Sepeda motor masih menjadi moda transportasi pilihan masyarakat Indonesia. Salah satunya karena sepeda motor bisa diandalkan untuk transportasi dalam kota, misal dalam hal menembus kemacetan dan melewati jalan atau gang kecil/sempit.
Selain menjadi transportasi andalan di kota, sepeda motor juga menjadi transportasi andalan di pedesaan. Untuk wilyah yang masih minim transportasi umum, keberadaan sepeda motor sangat membantu. Misal untuk mengantar jemput anak sekolah, mengangkut hasil panen, dan lain-lain.
Supaya bisa berkendara dengan aman dan nyaman, maka sepeda motor perlu perawatan rutin. Perawatan ini sangat bermanfaat untuk mengecek kondisi mesin ataupun onderdil lainnya, untuk memastikan semua dalam keadaan prima, demi keselamatan pengemudi maupun penumpang.
Ada banyak bengkel tersedia di pasaran, salah satunya adalah AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). Servis motor di bengkel AHASS memiliki beberapa keunggulan dan keuntungan bagi pemilik sepeda motor, khususnya Honda.
7 Keunggulan Servis Motor di Bengkel AHASS
Berikut ini adalah 7 keunggulan servis motor di bengkel AHASS, selamat menyimak!
1. Â Mekanik yang Terlatih dan Andal
AHASS merupakan bengkel resmi sepeda motor Honda. Seluruh mekanik di bengkel ini bekerja berdasarkan Standard Operational Prosedure (SOP) yang telah ditentukan. Mereka memiliki pengetahuan dan keahlian yang tepat dalam merawat sepeda motor Honda. Semua mekanik selalu mendapatkan pelatihan terbaru, baik terkait teknis sepeda motor maupun standar layanan konsumen. Dengan demikian setiap mekanik memiliki kemampuan andal dalam memperbaiki sepeda motor dan kemampuan saat memberikan layanan kepada konsumen
2. Teknologi dan Peralatan Modern
AHASS dilengkapi dengan peralatan dan teknologi modern yang dibutuhkan untuk memeriksa dan memperbaiki sepeda motor Honda dengan akurat dan efisien. Teknologi yang dimiliki bengkel AHASS tidak perlu diragukan lagi dan sudah teruji selama bertahun-tahun.
3. Penggunaan Suku Cadang yang Terjamin Keasliannya
Sebagai bengkel resmi, suku cadang (spare parts) yang digunakan sudah pasti terjamin keasliannya (Honda Genuine Parts). Dengan demikian, daya tahan dan performa sepeda motor akan tetap terjaga. Â
Dengan memperbaiki sepeda motor di bengkel AHASS, pelanggan tak perlu khawatir dengan suku cadang yang digunakan. Bengkel AHASS tidak akan menggunakan suku cadang palsu atau abal-abal. Untuk menjaga kualitas pelayanan, suku cadang yang digunakan hanya suku cadang asli dari Honda.
4. Pelayanan Cepat
Pelayanan di bengkel AHASS cenderung cepat dan sigap. Hal ini karena AHASS adalah bagian dari jaringan resmi Honda. Honda mempunyai stok suku cadang yang cukup, sehingga layanan yang diberikan kepada pelangggan akan lebih cepat dan efisien.
Bila di salah satu bengkel AHASS tidak tersedia suku cadang yang dibutuhkan, maka bagian pengadaan barang akan segera mengirim suku cadang yang dibutuhkan. Dengan demikian pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama.
5. Ada Garansi dan Riwayat Servis Tersimpan
Saat membeli sepeda motor baru, pemilik kendaraan akan dilengkapi dengan buku pedoman pemilik serta buku servis dan garansi yang memberikan informasi tentang garansi dan jadwal servis. Â Semua ini untuk memastikan kondisi sepeda motor tetap dalam kondisi prima. Konsumen juga bisa memanfaatkan fasilitas KPB (Kupon Perawatan Berkala) pada Buku Servis & Garansi, dimana konsumen mendapatkan hak gratis jasa servis berkala bahkan ganti oli gratis.
Servis rutin sesuai dengan jadwal juga memastikan klaim garansi tidak gugur. Hal ini karena pencatatan riwayat servis akan tertulis dan tersimpan dengan baik jika servis berkala dilakukan di AHASS. Semua cabang AHASS di seluruh Indonesia dapat melayani servis perawatan berkala termasuk menerima klaim gratis jasa servis dan ganti oli dari Kupon Perawatan Berkala (KPB).
Demi keselamatan dan kenyamanan berkendara, pembeli hendaknya  membaca semua informasi yang tertera pada Buku Servis dan Garansi serta melaksanakan sesuai aturan yang sudah tertulis lengkap di buku tersebut.
6. Ruang Tunggu yang Aman dan Nyaman
Selama motor diservis, pelanggan bisa menunggu di ruang tunggu yang nyaman dan aman. Ruang tunggu biasanya dilengkapi dengan pendingin udara, wi-fi, fasilitas minum dan lain-lain.
Demi keamanan semuanya, pada saat pandemi covid-19, bengkel AHASS mematuhi protokol kesehatan, antara lain melakukan penyemprotan disinfektan pada motor, pada saat sebelum dan sesudah di servis.
7. Layanan Servis Sesuai Kebutuhan Konsumen
Layanan servis motor di AHASS terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan konsumen. Pelanggan bisa menjadwalkan servis dengan layanan booking service. Sementara untuk pelanggan yang ingin bebas antri, maka AHASS memberikan layanan pit express (layanan servis bebas antri). Serta ada satu lagi layanan yang bermanfaat bagi pelanggan, yaitu servis kunjung yang memberikan layanan servis motor di rumah pelanggan.Â
Dengan adanya berbagai layanan di atas, pelanggan bisa memilih layanan yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing pelanggan.
Demikian 7 keunggulan servis motor di bengkel AHASS. Bagi Anda pemilik sepeda motor -khususnya Honda-, jangan lupa untuk selalu melakukan perawatan kendaraan Anda di bengkel AHASS. Keselamatan adalah hal yang utama, pastikan kendaraan Anda selalu dalam kondisi prima saat dikendarai.
Salam aman dan nyaman selama berkendara!
Seliara
ReferensiÂ
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI