Mohon tunggu...
Selly AyuRahmawati
Selly AyuRahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Jakarta | Pendidikan Khusus 2021 | 1102621060

Hi,, I'm Selly Ayu Rahmawati from the Special Education major at Jakarta State University.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bakat Istimewa pada Anak Gifted And Talented

21 Desember 2023   21:08 Diperbarui: 21 Desember 2023   21:08 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

     Luar biasa,mungkin itulah yang bisa menjabarkan bakat yang dimiliki anak gifted and talented yang jarang dimiliki anak lainnya. Anak gifted and talented atau biasa disebut dengan anak berbakat adalah anak dengan kemampuan luar biasa yang jarang dimiliki oleh anak lainnya, mungkin saja bisa dibilang bahwa IQ dari anak berbakat jauh di atas rata-rata anak normal lainnya. Anak berbakat memerlukan layanan khusus yang sesuai untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki. Lalu sebenarnya siapa sih anak berbakat tersebut? 

    Anak berbakat banyak didefinisikan oleh berbagai ahli,seperti menurut David Smith (2006 : 305) yang mendefinisikan anak berbakat sebagai anak yang memiliki bakat atau kreativitas dan prestasi yang tinggi di berbagai bidang seperti akademik, artistik, kepemimpinan, intelektual dan anak tersebut membutuhkan pelayanan khusus yang dapat membantu mereka mengembangkan potensi bakat dan kreativitasnya. Selain pengertian yang didapat dari David Smith, Conny Semiawan juga ikut menyampaikan pendapat mengenai definisi bakat dan keberbakatan, menurutnya bakat adalah kemampuan yang melekat yang ada pada diri individu, sedangkan keberbakatan mencakup pada kemampuan intelektual yang tinggi serta dibarengi dengan kemampuan kreatif yang menonjol. Anak berbakat memiliki potensi luar biasa yang dapat dikembangkan dengan baik.

Karakteristik Anak Berbakat 

     Anak berbakat memiliki karakteristiknya tersendiri. Dalam buku The Three-Ring Conceptions atau Konsepsi Tiga Cincin, Renzulli menyatakan terdapat 3 ciri dari keberbakatan yang diantaranya yaitu kapasitas intelektual umum dan kapasitas intelektual khusus diatas rata-rata anak normal lainnya, kreativitas anak diatas rata-rata, komitmen terhadap tugas yang cukup tinggi, maksudnya anak berbakat sangat tertarik untuk menyelesaikan tugas-tugas mereka secara sempurna.

    Menurut Seagoe (Reni Akbar Hawadi, 1985) menyebutkan beberapa ciri atau karakteristik anak berbakat diantaranya yaitu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi, memiliki kemampuan kreatif dan minat yang tinggi, anak berbakat memiliki perilaku yang ulet serta terarah, anak berbakat lebih banyak memiliki kepekaan yang tinggi, anak berbakat memiliki semangat yang sangat tinggi dalam berbagai aktivitas yang mereka lakukan, memiliki minat dan kemampuan yang sangat beragam tak hanya di satu bidang, dan yang terakhir adalah kemandirian yang sangat tinggi baik dalam proses belajar maupun ketika bekerja.

Bakat Istimewa 

    Definisi dari bakat istimewa sendiri sebenarnya memiliki banyak pendapat dari para ahli. Misalnya menurut Maryland Report tahun 1972 dikutip dalam Friend tahun 2005,mengartikan cerdas istimewa dan bakat istimewa yang masuk kedalam kelompok anak cerdas berbakat dimana mereka telah diidentifikasi secara profesional oleh para ahli dibidangnya,anak tersebut memiliki kemampuan unggul dalam bidang intelektual umum, akademik tertentu, kreativitas dan pemikiran yang produktif, kepemimpinan, seni dan psikomotor.

     Bakat istimewa yang dimiliki anak berbakat biasanya beragam dan berbeda antara satu dengan lainnya, maksudnya perbedaan terletak diantara keunggulan pada masing-masing anak. Bakat istimewa merujuk pada mereka yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi dan dimanifestasikan dalam prestasi akademik, anak tersebut juga memiliki bakat lain diluar bidang akademik yang perlu layanan khusus untuk mengembangkannya. Beberapa contoh bakat istimewa yang dimiliki anak berbakat yaitu bakat dalam bidang seni musik, seni tari, drama atau seni peran, permainan game online, dalam bidang IT, dan masih banyak lagi contoh bakat istimewa yang dimiliki anak berbakat.

     

Pengembangan bakat istimewa anak berbakat 

    Anak berbakat tentunya sudah memiliki bakat dan kecerdasan istimewa, namun untuk terus bisa mempertahankan bakat tersebut diperlukan pengembangan melalui layanan khusus untuk anak berbakat tersebut. Cara-cara dalam pengembangan bakat istimewa anak berbakat diantaranya yaitu : kenali bakat istimewa dari anak berbakat, perhatikan dan tentukan orientasi keberbakatan yang anak berbakat miliki (orientasi tersebut dapat berupa kecerdasan dan bakat dalam bahasa, logika matematika, visual spasial, interpersonal, intrapersonal, naturalis, kecerdasan eksistensial), fasilitas untuk mengembangkan bakat istimewa juga harus dipenuhi dan mendukung keberbakatan anak, tunjukkan jalan kepada anak berbakat untuk bisa mengembangkan bakat dan potensi anak baik dalam bidang intelektual maupun dalam bidang non-intelektual.

    

Peran berbagai elemen dalam pengembangan bakat istimewa anak berbakat

    Pengembangan bakat istimewa anak berbakat memerlukan peran dan dukungan dari berbagai elemen, peran tersebut didapat baik dari orang tua, guru, sekolah, masyarakat dan pemerintah. Peran orang tua dalam pengembangan bakat istimewa anak berbakat yaitu membantu mengoptimalkan perkembangan bakat yang dimiliki anak, mendukung penuh segala aktivitas positif anak dalam mengembangkan bakat mereka, memberikan makanan bergizi, fasilitas lengkap, motivasi, dan pendidikan yang memadai. Peran guru dan sekolah dalam mengembangkan bakat istimewa anak berbakat diantaranya sebagai berperan sebagai pendidik dan tempat untuk anak memulai mengembangkan bakat istimewa mereka, sebagai fasilitator dalam pengembangan bakat istimewa anak.

Peran masyarakat dalam mendukung pengembangan bakat istimewa anak berbakat yaitu sebagai pendukung dan pemberi fasilitas serta tempat bagi anak berbakat untuk tampil di depan umum serta menunjukkan bakat istimewa yang mereka miliki. Terakhir yaitu peran pemerintah dalam mendukung pengembangan bakat istimewa anak berbakat yaitu memberikan layanan pendidikan khusus yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak berbakat tersebut serta memberikan fasilitas yang memadai agar anak berbakat dapat mengembangkan bakat istimewa mereka.

    Anak berbakat adalah anak yang memiliki kemampuan diatas rata-rata anak normal lainnya. Kemampuan tersebut dapat berupa kemampuan intelektual kognitif, maupun bakat dan kreativitas lainnya. Kemampuan yang telah dimiliki anak berbakat memerlukan dukungan dan layanan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Bakat istimewa yang dimiliki anak berbakat juga merupakan salah satu komponen yang harus dikembangkan. Peran serta beragam elemen baik dari orang tua, guru, sekolah, masyarakat dan pemerintah menjadi penentu anak berbakat mengembangkan bakat istimewa yang mereka miliki.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun