Mohon tunggu...
Sebastian AkbarFirmansyah
Sebastian AkbarFirmansyah Mohon Tunggu... Atlet - Mahasiswa

Hobi saya menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kegiatan Magang MBKM di SMAN 8 Malang

22 Desember 2022   10:46 Diperbarui: 22 Desember 2022   11:04 383
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 2 : Lomba Pojok Kelas (Dokpri)

KEGIATAN MAGANG MBKM DI SMAN 8 MALANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023


Sebastian Akbar Firmansyah

Sekar Dwi Gardini

Siti Mujianti

e-mail: ianakbar0@gmail.com

Program Studi Perpustakaan Digital, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang 05 Malang 65145

Abstrak: Program Magang MBKM dilaksanakan di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang oleh Mahasiswa D4 Perpustakaan Digital Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Program Magang MBKM dilaksanakan mulai tanggal 05 September hingga 09 Desember 2022. Dalam kegiatan Program Magang MBKM ini termasuk didalamnya kegiatan pengadaan dan pengolahan koleksi, layanan sirkulasi, pendidikan pemakai, pemanfaatan teknologi informasi hingga pelestarian koleksi yang ada di Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang. Selain itu, kami juga melakukan proses kegiatan pengolahan bahan pustaka mulai dari inventarisasi, pemberian stempel, katalogisasi deskripsi dan katalogisasi subjek yang terdiri atas klasifikasi dan pengindeksan subjek. Sampai pada perlengkapan fisik buku meliputi pelabelan, penempelan barcode, sampul buku dan kartu buku. Kegiatan kami bukan hanya praktek di perpustakaan pada umumnya, melainkan kami juga terjun langsung ke sekolah dan instansi lain, seperti sosialisasi, lomba pojok kelas, dan library tour ke Universitas Negeri Malang. Di perpustakaan SMAN 8 Malang, terbentuk sebuah ekstrakulikuler yang bertujuan untuk memberikan inspirasi dan aspirasi agar perpustakaan sekolah SMAN 8 Malang bisa berkembang dengan baik. Ekstrakulikuler tersebut bernama Library Club SMAN 8 Malang. Tujuan dan manfaat dari kerja praktek lapangan ini adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam kegiatan pengelolaan perpustakaan (informasi). Disini penulis menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan pelaksanaan dan penulisan laporan praktek kerja lapangan ini. Penulis berharap semoga semua yang telah dijalani dan ditulis dapat menjadikan pengalaman dan hikmah yang berharga bagi penulis serta memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat luas.

Kata kunci: Magang MBKM, perpustakaan sekolah, layanan perpustakaan, pengolahan bahan pustaka perpustakaan

  • Latar Belakang

Perpustakaan sekolah mempunyai peranan yang penting dalam kerangka pendidikan sebagai salah satu penentu mutu hasil pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas anak didik, program-program pendidikan akan tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan dengan melibatkan peranan dan fungsi perpustakaan sekolah. Karena itu keberadaan perpustakaan sekolah sangat berarti. Adapun pengertian dari perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang tergabung pada sebuah sekolah dan dikelola sepenuhnya oleh sekolah yang bersangkutan, dengan tujuan utama membantu sekolah mencapai tujuan khusus sekolah serta tujuan pendidikan pada umumnya. Tujuan khusus perpustakaan sekolah adalah membantu sekolah mencapai tujuannya sesuai dengan kebijakan perpustakaan sekolah bernaung.

Penulis sebagai calon pustakawan akan membahas mengenai permasalahan yang ada di Perpustakaan SMAN 8 Malang. Untuk membahas masalah tersebut, penulis melakukan praktik kerja lapangan di perpustakaan sekolah agar dapat mengetahui masalah mengenai minat baca siswa yang masih kurang. peraturan peraturan perpustakaan sekolah yang masih belum berlaku dan kurangnya tenaga pustakawan sehingga perpustakaan sekolah tidak berjalan dengan maksimal. Bukan hanya itu saja, latar belakang dari penulisan laporan Magang MBKM sebagai syarat kelulusan dalam menyelesaikan studi diploma atau jenjang D4 Teknisi Perpustakaan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Karena jenjang diploma tidak hanya diajarkan teori saja melainkan praktek yang dimana praktek ini akan bermanfaat bagi penulis ketika memasuki dunia kerja yang sebenarnya. Diharapkan dengan melakukan praktek kerja lapangan, penulis dapat mengelola dan perpustakaan sekolah secara efektif sesuai dengan kebutuhan pengguna dan sesuai dengan standar pengelolaan perpustakaan sekolah yang sudah ditentukan. Dan membantu pengguna mencari informasi atau data yang dibutuhkan dalam melakukan riset atau membuat suatu karya ilmiah. Alasan penulis memilih Perpustakaan SMA Negeri 8 Malang sebagai tempat Magang MBKM adalah karena perpustakaan sekolah di SMA Negeri 8 Malang kekurangan tenaga pustakawan dan memiliki banyak koleksi novel fiksi dan cerpen.

SMA Negeri 8 Malang merupakan sekolah menengah atas yang memiliki fasilitas gedung sekolah yang terdiri dari ruang kelas, ruang guru, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang rapat, koperasi sekolah, kamar mandi dan ruang laboratorium,dan musholla. Kegiatan magang dilaksanakan di perpustakaan sekolah SMA Negeri 8 Malang yang beralamat di JL. VETERAN 37, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, dengan kode pos 65145.. Kegiatan magang ini dilakukan pada semester lima selama 4 bulan mulai tanggal 05 September 2022 sampai dengan tanggal 16 Desember 2022. Jam kerja mulai pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 15.15 WIB, hari Senin sampai Jum'at. Rumusan masalah yang dapat diangkat dari perpustakaan sekolah SMA Negeri 8 Malang adalah sebagai berikut:

  • Kondisi awal rak perpustakaan yang kurang rapi dan berdebu. Buku- buku banyak yang tidak tertata rapi dan tidak beraturan serta berdebu. Koleksi lama juga tercampur dengan koleksi yang masih dipakai dan koleksi baru.
  • Banyaknya buku-buku yang belum dimasukkan ke buku registrasi perpustakaan, sehingga masih banyak buku-buku baru yang belum dimasukkan ke buku registrasi.
  • Pustakawan lebih mengutamakan penataan tata ruang perpustakaan terlebih dahulu.
  • Kurangnya tenaga perpustakaan sehingga guru mata pelajaran Sosiologi juga merangkap menjadi kepala perpustakaan sekolah sehingga masih banyak pekerjaan perpustakaan yang belum terselesaikan, seperti memasukkan buku baru ke buku registrasi perpustakaan, memasukkan koleksi perpustakaan ke sistem otomasi perpustakaan.
  • Kegiatan penyiangan koleksi lama dan koleksi yang sudah rusak belum dilakukan karena tidak adanya tempat untuk menempatkan koleksi-koleksi tersebut.
  • Program literasi sekolah yang belum terlaksana dengan baik dan efisien

 Tujuan Kegiatan Magang MBKM

Tujuan Umum

  • Mengembangkan pengetahuan ilmu dan kemampuan profesi mahasiswa dalam bidang perpustakaan sekolah, lebih tepatnya pada Perpustakaan SMAN 8 Malang.
  • Melatih kemampuan mahasiswa dalam menghadapi praktik lapangan di lingkungan nyata perpustakaan.

Tujuan Khusus

  • Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan dan teori yang didapat dalam perkuliahan secara praktik kerja secara langsung.

Waktu Pelaksanaan

Magang ini dilakukan di Perpustakaan SMAN 8 Malang, mulai tanggal 05 September 2022 sampai dengan 16 Desember 2022 selama 4 bulan. Dilakukan pada hari kerja Senin -  Jum'at dan mulai pukul  07.00 WIB -- 15.15 WIB

  • Kegiatan

Kegiatan yang telah dilakukan perpustakaan sebagai upaya untuk memperkenalkan dan untuk memaksimalkan peran perpustakaan sebagai sumber belajar di sekolah, antara lain yaitu :

Seminar Anti Bullying " Socialization for High School Teenagers", Apa, mengapa dan bagaimana cara menyelesaikan permasalahan kekerasan yang terjadi di sekolah. Tidak hanya kekerasan yang terjadi di tingkat Perguruan Tinggi namun juga di SMA, SMP, SD hingga TK. Permasalahan inilah yang menjadi tema pada Seminar Anti Bullying. Bersama Ibu Dr. Nawang warsi W., S.Psi., M.Si., beliau adalah psikologi dari Universitas Merdeka Malang, sejumlah siswa sekolah SMAN 8 Malang menghadiri Seminar Anti Bullying yang diadakan pada Rabu, 21 September 2022.

Lomba perpustakaan Kelas/Pojok Kelas pada tanggal 18-21 Oktober 2022, pengumuman pemenang pada tanggal 28 Oktober 2022. Pelaksanaan lomba tersebut merupakan salah satu bentuk implementasi dari gerakan literasi sekolah yang diharapkan dengan adanya pelaksanaan lomba tersebut akan menumbuhkan minat baca di masing-masing siswa. "POJOK BACA" adalah suatu kegiatan yang dilakukan siswa di setiap waktu luang di sela-sela jam pelajaran untuk membaca buku yang telah tersedia di rak pojok kelas. Pojok baca ini juga berlaku sebagai perpustakan mini yang terdapat di setiap kelas. Tujuan dibuatnya Pojok Baca adalah untuk mendukung gerakan membaca 15 (lima belas) menit sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Gambar 2 : Lomba Pojok Kelas (Dokpri)
Gambar 2 : Lomba Pojok Kelas (Dokpri)

Library Tour pada 31 Oktober 2022. pelaksanaan library tour ke perpustakaan Universitas Negeri Malang tersebut merupakan salah satu bentuk gerakan literasi sekolah, Dengan adanya pelaksanaan library tour diharapkan dapat mengetahui, mengenal perpustakaan, serta meningkatkan minat baca, sarana dan edukasi rekreasi yang menyenangkan .

Gambar 3 : Library Tour (Dokpri)
Gambar 3 : Library Tour (Dokpri)
User Education

User Education atau pendidikan pemakai adalah sebuah sarana pelatihan untuk siswa baru yang memberikan informasi bagaimana siswa baru secara mandiri memanfaatkan dan menggunakan informasi yang ada di perpustakaan. Adapun tujuan dari user education perpustakaan sendiri yaitu:

  • Agar pemakai menggunakan perpustakaan secara efektif dan efisien
  • Agar pemakai dapat menggunakan sumber-sumber literatur dan dapat menemukan informasi yang relevan dengan masalah yang dihadapi.
  • Memberi pengertian kepada siswa akan tersedianya informasi di perpustakaan dalam bentuk tercetak atau tidak.
  • Memperkenalkan kepada siswa jenis-jenis koleksi dan ciri-cirinya.            

Gambar 4 : User Education (Dokpri)
Gambar 4 : User Education (Dokpri)

Daftar Rujukan

a. Halaman Web

Mudyana dan Royani (dalam Sinaga 2005:16). (Diakses 5 Desember 2022)

SK Mendikbud no. 0103/0/1981 tanggal 11 Maret 1981 (dalam Rohanda, 2000:1)

PERPUSTAKAAN MAHKAMAH SYAR'IYAH ACEH. UIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Anggraeni, Anugerah (2015) Sistem Pengolahan Bahan Pustaka di Perpustakaan SMA Negeri 1 Maros. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Anshari, I. (2021). PENGELOLAAN LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT KUNJUNG PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR. y Vol. 10 No.1,.

Nasution, M. A. (2018). PENGADAAN BAHAN PUSTAKA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA MEDAN. 55.

Priyono Darmanto. 2018. Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara

Rahayuningsih, F. (editor). 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rochmah, E. A. (n.d.). PENGELOLAAN LAYANAN PERPUSTAKAAN. 16.

 Saleh, A., & Aini, H. (2019). Peran Pustakawan Dalam Mengontrol Pengolahan Bahan Pustaka Di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kota Mataram. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun