Penulis buku Blue Ocean Shift menemukan 4 esensi blue ocean strategy agar suatu produk memiliki keunggulan / wouw:
1. Eliminate
Fitur fitur apa saja yang dieliminasi
2. Reduce
Fitur fitur apa saja yang dikurangi
3. Create
Menciptakan fitur fitur yang benar benar baru
4. Increase
Meningkatkan fitur fitur yang sudah ada
Sebagai contoh revolusi musik yang ada pada produk Spotify
1. Eliminasi
Kemasan lagu dalam format CD ditiadakan.
Sistim pembelian dieliminasi gantinya sistim berlangganan.
Sistim download dieliminasi yang ada streaming.
2. Reduce
Kalau dulu lagu lagu dalam format album maka pada Spotify album album direduce, adanya pilihan ribuan lagu.
3. Create
Menciptakan fitur yan aman/terlindungi dari pembajakan lagu yakni dengan sistim berlangganan yang perbulannya cukup membayar 40 ribu - 50 ribu rupiah.
4. Increase
Menambah jumlah lagu dan genre musik.
Dengan mengcover 4 esensi diatas insya Allah suatu produk akan bercita rasa tinggi, wouw yang nilainya diibaratkan mampu membelah samudera.
Summarised by Lisa Utami
Sumber: Bedah Buku Blue Ocean Shift W.Chan Kim & Renee Maubergne by Yodhia Antariksa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H