Mohon tunggu...
Seiren dika
Seiren dika Mohon Tunggu... Lainnya - kuliah

dog lovers

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Lintas Budaya dalam Sebuah Organisasi

3 Juni 2022   15:43 Diperbarui: 3 Juni 2022   16:10 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Komunikasi lintas budaya merupakan sebuah tindakan dimana terjadinya pertukaran pikiran , pendapat atau ide-ide antara orang yang berbeda budayanya. Saat berkomunikas terdapat orang yang berbeda bangsa, negara, ras, ataupun bahasanya, yang biasa disebut sebagai komunikasi dalam lintas budaya.

Komunikasi lintas budaya mempunyai peran yang sangat penting, apalagi ketika seseorang ingin mencapai hubungan kerja sama yg saling menguntungkan dan harmonis, dan juga seseorang ditinjau dari aspek budaya, sosial, ekonomi serta status lainnya ketika memasuki wilayah orang lain.

Perbandingan budaya kerja pada sebuah organisasi di Indonesia dengan budaya kerja organisasi pada Negara lain

Indonesia memiliki budaya dan ciri khas tersendiri termasuk di dalam budaya kerja. Budaya kerja di Indonesia memiliki perbedaan yang cukup menonjol dibanding dengan amerika, inggris maupun negara-negara maju lainnya

Hubungan dengan Atasan

Secara umum, pimpinan atau bos dalam suatu perusahaan di Indonesia kebanyakan terasa jauh hubungan keakrabannya.

Arti jauh di sini di ibaratkan selalu menjunjung senioritas, dimana baik saat formal maupun informal karyawan tetap harus bersikap merendah seperti saat bekerja sehari-hari. Sedangkan hubungan atasan dan bawahan di Negara maju sana cukup dekat jalinan keakrabannya, Bahkan bisa saling bercanda ria atau ngumpul bareng layaknya teman nongkrong.

Jam Kerja ditentukan Secara Pasti

Di Indonesia rata-rata jam kerja selama delapan jam. Ada yang datang lebih awal karena punya urusan pekerjaan sendiri dan ada yang bekerja hingga lembur. Namun secara umum, budaya kerja di Negara maju benar-benar disesuaikan dengan aturan yang ketat.

Apabila jam kerja yang telah ditentukan perusahaan yaitu delapan jam kerja, maka harus mulai dan selesai di jam sekian dan pada yang datang awal atau terlambat pulang. Sehingga, target dan sistem kerjanya lebih terarah, jelas, dan setiap karyawan jauh lebih disiplin.

Job Desk

Di Indonesia biasanya meski seorang karyawan tercatat punya satu job desk saja, tapi malah sering disuruh-suruh mengerjakan pekerjaan lain diluar job desknya, Sedangkan budaya kerja di luar negeri job desk seorang karyawan benar-benar jelas dan hanya akan melakukan job desk yang sudah tercatat di data perusahaan.

Jenis Bidang Pekerjaan

Rata-rata bidang pekerjaan yang paling banyak di incar dan dianggap memuncaki cita-cita tertinggi ialah menjadi seorang PNS. Dampaknya, pekerjaan bidang lainnya dianggap tidak menarik atau malah dinilai tidak bisa menghasilkan masa depan menjanjikan. Beda dengan yang ada di negara-negara maju, semua bidang pekerjaan dianggap sama penting.                                                                                             

Lowongan Pekerjaan

Ini yang paling menonjol dan kadang jadi bahan perdebatan anak muda di jaman sekarang.di Indonesia, sering melihat kertas lowongan pekerjaan sedang membutuhkan satu karyawan di bidang tertentu, namun persyaratannya begitu banyak.

Contoh harus minimal 1 tahun pengalaman kerja, tinggi sekian, umur minimal sekian, harus good looking, harus bisa ini, harus mempunyai kendaraan sendiri dan sebagainya.

Apa yang perlu ditingkatkan dari sisi komunikasi jika dalam sebuah organisasi terdapat keberagaman budaya antar sesama

 

komunikasi-kerja-6299cfbcd2634576dd2d1992.jpg
komunikasi-kerja-6299cfbcd2634576dd2d1992.jpg
Terdapat beberapa saran bagi Individu yang terlibat dalam komunikasi lintas budaya dalam suatu organisasi yaitu:

1) meningkatkan pengetahuan serta pemahanan tentang budaya dari rekan bisnis maupun kolega untuk mempermudah kita dalam melakukan berkomunikasi.

2) alangkah baiknya jika menganggap orang lain yang berasal dari budaya lain berbeda dengan kita agar tidak menimbulkan salah persepsi dan miskomunikasi dengan orang tersebut.

3) Selain mengusai bahasa universal sangat dianjurkan untuk mempelajari bahasa local atau daerah tempat kita ditugaskan atau bekerja.

Contoh komunikasi yang biasa terjadi pada dunia pekerjaan atau organisasi

Terdapat 2 jenis komunikasi dalam dunia kerja atau sebuah organisasi yg biasa sering kita gunakan yaitu komunikasi bersifat non- verbal dan verbal.

Contoh  Komunikasi Verbal

Beberapa fungsi komunikasi verbal, salah satunya agar dapat meningkatkan produktivitas dalam kerja serta menghindari terjadinya kesalahpahaman dalam kerja dan moral kerja di dalam sebuah organisasi.

Rapat kerja

Ketika rapat kerja kita akan berkomunikasi secara verbal di dan Kita juga bakal saling berdiskusi tentang proyek kerja, dimana terjadilah pertukaran ide dan pendapat.

Presentasi Bisnis danJenis Presentasi Lainnya

Presentasi secara verbal akan sangat efektif, jika bahasanya cukup jelas dan mudah dipahami, serta bisa menggunakan alat bantu visual maka dari itu kita dapat menyampaikan pesan dengan baik.

Contoh Komunikasi Non- Verbal

Komunikasi non-verbal adalah salah satu jenis komunikasi yang penuh dengan warna dan nilai-nilai intrik, komunikasi non-verbal dapat dipahami dengan melihat beberapa tanda yang memiliki arti khusus dari sang pengirim pesan non verbal.

berikut ini adalah beberap acontoh komunikasi non- verbal :

  • Ekspresi pada wajah
  • Kontak mata
  • Gerakan tubuh
  • Nada suara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun