Sudah pernah ke Atria Malang? Ini adalah salah satu hotel dengan lokasi yang mudah dijangkau di kota Malang. Sangat sering berbagai acara digelar di tempat ini. acara komunitas Bolang yang diselenggarakan di Private Bar Atria Malang.
Mengangkat tema Inovasi Marketing Online acara yang diinisiasi Bolang . Sore itu 28 Oktober 2018 saya mendarat di Bandara Juanda bersama keluarga dari Kalimantan Selatan. Selepas sampai segera menuju kota Malang. Pada hari itu jam 18:00 akan dimulai acara Bolang Ngumpul atau Talkshow.
Alhamdulillah sekitar jam 18:00 bisa sampai Atria Malang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman 87-89 Kota Malang. Sampai lokasi disambut mbak Ernyk dimeja registrasi. Mereka yang hadir memang harus mengisi semacam form daftar hadir.
Selepas mengisi form tersebut, dipersilahkan untuk makan malam di lokasi yang dekat dengan lokasi acara inti nantinya. Saya segera menuju tempat sholat terlebih dahulu. Selepas mendapat pertimbangan mas Hery Supriyanto, alhasil saya menuju lantai atas untuk melaksanakan ibadah sholat.
Tempat sholat di lantai 2 Atria Malang sangat nyaman. Di dekat tempat ini ada ruangan-ruangan yang dipergunakan untuk meeting atau melaksanakan acara. Atria Malang memang menjadi pilihan tempat untuk melakukan meeting, event, talkshow hingga seminar.
Saat itu, ruangan-ruangan meeting di lantai 2 Atria Malang diselenggarakan kegiatan meeting pihak lain. Terlihat ramai sekali peserta yang masuk dalam ruangan-ruangan tersebut. Banyaknya pilihan ruangan ini memudahkan pula untuk melakukan pertemuan dalam skala kecil maupun besar.
Setelahlah, saya menuju lantai satu lagi untuk makan. Lokasi makan cukup luas. ada berbagai macam pilihan makanan. Saya memilih buah, karena sudah makan sebelum Atria Malang ini.
Bolang Talkshow atau Bolang Ngumpul adalah gelaran berbagi antar Bolang dengan pihak lain yang dilaksanakan Bolang. Atria Malang juga membantu acara ini dapat terlaksana dengan menyediakan tempat untuk berlangsungnya acara.
Bolang yang memiliki jargon, dolan tapi ora dolanan akhirnya menggelar acara Talkshow. Acara ini juga bisa diartikan tak sekedar Talkshow. Hal ini karena selain mengikuti Talkshow, acara ini jadi momentum Kompasianer berkumpul atau kopi darat. Yang belum pernah bertemu pun bisa bertemu. Pun juga diskusi tentang bisa mengakses kompasiana.
Selepas makan malam, Mbak Niken memulai sesi Talkshow dengan berbagi pengalaman kalau bisnis online yang dilakukannya walnya menggunakan facebook. Beragam teknik facebook diterapkannya untuk memaksimalkan bisnis online-nya. Facebook memang menjadi fenomena tersendiri dalam mendukung berkembangnya bisnis online.
Seiring berkembangnya zaman. Mbak Niken memaksimalkan bisnis online-nya menggunakan Instagram. Aplikasi yang telah diakuisisi facebook ini memang menjadi fenomena. Kegiatan foto saat ini dekat sekali dengan Instagram. Foto makanan lalu diunggah di Instagram. Ternyata pun begitu dengan produk yang penjualannya bisa dimaksimalkan dengan Instagram.
Story Telling adalah konsep menulis yang sedang hits zaman sekarang. Menulis dengan gaya bercerita menurut mas Ikrom bisa membuat pembaca nyaman. Meski juga dimasukkan data hasil riset untuk memperkuat tulisan yang kita hasilkan.
Kepekaan menjadi penulis juga penting menurut mas Ikrom. Ini agar tulisan yang dihasilkan memiliki nilai. Bisa jadi kata mas Ikrom benar, yakni tentang mereka yang kurang peka adalah mereka yang jarang menulis. Oleh karenanya menulis perlu untuk melatih kepekaan.
Selepas Mas Ikrom, saya mendapat waktu untuk berbagai tips mengoptimalkan konten di media sosial. Saya memulai dengan mendengar konsep pemikiran konten dari 3 orang mereka yang hadir. Ini dimaksudkan untuk menghidupkan acara yang kian malam dan mendapat gagasan baru dari pengalaman orang lain.
3 orang tersebut adalah Mas Brian dari Batu Local Guide, Mbak Ivon Kompasianer yang juga Emak Blogger Malang serta Bu Majawati Oen Kompasianer senior. Mas Brian membagikan tentang konten yang dibuat untuk bermanfaat.
Mbak Ivon juga menjelaskan konten yang dibuatnya dengan beragam pilihan atau niche. Niche ini memang penting untuk menjelaskan tentang diri kita sebagai pembuat konten. Pun juga membantu untuk mengkategorikan penikmat konten yang kita hasilkan.
Mbak Majawati Oen menjelaskan tentang konten dan juga bagaimana konten yang menarik. Konten yang bermuatan positif memang penting untuk membuat mereka yang menikmati kontennya juga positif. Bu Majawati menjelaskan tentang konten yang nikmat dibuat dengan gaya bercerita.
Jadi dari beragam pendapat ini dapat disimpulkan 2 Tips Optimalkan Konten Media Sosial. Yang pertama adalah Konten yang dihasilkan positif dengan data atau riset yang baik. Ini juga seperti menentukan dengan niche yang kita passion.
Yang kedua adalah konten yang bisa dinikmati. Bisa jadi dengan konten bercerita adalah hal yang perlu kita kembangkan agar mereka yang menikmati konten kita betah. Seperti tulisan yang memiliki alur bercerita menjadikan banyak orang larut dalam tulisan tersebut.
Singkat cerita, para Bolanger menyudahi acara sekitar pukul 21.00 Wib. Acara berlangsung meriah dengan fasilitas tempat yang memang nyaman untuk menyelenggrakan acara. Setidaknya ada 10 kenyamanan yang bisa didapat kita di Atria Hotel & Conference Malang.
1. Lokasi Strategis
Lokasi Strategis dari berbagai lokasi penting di kota Malang. Lokasi Atria Malang yang berada di pusat kota memudahkan kita bisa dekat dengan berbagai lokasi penting lainnya. Pun juga bagi mereka yang ingin menuju ke Atria Malang dari Stasiun, Terminal atau Bandara di Malang juga mudah.
2. Parkir Mudah
Parkir adalah salah satu pilihan untuk menetapkan tempat untuk menginap atau menyelenggarakan kegiatan meeting, seminar ataupun talkshow. Nah, saat masuk di Atria Malang kita akan menemui lobi utama terlebih dahulu. Selepaskan kita bisa parkir di lokasi yang cukup luas yang disediakan oleh Atria Malang. Saya dan rekan lainnya menemui kemudahan parkir, tanpa pula dipungut biaya parkir.
3. Lokasi Ruangan Mudah dijangkau
Selepas melakukan parkir kendaraan, maka kita akan menuju lokasi yang dijangkau. Kita dapat mudah menuju lobi hingga ruangan-ruangan meeting yang ada di Atria Malang menggunakan lift yang sudah disediakan. Cukup dekat dengan lokasi parkir kendaraan. Bisanya di pintu lift dekat parkir akan tertampang acara yang sedang berlangsung beserta ruangan atau lantai-nya.
4. Sikap Ramah dan Bersahabat
Bila belum jelas tentang lokasi ruangan yang akan kita tuju, kita bisa menuju lantai 1 untuk menanyakan pada petugas resepsionis disana. Pun juga pada pekerja Atria lainnya yang ditemui. Sikap ramah dan bersahabat membuat nyaman disini. Sambutan minuman kedatangan atau welcome drink yang menyegarkan juga menambah kesan ramah dan bersahabat di awal sampai di Atria Malang.
5. Musholla yang Nyaman
Tempat Ibadah seperti Musholla adalah hal penting bagi umat Islam. Ibadah sholat 5 waktu dan lainnya menjadi kebutuhan untuk ditunaikan meski ada acara ataupun berkegiatan. Untuk menjawab hal ini, Atria Malang memberikan Musholla yang nyaman.
Saya seperti cerita di atas memanfaatkan Musholla yang nyaman di lantai 2. Ternyata menurut mas Hery, di lantai bawah juga ada tempat yang dijadikan musholla. Jadi, kebutuhan akan tempat ibadah ini bisa terwadahi dengan baik di Atria Malang.
6. Toilet Bersih dan wangi
Ruangan-ruangan pertemuan dan acara yang banyak membuat Toilet yang ada perlu juga dijaga kebersihannya. Ini tak lain beragam orang akan memanfaatkannya. Toilet yang bersih dan wangi di atria Malang juga tambah membuat nyaman. Ada bunga yang ada di lokasi tolit menambah keharumanny dan kesan nyaman.
7. Ruangan beragam Pilihan
Membuat sebuah acara tentu dilihat juga berapa jumlah undangannya atau peserta kegiatan tersebut. Atria Malang menawarkan beragam tempat sesuai kebutuhan jumlah orang yang hadir. Ada yang bisa menampung dalam jumlah sedikit maupun jumlah besar. Beragam pilihan ini menjadikan kita mudah memilih sesuai kebutuhan.
Makanan merupakan salah satu pilihan masyarakat menetapkan sebuah tempat untuk acara. Rekan saya pernah memilih-milih tempat karena makanannya, meski tempatnya bagus makanan juga perlu pertimbangan bagi sebagian orang. Atria Malang menyuguhkan makanan yang maknyus atau enak dengan beragam pilihan. Kekayaan tradisional Indonesia juga ditonjolkan pada makanan yang disuguhkan di Atria Malang.
9. Memberdayakan Potensi UKM
Kolaborasi adalah kebutuhan di zaman sekarang ini. Atria Malang berkolaborasi dengan komunitas UKM untuk memberdayakan potensi mereka. Ini terlihat dari produk-produk UKM di lobi hotel yang terpampang.
10. Desain Ruangan Kekinian
Desain ruangan juga jadi pilihan sebuah tempat nyaman untuk menyelenggarakan sebuah acara atau rangkaian acara. Atria Malang memberikan sentuhan desain kekinian dari desain ruangan yang ada. Ini terlihat di lokasi acara yang saya hadir beberapa kali ini dengan desain yang cocok dengan zaman now.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H