan. Oleh karena itu, peran asisten housekeeper juga sangat penting di departemen housekeeping.
3.Order Taker
Dalam departemen housekeeping, posisi order taker sangat penting. Mereka bertanggung jawab untuk mencatat pesanan, menerima telepon, dan memberikan informasi tentang para tamu yang menginap. Nantinya, tim housekeeping internal akan menerima semua pesanan dan laporan dari para tamu. Karena mereka berpapasan langsung dengan tamu, petugas yang bertanggung jawab untuk menerima order harus ramah.
4.Floor Supervisor
Petugas floor supervisor bertanggung jawab untuk memastikan bahwa para tamu mendapat pelayanan terbaik selama menginap di hotel. Karena hal ini akan menentukan reputasi hotel ke depannya, mereka harus tampil baik dan ramah kepada seluruh tamu. Seorang floor supervisor juga harus menyampaikan kritik dan saran dari para tamu. Kritik dan saran ini dapat digunakan untuk evaluasi berikutnya agar hotel dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.
5.Housekeeper
Pekerja rumah tangga berada di dekat tamu. Mereka ditugaskan untuk membersihkan kamar setiap kali orang masuk hingga seluruh kamar bersih dan baik. Seorang housekeeper harus memiliki kemampuan yang baik dan juga ramah.
Untuk memudahkan pembagian job desk, departemen housekeeping didirikan agar seluruh staf dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan job desk dan tidak bertabrakan antara satu sama lain. Pembagian seksi Departemen Housekeeping adalah :
1.Public Area
Petugas housekeeping di departemen ini bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan seluruh area publik hotel, termasuk lobby, restoran, kolam renang, gym, dan beberapa fasilitas umum lainnya. Ini memastikan bahwa tamu yang datang ke hotel merasa nyaman karena semuanya bersih.
2.Room Attendant
Selama tamu menginap di hotel, departemen pelayan kamar bertanggung jawab untuk memenuhi semua kebutuhan mereka. Misalnya, Anda harus membersihkan kamar sebelum dan setelah tamu menginap; Anda juga harus mengecek semua peralatan di dalam kamar, termasuk alat mandi dan handuk, apakah semuanya masih baik atau rusak.
3.Laundry
Pada departemen ini, petugas housekeeping mencuci seluruh kain di setiap kamar, termasuk handuk, sarung bantal, dan sprei, yang harus dicuci sampai bersih dan wangi. Di beberapa hotel, ada petugas laundry section yang mencuci seragam housekeeping. Petugas ini mendapat kesan baik dari penampilannya saat berpapasan dengan tamu.
4.Linen
Semua kain yang telah dicuci di laundry section harus dibawa ke departemen linen dan diantar kembali ke setiap kamar. Petugas juga harus memastikan seluruh kamar hotel memiliki handuk, sarung bantal, dan sprei yang bersih dan wangi.
5.Florist dan Gardener
Tidak ada hubungan langsung dengan kamar tamu hotel, tetapi departemen ini bertanggung jawab untuk menjaga dan merawat taman hotel. Florist dan gardener bertanggung jawab untuk merawat bunga di lobby dan lorong hotel, sementara gardener bertanggung jawab untuk menjaga area luar hotel tetap indah.
6.Houseman atau Housemaid
Petugas housekeeping di departemen ini bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan mengecek inventaris hotel, sehingga seluruh inventaris terjamin dengan baik dan aman untuk digunakan oleh para tamu.
Demikian penjelasan mengenai Departemen Housekeeping mulai dari pengertian, struktur organisasi dan bagian-bagian yang ada di dalam Departemen Housekeeping dalam suatu hotel. Housekeeping merupakan suatu departemen yang sangat penting dalam operasional suatu hotel bayangkan jika suatu hotel tidak ada Departemen Housekeeping tentunya kebersihan hotel tersebut akan sangat tidak terjaga dan kotor.
Penulis : Sendy Andriansyah Mahasiswa KIP IPT Trisakt
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H