Seberapa penting sebenarnya sebuah branding? Kehidupan dunia yang dinamis membuat era modernisasi dibuka dengan istilah branding yang dapat dimaknai secara sederhana sebagai sebuah identitas pembeda antara satu entitas dengan entitas sejenis yang lainnya. Pertanyaan yang sama merujuk pada sebuah negara, perlukah negara memiliki sebuah branding sebagai suatu entitas yang beragam di dunia?
Sebuah identitas yang menggambarkan ciri dari negara Indonesia dapat dijabarkan dimulai dari pembahasan awal mengenai pembangunan Indonesia yang memerlukan dukungan modal dari bermacam potensi dalam negeri yang dimanfaatkan. Tidak hanya sebagai modal sasaran distribusi dan kemajuan potensi dalam negeri juga membentuk branding Indonesia, sebagai sebuah negara yang kaya ragam perbedaannya, namun juga kaya akan ragam potensinya.
Indonesia merupakan entitas Negara yang berbentuk kepulauan yang terletak Asia bagian Tenggara yang hampir berbatasan geografis dengan benua Australia. Menjadi negara kepulauan yang setiap bagiannya dipisahkan sekaligus disatukan dengan perairan, membuat Indonesia memiliki perhatian yang ekstra dan kompleks dalam membangun tiap-tiap aspek kemajuan demi mewujudkan tatanan bangsa yang adil dan sejahtera.
Hal yang paling mendasar mengenai kondisi geografis yang terpisah tersebut menjadi tantangan terbesar bagi Indonesia baik dari segi pemerintahan maupun rakyatnya, dalam mengambil sikap demi mewujudkan tujuan Nasional bangsa Indonesia. Dalam kata lain dibutuhkan sinergi yang baik dari para subjek pembangunan bangsa agar bisa mewujudkan tatanan hidup berbangsa dan bernegara yang adil, stabil, serta seimbang pada kehidupan di setiap wilayah yang ada di Indonesia.
Aspek pembangunan yang hendak diwujudkan secara adil, stabil, dan seimbang disini tidak hanya merujuk pada aspek pembangunan dalam denotasi yang sesuai, melainkan juga pada aspek pendukung pembangunan lainnya. Selaras agar terwujudnya suatu pembangunan nasional yang seimbang, dalam makna yang sebenarnya juga membawa dampak yang berpengaruh bagi rakyat demi terwujudnya kehidupan sosial yang sejahtera.
Pembangunan nasional tidak hanya mengacu pada kebutuhan ke arah Ekonomi namun merata pada aspek lainnya termasuk pertumbuhan Sumber Daya Manusianya (SDM) yang dianggap paling utama. Sebab terwujudnya Sumber Daya Manusia yang unggul dapat menjadi faktor cepat pertumbuhan negara serta pembangunan nasional ke arah yang lebih maju dan signifikan bagi Indonesia. Disisi lain terwujudnya Sumber Daya Manusia yang unggul juga memerlukan dorongan aspek integritas lain yang dapat mendukung, seperti aspek Ekonomi.
Ekonomi bukan merupakan satu-satunya aspek yang harus dicukupi dalam membangun stabilitas negara, namun aspek Ekonomi memegang inti dari semua pembangunan negara secara berkala dan berkelanjutan menuju ke arah yang lebih maju. Didapatkannya Sumber Daya Manusia yang berkualitas bisa diperoleh melalui pemberian sarana dan fasilitas kepada generasi-generasi potensial bangsa yang layak dan mencurahkan kontribusinya dalam pembangunan negara yang berkelanjutan di masa depan.Â
Dalam hal ini, pemberian sarana dan fasilitas tersebut tentu tidak secara cuma-cuma, harus ada modal yang besar sebagai jalan untuk para generasi potensial bangsa memperoleh ilmu pengetahuan sebagai bekal. Dari hal ini kita dapat tahu dan belajar melihat bagaimana aspek ekonomi memegang peran yang begitu penting dalam kelangsungan pembangunan sebuah negara.
Muncul pertanyaan, lantas bagaimana negara atau pemerintah mendapatkan modal demi memberikan  fasilitas dan sarana yang memadai untuk kelangsungan pembangunan negara yang dapat dimulai dari peningkatan kualitas Sumber Daya Manusianya? Maka hal ini dijawab dengan tidak lengkap rasanya bila mengenal kondisi ekonomi Indonesia tanpa menyertai pembahasan tentang potensi-potensi Indonesia yang dapat dikembangkan ke arah sektor ekonomi, yang dapat menjadi modal pendapatan pemasukan negara.Â
Ada banyak sekali potensi milik Indonesia yang dapat dikembangkan sebagai pemasukan pendapatan negara, mulai dari segi geografis dan iklim, budaya, hingga tenaga sumber daya manusia yang secara legal diakui negara sebagai pekerja asing atau imigran. Kekayaan alam dan potensi yang dimiliki Indonesia dapat memberikan modal yang seharusnya cukup jika dimanfaatkan dengan baik dan bijak, untuk pembangunan nasional ke arah yang lebih baik dan bermutu.
Dari segi geografis dan iklim yang dimiliki Indonesia memberikan banyak keuntungan yang bisa diperoleh negara dengan cara memanfaatkan potensi dari tanah dan kesuburan akibat musim yang ada di Indonesia. Bahkan sejak zaman sejarah, Indonesia merupakan sebuah negara yang banyak dijadikan tujuan utama para saudagar-saudagar dan company asing untuk singgah, sebab ada beragamnya tanaman yang dapat tumbuh subur dengan mudah ditanah Indonesia. Potensi ini jika diproyeksikan ke arah yang lebih beneficial niscaya akan menjadi potensi utama ujung tombak kemajuan ekonomi negara.Â
Seperti di zaman sekarang, beragamnya jenis varietas tanam yang dapat tumbuh subur di Indonesia patutnya dapat menjadi potensi yang dapat mengangkat perekonomian Indonesia untuk menjadi lebih maju dengan cara mengirim keluar (ekspor) ke negara di berbagai belahan dunia. Sebut saja seperti Kopi, memiliki iklim tropis dengan 2 musim membuat suhu di kawasan Indonesia stabil, dengan curah hujan yang turun dalam kurun waktu 6 bulan tiap tahunnya, tak heran Kopi yang ditanam dan tumbuh di tanah Indonesia menjadi salah satu yang terbaik di dunia.
Sebelum dilakukannya ekspor atau pengiriman barang ke luar negeri, demi menaikkan kualitas dan harga komoditas, dapat dilakukannya pengenalan dan promosi dari berbagai macam komoditas terbaik yang tumbuh di Indonesia, hal ini merupakan salah satu langkah yang dapat ditempuh sehubungan dengan tujuan menaikkan jumlah ekspor komoditas dari negara di belahan dunia.Â
Tentu saja kegiatan ekspor merupakan salah satu faktor penyumbang penguat ekonomi yang dapat ditempuh Indonesia demi mewujudkan aspek perekonomian negara yang tangguh menuju pembangunan nasional yang lebih terjamin. Selain Kopi, banyak komoditas potensial lain yang patutnya lebih diperkenalkan kepada masyarakat Internasional agar mereka tahu dan memandang komoditas Indonesia dengan nilai yang tinggi untuk didapatkan.
Potensi lainnya seperti budaya Indonesia yang beragam dapat dimanfaatkan dalam promosi sektor pariwisata guna mendatangkan para pelancong atau turis untuk berlibur ke Indonesia. Banyaknya ragam serta keunikan masing-masing budaya Indonesia dapat sekaligus menjadi ciri khas Indonesia di mata dunia. Sebut saja contoh seperti Bali, sebuah pulau dengan sejuta keindahan alam dan keunikan budaya kental yang ada didalamnya. Menurut catatan survei terakhir, pariwisata Bali menjadi sektor penyumbang devisa ekonomi terbesar di Indonesia.
Berbagai macam potensi dalam negeri yang dimiliki Indonesia sekaligus juga membuka branding Indonesia dimata dunia Internasional, salah satunya dengan menjadikan Indonesia negara yang berani dalam mengambil setiap langkah yang dipilihnya dalam kancah internasional. Keberanian Indonesia dalam mengambil pilihan di setiap adanya hubungan antarnegara dalam kancah internasional, tidak lain dan tidak bukan juga merupakan berkat serta dorongan aspek-aspek dalam negeri yang stabil dan terkendali.Â
Contoh saja pada langkah yang diambil Indonesia saat menjadi tuan rumah dalam perhelatan forum internasional G20 pada tahun 2022 lalu. Dengan status quo yang terjadi setelah pandemi pulih, ditambah dengan banyaknya huru-hara hubungan antarnegara yang terjadi, Indonesia justru dengan berani membuka diri dan menjadikan negaranya sebagai tuan rumah perhelatan internasional besar yang sangat bergengsi. Ini merupakan pilihan pemerintah yang tepat dan sangat bijak dalam rangka turut mengenalkan Indonesia ke kancah dunia.Â
Dengan tujuan lain, yaitu memulihkan berbagai kegiatan ekonomi negara yang sempat berstatus postponed selama masa pandemi Covid-19. Buah manis keberhasilan Indonesia dalam menjadi tuan rumah perhelatan akbar tersebut menjadi buah bibir dan sorotan dari dunia internasional.Â
Mengacu pada branding sebuah negara, melalui sorotan yang diberikan kepada Indonesia pada peristiwa-peristiwa akbar internasional yang terjadi beberapa saat lalu, membuat Indonesia mulai bisa menaikkan branding atas negaranya dimata dunia internasional.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H