Mohon tunggu...
Selvina
Selvina Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sosiologi

i am just a happy human who like reading and writing

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Arti dari Perusahaan FMCG dalam Dunia Industri

8 Oktober 2024   15:37 Diperbarui: 8 Oktober 2024   15:40 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: solarindustri.com

Ada banyak jenis industri di seluruh dinia, nah Dalam industri makanan ada yang disebut dengan perusahaan FMCG, apa sih sebenarnya FMCG itu sendiri?. FMCG merupakan singkatan dari Fast Moving Consumer Goods industri ini berperan untuk mencukupi kebutuhan primer dan sekunder manusia secara keseluruhan. FMCG merupakan indsutri yang sangat masif dengan perputaran roda yang sangat cepat. 

FMCG secara garis besar merupakan perushaan yang menjual banyak produk dengan masif (banyak) namun memiliki masa kadaluarsa yang relatif singkat sehingga perputaran penjualan, pembelian dan distribusi dilakukan dengan sangat cepat guna memnuhi kebutuhan konsumen. 

Istilah FMCG juga identik dengan perusahaan yang bertugas untuk memenuhi segala kebutuhan primer manusia dengan barang instan yang cepat dan dipakai untuk sehari-hari. karena produk yang dijual dalam industri FMCG berbasis pada kebutuhan hidup manusia, maka banyak orang yang akan membeli barang tersebut. Manusia akan membeli barang-barang FMCG untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mana akan dibeli secara satuan maupun dalam partai. 

Salah satu ciri FMCG adalah barang yang dijual tersebut dapat terjangkau atau bisa dibilang tidak terlalu mahal guna menarik perhatian konsumen, sebab industri FMCG diisi oleh banyak persaingan yang ketat. Apa saja sih yang termasuk ke dalam produk yang di jual dalam FMCG? mari kita sebutkan satu persatu : 

1. Bahan makanan olahan dan siap saji, seperti beras, mie instan, kecap, saus, buah, sayuran, snack dll 

2. Minuman, seperti air putih, minuman berkarbonasi, kopi, sirup dll 

3. Frozen food & Dry Food, dalam hal ini sudah tidak perlu dijelaskan jika frozen food seperti nugget, sosis dan kentang goreng. sedangkan dryfoods disini dimaksudkan sebagai makanan hewan atau ternak. 

4. obat-obatan, salah satu kebutuhan manusia yang dapat dibeli secara masif dan cepat tentu saja obat. Banyak orang yang membutuhkan obat dengan skala yang besar baik dirumah maupun rumah sakit, oleh karenanya obat juga termasuk ke dalam industri FMCG. 

5. produk pembersih, dalam hal ini seperti detergen, pencuci tangan, antiseptik, pembasmi serangga, pengharum ruangan, pewangi pakaian dll termasuk dalam kategori FMCG

6. Produk kecantikan (kosmetik), kosmetik juga kedalam produk yang termasuk FMCG walau ini termasuk dalam kebutuhan sekunder, namun  karena masa kadaluarsa yang singkat sertam pemenuhan kebutuhan yang masif juga menjadi alasan industri kosmetik yang sedang naik daun ini menjadi FMCG. Pembelian berulang yang dilakukan oleh pembeli cenderung dilakukan dalam kurun setiap minggu atau setiap bulan sekali. 

7. Peralatan kantor dan sekolah, Sama dengan produk kebersihan dan kosmetik, produk peralatan kantor dan sekolah merupakan produk FMCG berupa kebutuhan sekunder. Macam-macam peralatan seperti bullpen, pensil, penghapus, map, kertas, buku, penjepit kertas, dsb adalah produk produk FMCG yang pembeliannya sering kali dalam jumlah yang besar. Apalagi jika jika tujuannya sebagai peralatan kantor. 

sungguh banyak bukan produk-produk yang termasuk dalam FMCG? tidak heran banyak perusahaan FMCG merupakan perusahaan yang sangat besar serta terkemuka didunia, bahkan tidak jarang termasuk ke dalam perusahaan multinasional terkemuka. Banyak Fresh graduation yang mengincar perusahaan FMCG sebagai sarana untuk pengembangan karir mereka, banyak yang bermimpi untuk bisa bekerja di perushaan FMCG. Maka dari itu penulis akan memberikan contoh perusahaan apa saja yang termasuk perusahaan yang berkecimpung dalam industri FMCG, yaitu: 

Sumber: berkarir.id
Sumber: berkarir.id

1. Indofood merupakan salah satu perusahaan dari Salim Grup yang memiliki ekspansi yang sangat besar dalam hal industri FMCG, seperti yang kita tahu mie instan, kecap dan bumbu instan banyak di produksi perusahaan ini dalam jumlah yang masif dan hampir seluruh masyarakat indonesia menggunakan produk dari indofood ini. 

2. Mayora, berbeda dengan indofood yang berfokus pada kebutuhan primer rumah tangga, maka mayora berfokus pada makanan ringan, snack dan minuman 

3. Wings Coorporation, merupakan saingan utama Indofoods dalam menjual produk FMCG dalam masyarakat, namun selain makanan instan, wings lebih banyak memproduksi barang yang berkaitan dengan produk kebersihan dan kosmetik. 

4. Nestle, perushaan ini termasuk dalam perushaan MNC (Multi National Coorporation) yang tersebar hampir diseluruh dunia dengan fokus penjualan pada produk diary (susu). 

5. P&G, berbeda dengan perusahaan yang lain berfokus pada produk primer yaitu makanan dan snack, P&G lebih berfokus pada produk kebersihan seperti shampoo, sabun mandi, pasta gigi dll. 

6. Johnson & Johnson, ini dia salah satu perushaan FMCG yang berfokus pada produk kebutuhan bayi dan anak kecil seperti sabun, shampoo, pasta gigi, popok bayi, bedak bayi dll. 

7. Kapal Api Global Coorporation, perusahaan ini memiliki pembeda karena produk yang dijual berfokus pada bahan makanan yang terbuat dari Kopi yaitu kopi instan. Perusahaan ini sudah memiliki nama di hati masyakat karena berhasil memenuhi kebutuhan kopi sesuai keinginan dari konsumen. 

Begitu besarnya deman dan dampak yang diberikan oleh industri FMCG, begitu banyak sumber daya yang berputar didalamnya sehingga menjadi salah satu industri yang tidak akan terputus ekspansi nya di persaingan pasar global. Takjub bagaimana FMCG dapat bertahan dengan baik walau dengan persaingan ketat di dalamnya, kebutuhan manusia banyak yang terbantukan dengan keberadaan perusahaan FMCG ini. 

Kebutuhan FMCG akan sumber daya manusia, bahan bakar, mesin dan distribusi yang sangat masif membuat perusahaan FMCG sangat kuat tak terbantahkan. Perlu digaris bawahi bahwa perusahaan FMCG inilah yang dapat mengatur roda perputaran uang dan ekonomi dunia saat ini, karena manusia membutuhkan produk dengan perputaran yang cepat dan mudah untuk di dapatkan. 

Jadi, apakah kalian tertarik untuk menjadi bagian dari perusahaan FMCG? 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun