Rumusan tujuan pembelajaran musik di SD dapat dirumuskan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki murid melalui pengalaman dan penghayatan musik. Kegiatan bermain musik perlu memiliki keterampilan tertentu sesuai dengan jenis alat musiknya. Guru perlu memiliki keterampilan dan ketegasan dalam mengatur penggunaan alat. Jenis alat musik : alat musik irama, alat musik melodi dan alat musik harmoni. Dapat dikembangkan dengan menggunakan keberadaan sejarah terciptanya notasi musik yaitu satu garis, dua garis dan seterusnya dengan memanfaatkan kunci do atau kunci C atau memanfaatkan alat peraga not balok.
Pengembangan kreativitas music dapat dilakukan dengan:
Improvisasi, yaitu pengalaman ini muncul secara tiba-tiba dalam kegiatan bermain melodi, irama dan harmoni atau sedang bernyanyi dan waktu munculnya sangat pendek, serta biasanya tidak bisa diulang.
Komposisi, yaitu kegiatan mengarang lagu.
Evaluasi dalam music diantaranya adalah :
Evaluasi Awal
Digunakan untuk menjajagi kemampuan awal yang digunakan sebagai langkah awal pembelajaran yang akan dikembangkan.
Evaluasi Proses,
dilaksanakan untuk membetulkan, mengembangkan atau menyempurnakan kemampuan anak.
Evaluasi Akhir
menekankan pada pengukuran dan hasil belajar yang telah dilakukan.
Jika Guru mempunyai kreativitas dalam memainkan alat music, maka akan memudahkan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang di sampaikan oleh guru, sehingga bukan hanya akan tercipta proses belajar yang menyenangkan tetapi juga akan mendukung dalam tercapainya tujuan pembelajaran yang akan di capai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H