Mohon tunggu...
Selviatul Lailiyah
Selviatul Lailiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Resensi Buku "Statistika Pendidikan"

24 Oktober 2021   16:33 Diperbarui: 24 Oktober 2021   16:36 416
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama                  : Selviatul Lailiyah

NIM                    : 200104110035

Jurusan/kelas   : Pendidikan Bahasa Arab-A

Dosen pengampu : H. Ahmad Makki Hasan,M. Pd

Identitas buku

Judul                 : Statistika Pendidikan: Teori, Aplikasi, dan Kasus

Penulis             : Siti Nurhasanah

Penerbit           : Salemba Humanika

Tahun Terbit   : 2019, Cetakan ke-4

Tebal buku      : 262 halaman

ISBN               : 978-602-1232-64-4

Sinopsis Buku

Buku statistika pendidikan ini meliputi berbagai analisis yang umumnya di pakai dalam penelitian, seperti statistika deskriptif sampai statistika inferensial untuk mengetahui hubungan antarvariabel, baik yang sederhana maupun berganda. Selain itu, terdapat juga cara-cara perumusan hipotesis serta pengujiannya untuk sampel besar dan kecil, analisis varians (Anova), uji asumsi klasik, serta uji validitas dan reliabilitas data dalam penelitian. Untuk melengkapi penelitian, buku ini juga menyajikan analisis jalur (path analysis) dan statistika nonparametrik untuk pengujian.

Buku ini menyajikan teori statistika dengan perhitungan manualberdasarkan pada rumus atau teori yang ada serta penyajian data dengan menggunakan Microsoft Excel dan Aplikasi dari program SPSS. Buku ini juga menyajikan contoh soal yang memudahkan pembaca mengaplikasikan rimus statistika serta penggunaannya dengan program Excel dan SPSS. Dalam buku ini tahapan demi tahapan di jelaskan secara runtut.

Resensi Buku

Secara etimologis, istilah "statistik" berasal dari bahasa Yunani "status" atau dalam bahasa Inggris "state" yang artinya negara. Pada mulanya, istilah "statistik" diartikam sebagai kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang berwujud bukan angka (kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan besar dalam suatu negara.

Dalam hal ini penulis mendefinisikan Statistika merupakan metode atau cara yang digunakan peneliti untuk bisa mencapai tujuannya atau sebuah metode yang bisa digunakan peneliti yang setiap peneliti berhak untuk memilih caranya sendiri untuk mencapai tujuannya yang di sesuaikan dengan penggunaan ilmu dari statistika tersebut.

Statistika dapat dijumpai macam dan jenis-jenisnya di antaranya seperti statistika ekonomi, statistika pendidikan, statistika psikologi, dan statistika pertanian. Secara garis besar jenis-jenis statistika dapat digolongkan sebagai berikut.

  • Berdasarkan prientasi pembahasan
  • Statistika dapat dibedakan menjadi statistika matematis (mathematical statistics) dan statistika terapan (applied statistics). Statistika matematis, yaitu statistika teoretik lebih berorientasi kepada pemahaman model dan penurunan konsep, serta rumus-rumus statistika secara matematis-teoretis, misalnya model dan penurunan konsep, serta rumus-rumus dalam analisisredresi, statistik uji t, galat dan lain-lain. Sementara itu, statistika terapan lebih berorientasi kepada pemahaman dan teknik statistika, serta penggunaan atau terapannya dalam berbagai bidang ilmu, misalnya statistika sosial.
  • Berdasarkan jumlah variabel terikat (independent variable)
  • Statistika dapat dibedakan menjadi statistika univariat dan statistika multivariat. Teknik analisis yang melibatkan hanya satu wariabel terikat termasuk ke dalam statistika univariat, sedangkan yang melibatkan lebih dari satu variable terikat disebut multivariat.
  • Berdasarkan asumsi mengenai distribusi populasi data yang dianalisis.
  • Statistika dapat dibedakan menjadi statistika parametric dan nonparametric. Statistika parametric adalah statistika yang didasarkan pada model distribusinormal. Sementara itu, statistika nonparametric adalah statistika dengan teknik-teknik yang tidak didasarkan pada model distribuso normal atau bebas distribusi.
  • Berdasarkan fase atau tujuan analisinya.
  • Bagian berikut merupakan henis-jenis statistika apabila dilihat dari tujuan analisisnya, yang terbagi dua yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensual. Statistika deskriptif adalah metode statistika yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkam menjadi sebuah informasi. Dan statistika inferensial adalah metode yang digunakan untuk mengetahui tentang sebuah populasi berdarskan suatu sampel atau contoh dengan menganalisis dan menginterpretasikan data menjadi sebuah kesimpulan.

Menurut Anas Sudijono , manfaat statistika yaitu sebagai berikut.

  • Memperoleh gambaran, baik secara umum maupun khusus.
  • Mengikuti pasang surut mengenai gejala, keadaan dari waktu ke waktu.
  • Melakukan pengujian, apakah gejala yang satu berbeda dengan gejala lainnyaatau tidak.
  • Mengetahui apakah gejala yang satu ada hubungan dengan gejala lainnya.
  • Menyusun laporan yang berupa data kuantitatif dengan teratur, ringkas. Dan jelas.
  • Menarik simpulan secara logis.

Statistika merupakan suatu ilmu yang sangat penting, bukan hanya sebagai ilmu yang sangat penting, bukan saja sebagai sebagai ilmu yang di pelajari pada jenjang pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi, tetapi juga sebagai ilmu terapan. Sebagai ilmu terapan, pemahaman dan penerapan terhadap refrensi dalam bidang sosial, seperti pendidikan, psikologi, sosiologi, ekonomi, manajemen, dan lainnya memerlukan metode statistika.

Kelebihan 

Buku ini sangat cocok dan bagus terutama bagi peneliti yang ingin mengolah datanya dengan bentuk penelitian kuantitatif ataupun pelajar yang tengah menjalankan tugas kuliah atau tugas akhir seperti skripsi, tesis dan bahkan disertasi. Karena buku ini di lengkapi dengan kasus-kasus dalam ranah pendidikan serta aplikasi (Microsoft Excel, SPSS) untuk mengolah data dengan berbagai metode,dan buku ini sangat membantu bagi peneliti karena isi buku statistika pendidikan di jelaskan secara bertahap dan jelas. Dan dari segi cover, buku ini memiliki warna yang sangat menarik dan unik sehingga menarik pembaca untuk terus membaca buku ini.

Kekurangan

Bahasa yang digunakan pengarang kurang komunikatif sehingga akan sulit dipahami oleh pembaca terutama bagi yang baru mengenal statistika atau dalam artian pesan yang ingin disampaikan pengarang akan sulit dipahami pembaca. Kemudian terdapat kekeliruan ataupun typo dalam tulisan sehingga membuat pembaca kurang paham terlebih terhadap orang baru mulai belajar statistika. Dan dari segi bentuk, buku ini memiliki ukuran yang kurang praktis untuk di bawa kemana-mana.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun