Mohon tunggu...
selamat martua
selamat martua Mohon Tunggu... Penulis - Marketer dan Penulis

Hobby: Menulis, membaca dan diskusi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Naik Bukan Siapa-siapa, Turun Jadi Saudara (2)

26 November 2020   08:49 Diperbarui: 26 November 2020   08:56 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Awal mula Mas Agung mengisi konten Youtubenya di Pool ALS dengan meliput kegiatan Pagi Bis dengan Nomor Pintu 378. Dengan santun Beliau minta ijin untuk meliput keadaan dan aktifitas sehari-hari di Pool ALS tersebut. 

Proses pengambilan konten masih dilakukan dengan malu-malu dan penuh kesungkanan. Maklum, mas Agung dengan identitas RAFARA FAMILY adalah orang Jogya yang halus lagi santun dan mencoba berinteraksi dengan Kru yang didominasi oleh orang Sumatera yang bicara keras dan apa adanya.

Saat itu Mas Agung masih mencari bentuk liputan yang tepat dan bisa memberikan informasi yang disukai oleh para subscribernya. Beliau juga masih mencoba mencari tokoh yang bisa dijadikan sebagai sumber konten ataupun bisa menjadi Anchor dalam pengayaan kontennya. 

Ternyata gayut bersambung, keberadaan mas Agung dengan RAFAFARA FAMILY ini disukai para subscriber maupun Kru sebagai sumber kontennya.

Waktu terus berjalan, liputannya semakin menarik dan seperti kebiasaan Beliau yang sangat suka berkolaborasi. Liputannya memiliki keunikan sendiri sehingga terbangunlah Tim Solid Youtuber Pool ALS Jogyakarta yang terdiri atas: RAFAFARA FAMILY, AZIS HERLAMBANG, HENDRI HABIBIE, UDO ANJAS, dan JELAJAH NDESO. Subscriber dari tim ini terus berkembang hingga terbentuklah tim yang lebih masif, lebih solid dan cakupan teritori yang lebih luas.

Bila ditelusuri cerita yang Mereka ungkapkan itu saling berhubungan satu sama lain dan terintegrasi dengan Youtuber yang berada dilain Kota. Satu contoh menarik adalah ketika RAFAFARA FAMILY membuat konten yang berkisah tentang suka duka para Driver dalam kehidupan sehari-hari. 

Kisah ini didapat dari hasil obrolan di Pool ALS Jogyakarta. Dari kisah itu terungkap bahwa kondisi kehidupan para Driver dan keluarganya berada pada kondisi ekonomi yang sangat dan pas-pasan. 

Ada cerita bagaimana seorang Supir 1 (istilah yang dikenal adalah Cincu) galau karena harus menombok karena pendapatan tidak mampu menutupi biaya operasional Bis. Kondisi ini sudah berlangsung beberapa trip perjalanan.

Kondisi ini menggugah Youtuber di Medan untuk menelusuri kehidupan sehari-hari keluarga para Driver saat ditinggal berhari-hari. Bagaimana Youtuber JOSSPEDIA di Median mengungkap kondisi Anak-anak dan Istri para Kru tersebut harus bertahan hidup dengan pendapatan orang tua/suami yang tidak menentu. 

Informasi yang terintegrasi secara apik ini menggugah rasa solidaritas para Youtuber dan Subscriber untuk bergerak membantu para Driver dan Kru agar tetap bersemangat melanjutkan aktitifitas Mereka.

Dalam satu Episode terungkap bahwa salah satu anggota keluarga Driver sedang berjuang melawan penyakit kanker dan sudah barang tentu hal ini menyulitkan Driver tersebut untuk melajutkan pengobatan secara Normal. 

Karena untuk menutupi kebutuhan sehari-haripun Mereka sudah jungkir balik. Ketika kisah ini diungkap oleh para Youtuber tersebut, secara spontan mengalirlah bantuan dari dalam dan luar negeri. Beragam bantuan dalam bentuk uang, obat, kemudahan birokrasi terus mengalir dari para Subscriber setia.

Demikian juga dengan kisah-kisah tim pendukung operasional Pool ALS Jogyakarta. Ada dua orang sumber konten yang memberikan gambaran tentang kekuatan sebuah Passion dan membuat Kedua Senior ini tetap menikmati pekerjaannya, meskipun terbilang berat. 

Kedua Senior ini memiliki karakter yang berbeda dan unik, sehingga mampu menjadi Ikon yang kuat dan memikat hati para Subscriber para Youtuber tersebut.

Mbah Juhari adalah seorang General Helper yang sangat menikmati pekerjaannya. Ia bertanggung jawab membuat Bis selalu terlihat bersih dan rapi menjelang waktu keberangkatan. 

Setiap Pagi Ia dengan semangat akan membersihkan Bis baik sisi luar maupun dalam agar terlihat sedap dipandang. Diwaktu yang lain Kita akan melihat Mbah Juhari sedang terlibat dalam bongkar pasang Ban Bis yang berbobot tidak ringan tersebut. 

Meskipun orangnya terlihat kurus dan ringkih, tetapi ketika melaksanakan tugasnya Ia sangat sigap dan cepat. Beliau memiliki karakter yang fokus pada pekerjaan, tidak banyak bicara dan selalu melakukan sesuatu dengan ontime.

Senior lainnya adalah Pak Katua (nama Kerennya). Beliau orang yang selalu ceria dan membuat konten para Youtuber selalu mendapat respon positif. 

Selain ramah, lucu dan ternyata orangnya sangat tegas terhadap hal yang berbau prinsip. Ia bertanggung jawab terhadap keamanan Bis selama di Pool, pengaturan jadual dan operasional dari dan menuju ke Loket. Pak Katua menjadi Ikon di aspek operasional Bis dan menjadi penghubung antara Youtuber dengan sumber konten lainnya.

Celotehan Bahasa Batak yang diungkapkan menggunakan logat jawa menjadi identitas Pak Katua. Mas Agung sebagai pemilik RAFAFARA FAMILY menjadikan pak Katua sebagai duet pengisi konten di saat berada di Pool ALS ataupun saat BIS menuju Loket. 

Duet maut ini ternyata sangat disuka oleh para Subscriber, ini dibuktikan dengan mengalirnya beragam komentar positif dan rasa memiliki yang kuat terhadap kedua Duet maut ini.

Mas HENDRI HABIBI adalah nama Youtuber yang memiliki karakter unik dan disegani. Beliau adalah seorang pengusaha transportasi Pariwisata dan bisnis lainnya di Jogyakarta. 

Dalam meliput, konten yang Ia tampilkan selalu terlihat tajam dari aspek sosial. Awalnya Beliau adalah termasuk kelompok Sultan (orang Kaya) yang tersentuh untuk berkontribusi membantu para Driver dan Kru mengatasi permasalahan ekonomi. 

Dengan senangnya Ia selalu datang berkunjung untuk memberi bantuan uang, makanan dan lainnya. Keikut sertaan Beliau menjadi Youtuber bukan sekedar pengikat emosi antara Kru ALS dengan para Subscriber yang berasal dari dalam dan luar negeri tersebut, namun sudah terbangun rasa persaudaraan yang erat diantara Mereka.

Mas Hendri habibi berhasil menjadi model yang mampu menggugah rasa solidaritas para Subscriber untuk saling peduli terhadap sesama. Terlihat bahwa Ia adalah seorang leader yang baik dan ini bisa dilihat bagaimana Ia bisa berbagi waktu diantara kegiatan bisnisnya yang padat, mengurusi keluarga dan kunjungan ke Pool ALS. Ia mengungkapkan bahwa kunjungan ke Pool ALS memberikan Addict sangat kuat dan bila tidak berkunjung, maka ada sesuatu yang hilang. Tampilannya yang terlihat humble dan menyenangkan ini menjadi daya tarik alami dari seorang Hendri habibi.

Salah satu ciri khas yang sangat kuat dari Mas hendri Habibi adalah Ia memiliki kebiasaan menyediakan fasilitas eksklusif untuk dinikmati para Driver, Kru dan Youtuber lainnya disaat membawa Mereka keliling kota Jogyakarta (Raun-Raun istilah orang Medan). Di satu ketika ada rombongan keluarga Driver yang lagi berkunjung ke Kota Jogya, maka Malamnya mas Hendri menyediakan Bis yang berpenampilan seperti restoran dan sangat mewah untuk dinikmati para Driver, keluarga, Kru dan Youtuber. Ia dengan senang hati menjamu para keluarga barunya tersebut untuk menikmati santap malam di tempat yang memiliki kisah-kisah menarik dan melayani Mereka sebagai tamu umumnya. Meskipun para Kru terlihat kikuk dengan jamuan tersebut, namun karena ketulusannya dengan cepar suasana bisa menjadi cair.

Kisah-kisah menarik seperti ini menjadi bukti yang kuat terhadap Ikon Kota Jogya yang selalu Mereka ungkapkan yaitu "Jogya Kota Berhati Nyaman". Dampak yang terjadi bukan hanya meningkatnya animo para subscriber untuk menikmati perjalanan menggunakan Jasa Bis ALS, tetapi memberi dampak kerinduan yang kuat bagi Subscriber dan masyarakat untuk menikmati Kota Jogyakarta.

Momentum berkumpul di Pool ALS Jogyakarta menjadi sebuah rutinitas yang mengesankan bagi para subscriber. Banyak komentar yang bernada complain datang dari para Subscriber, bila para Youtuber ini terlambat mereview suasana Pagi di Pool ALS. Salah satu informasi yang biasa mereka tunggu-tunggu adalah momentum ketika para Driver, Kru dan Youtuber menikmati sarapan pagi Soto Cak Jhon dari kontribusi para donator. Banyak keceriaan, cerita lucu dan unik yang selalu update dari obrolan Mereka. Suasana ini menjadi awal konten yang akan terus mengalir dan berkembang hingga Bis meninggalkan Pool tersebut.

Mas Agung JELAJAH NDESO adalah seorang Youtuber yang telah dikenal dengan baik di seantero Jogyakarta. Keahliannya dalam bidang IT menjadi daya Tarik sendiri di lingkungan Youtuber dan para Subscriber. Karena Bis ALS memiliki jarak tembuh diatas 2000 Km dan rasanya sulit untuk mereview setiap perjalanan dari Jogya ke Medan dan sebaliknya. Akibatnya tidak banyak kisah di dalam Bis yang bisa diungkap selama perjalanan, karena membutuhkan episode trip yang Panjang dan liputan berhari-hari.

Dari hasil pemantauannya, Mas Agung Jelajah Ndeso berinisiatif menjadikan Driver dan Kru Bis ALS sebagai Youtuber yang akan menceritakan suka duka selama perjalanan. Kelima Dream Team ini meminta pendapat kepada para Subscriber Mereka, apakah ide ini bisa diterima atau bagaimana sebaiknya. Respon cepat muncul dari para Subscriber yang memang rindu tentang kisah-kisah di perjalanan seperti Youtuber umumnya di Pulau jawa.

Para Subscriber berinisiatif memberikan HP dan peralatan lainnya yang bisa dipergunakan oleh para Driver dan Kru untuk merekam perjalanan tersebut. Dalam waktu singkat peralatan yang dibutuhkan telah didapatkan oleh para Youtuber. Kegiatan serah terima setiap hasil donasi para subscriber juga menjadi konten rutin dari kelima Youtuber tersebut. Dan Mereka sepakat proses penyerahan hasil donasi dilakukan oleh Pak Katua dan para Youtuber.

Awalnya mas Agung Jelajah Ndeso kesulitan memberikan penjelasan proses menjadi youtuber, namun dengan kesabaran dan ketelatennya akhirnya satu persatu par driver dan Kru menjelma menjadi Youtuber. Hasilnya adalah para Subscriber bisa menikmati perjalanan setiap BIS dari satu kota ke Kota lainnya. Konsekuensi lainnya adalah tumbuh kepedulian sosal dari para pemerhati lalu lintas untuk terlibat dalam mensosialisasikan program tertib lalu lintas.

Dari konten yang dihasilakan para Driver dan Kru tersebut, terkuaklah satu fenomena tentang peningkatan biaya operasional akibat dari kelangkaan solar. Ini menjadi perhatian pihak-pihak terkait untuk membantu menyelesakan persoalan yang sangat mendasar ini. Terkadang Mereka harus membeli solar eceran dengan harga yang lebih tinggi, karena tidak meungkin mengantri untuk mendapatkan solar.

Mereka sering menghadapi dilemma antara meningkatkan kualitas layanan ke penumpang dan peningkatan biaya tambahan karena kelangkaan solar. Banyak komentar dari para Subscriber yang mencari tahu penyebab kelangkaan solar tersebut, karena tidaklah mungkin satu BIS menelantarkan penumpang hanya karena lebih memilih mengantri solar berjam-jam untuk alasan penghematan biaya. Meskipun penumpang sangat memaklumi masalah ini, tetapi para Kru tetap mengutamakan penumpang.

Mas AZIS HERLAMBANG dan UDO ANJAS adalah Youtuber Duet maut Pool ALS Jogyakarta yang mampu mewarnai content dari View yang juga berbeda. Mereka berdua akan mengisi konten operasional secara detail, mulai dari Pool ALS -- Loket -- Es Dawet hingga titik pisah sambut Bis ALS yang meninggalkan Jogyakarta dan Bis ALS yang akan tiba di Jogyakarta. Keuletan Duet maut ini melaporkan mulai dari tertibnya driver dalam mengemudi, suasana ceria dalam bis, kemeriahan di Es Dawet Melani di daerah Purworejo hingga proses melepas BIS untuk perjalanan berikutnya patut diacungi jempol.  Bagaimana tidak, terkadang kedua Duet ini harus begadang untuk menunggu kedatangan BIS ALS yang akan memasuki Jogyakarta. Mereka dengan setia menunggu di Brebes untuk selanjutnya bersama-sama menuju Pool BIS DI Jogyakarta.

Konten-konten yang ditampilkan duet maut ini sangat disukai para Subscriber, karena keberhasilan Mereka mengungkap hal-hal yang emosional baik menyangkut kesetiaan para Driver untuk tetap teguh dengan profesi dan juga infromasi tentang soliditas Kru selama perjalanan. Mereka juga berhasil menampilkan suasana emosional bagaimana sambutan kedatangan Bis di Pool Jogyakarta.

Soliditas yang terbentuk antara para Youtuber dengan para Driver dan Kru terlihat unik. Karena proses yang terbangun ini tanpa ada intervensi dari Owner Bis/perusahaan tersebut. Hingga saat ini belum pernah ada review tentang Owner dan rencana bisnis ke depan perusahaan ini seperti apa. Dan hebatnya situasi ini sedikitpun tidak mempengaruhi semangat para Youtber ini untuk membangun persaudaraan yang lebih erat dan kuat.

Kisah-kasih para donator terus tumbuh dan berkembang secara signifikan. Ada Subscriber yang fokus pada peningkatan tampilan BIS, dimana Mereka dengan antusias membeli peralatan dan mengirimkan ke Pools ALS Jogyakarta untuk mendandani Bis tersebut agar terlihat elok dipandang mata. Para Youtuber dan Subscriber ingin melihat Bis itu terlihat anggun dan indah bila berjalan malam hari, sehingga memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Antusias para subscriber terus mengalir dengan secara bergantian menyediakan diri untuk hadir ke Jogyakarta khususnya ke Pool ALS Jogyakrta hanya sekedar untuk bertemu dengan para Youtuber dan sensasi menikmati keseharian di Pool ALS seperti yang Mereka lihat di Youtube. Untuk memenuhi keinginan mereka, para Subscribe menempuh perjalan puluhan, ratusan bahkan ribuan kilometer. Mereka berhasil mendemonstrasikan secara apik, tulus bagaiman BERSAUDARA TIDAK HARUS SEDARAH.

Beberapa Subscriber malah menjadikan kegiatan mampir di Pool ALS Jogyakarta sebagai bahagian rute bisnisnya. Misalnya, Seorang pebisnis dari Jakarta selalu hadir di Pool sekedar berbagi kebahagiaan, tatkala sedang melakukan perjalanan bisnis ke Surabaya. Demikian juga dengan seorang Guru yang selalu membawa sesuatu tatkala melihat Bis tersebut melintas. Seorang Subscriber dari Pekanbaru tak mau kalah dengan berkunjung ke Jogya menumpang pesawat dan kembali ke Sumatera menaiki Bis ALS.

Dampak Viral juga dirasakan para Driver, tatkala Bis mereka beristirahat di lokasi tertentu. Selalu ada kisah Bahagia dan haru dalam setiap berjumpa para Subscriber. Terkadang pengorbanan Subscriber yang menempuh perjalanan berjam-jam hanya sekedar bertemu muka dengan para Kru, terobati setelah bersua dan berfoto Bersama. Mereka terus memantau perjalanan Bis tersebut dan rela menunggu  selama berjam-jam. Soliditas dan loyalitas para Subscriber ini mampu membangkitkan animo dan rasa solidaritas para penumpang untuk tetap bertahan pada kondisi terjelek sekalipun.

Ada kisah bagaimana tiba-tiba Bis mogok di sebuah lokasi dan para Kru tengah berjuang untuk menyelesaikan masalah yang ada. Penumpang telah menunggu lebih dari 6 jam dan tidak satupun penumpang mengeluh. Sebahagian besar penumpang menawarkan diri untuk membantu agar permasalahan cepat selesai. Mereka saling berbagi makanan dan minuman, karena lokasi gangguan di tengah hutan dan jauh dari jangkauan. sebenarnya bisa saja Mereka minta ganti bis Lain (di Over) untuk bisa melanjutkan perjalanan yang lebih cepat, namaun rasa persaudaraan yang telah terbina tersebut membuat mereka tetap bertahan hingga Bis bisa melanjutkan perjalan.

Para Youtuber Pool ALS Jogyakarta sepakat mengangkat mas Agung RAFAFARA FAMILY sebagai Cincu (istilah Leader di Bis ALS) karena mampu membuat tim semakin solid. Akhirnya para Subscriber berharap Youtuber  Pool ALS Jogyakarta tersebut melakukan trip ke Sumatera agar bisa bertemu langsung dan menyapa Mereka disepanjang perjalanan. Keingingan ini terus Mereka ungkapkan, hingga akhirnya Mas Agung RAFAFARA FAMILY mengabulkan keinginan Subscriber tersebut, bila sudah mencapai 50 RIBU SUBSCRIBER. Wuah tantangan yang cerdas dibalas dengan jawaban yang cerdas.

Berhasilkan tantangan tersebut dijawab?

(BERSAMBUNG)

WFH, 26-11-2011

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun