Ketika kuliah maka seorang mahasiswa/i akan membuat rencana untuk tetap fokus dalam belajar. Belajar tidak hanya di ruangan dan mendengarkan ibu/bapak dosen.Â
Selain aktif di ruangan, mahasiswa/i juga bisa aktif pada organisasi.
Hal tersebut akan memberi ilmu baru, relasi dan keberanian masing-masing individu. Tergabung dalam organisasi memberikan keuntungan bahkan kerungian bagi setiap individu.Â
Organisasi yang sesuai dengan minat akan bermanfaat bagi masa depan. Kita bisa melatih skill kepemimpinan dan kemampuan berkomunikasi melalui wadah organisasi tersebut.Â
Namun, organisasi bisa menjadi kerugian bagi mahasiswa/i yang tidak bijak dalam membagi waktu antara kuliah dan organisasi.
1. Menyusun jadwal
Hidup bukan hanya tentang makan dan minum tetapi hidup juga perlu susunan jadwal kegiatan untuk mempermudah penyelesaian dan lebih teratur jika memiliki tatanan kegiatan yang harus dikerjakan.Â
Begitu juga kuliah dan organisasi.Â
Tentu, bukan hal yang mudah. Namun, jika terjadwal dengan rapih maka semua lebih mudah untuk di laksanakan. Kamu cukup menyusun jadwal kegiatan pada buku, note atau letakkan pada mading kamar kamu.Â
Untuk lebih mudah, kamu juga bisa menyusun nya pada smartphone lalu beri tanda pengingat berupa alarm. Berikan tanda sesuai dengan dealine, jarak antara tugas harian, mingguan, bulan dan tahun agar tidak ada kegiatan yang tertinggal.
2. Prioritas
Ketika sibuk kuliah dan organisasi maka tugas yang kita miliki akan bertambah banyak. Setelah tips menyusun jadwal, kamu juga perlu menentukan prioritas pada kegiatan kamu. Tugas yang menumpuk membuat binggung harus mulai dari mana untuk menyelesaikan nya.Â
Maka, kamu harus melihat prioritas kegiatan yang penting dan mendesak.Â
Jika penting dan mendesak maka jadikan itu prioritas.Â
Setelah itu, kerjakan tugas kurang penting tetapi mendesak. Kemudian, tugas penting tetapi tidak mendesak bisa kamu kerjakan esok hari. Untuk tugas tidak penting dan tidak mendesak bisa kamu tunda atau tinggalkan.Â
Ada beberapa mahasiswa yang tidak bijak dalam menentukan prioritas sehingga tugas tidak selesai, menumpuk hingga lewat deadline. Ini lah penting nya mengetahui prioritas pada tugas yang kamu miliki.
3. Jangan menunda
Banyak mahasiswa/i mengerjakan tugas ketika deadline sehingga terburu-buru dan hasil nya kurang maksimal. Mengerjakan tugas ketika deadline akan merepotkan, bagaiman jika lebih dari satu tugas memiliki deadline yang sama?Â
Agar tidak menunda waktu, maka kerjakan tugas setelah di berikan dosen dan menyelesaikan tugas organisasi setelah selesai rapat. Lebih baik mencicil tugas dari pada mengerjakan ketika deadline. Tentu kedua hal tersebut memiliki kualitas hasil yang berbeda.
4. Konsisten
Setelah menyunsun jadwal, tau prioritas dan tidak menunda maka tips terakhir adalah konsisten.Â
Biasanya, manusia memiliki semangat hanya diawal setelah beberapa hari berlalu mulai bosan hingga tidak melakukan sama sekali. Seperti pepatah mengatakan ala bisa karena terbiasa maka lakukan hal yang sudah di mulai dan selesaikan.Â
Tidak baik jika menyelesaikan sesuatu hal ketika belum waktu nya, fokus pada tujuan awal agar semua jadwal bisa selesai dengan rapi. Katakan tidak pada diri sendiri jika mulai malas begitu juga pada teman.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H