Mohon tunggu...
Sayyidah Azzahra Nurhidayati
Sayyidah Azzahra Nurhidayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

-

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalaman Mahasiswa FKIP UHAMKA dalam melaksanakan PLP di SDN Balimester 06 Pagi

18 Desember 2024   16:48 Diperbarui: 18 Desember 2024   16:48 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mahasiswa PLP Uhamka SDN Balimester 06 Pagi

Mahasiswa FKIP UHAMKA telah menyelesaikan PLP di SDN Balimester 06 Pagi, Jakarta Timur. Program ini berlangsung selama kurang lebih 4 bulan yang dimulai pada 26 Juli - 16 Desember 2024. Kegiatan PLP ini merupakan mata kuliah wajib untuk syarat kelulusan di semester 7 ini yang dimana harus dipenuhi dengan mengikuti persyaratan yang harus penuhi, tanggung jawab setiap individu maupun kelompok, untuk menghasilkan nilai yang baik pada mata kuliah yang diwajibkan ini.

Kegiatan PLP di SDN Balimester ini dari program studi PGSD yang beranggotakan 8 orang, yakni Sayyidah Az-zahra N sebagai ketua, Nuriyah Salsyabilla sebagai wakil, Mahizha Dhiyaa sebagai sekretaris 1, Indah Kumala sebagai sekretaris 2, Nadia Izza seagai Bendahara, Afifah Maulida sebagai dokumentasi 1, Felita Cosina sebagai editor, dan Resfin Alfian sebagai dokumentasi 2. Dalam pelaksanan PLP mahasiswa di bimbing oleh guru pamong Dra. Mamay Hidayati dan Dr. Kasriman, M.Pd. sebagai dosen pembimbing lapangan.

Kegiatan kami sebagai mahasiswa/i PLP, melaksanakan apa yang seharusnya sudah menjadi kewajiban untuk dilaksanakan. Seperti mengajar di kelas secara individual, membantu infal kelas untuk para guru jika ada yang absen atau tidak hadir, membuat RPP/Modul di setiap minggunya untuk mengajar di kelas,dan sebagainya. kegiatan ini kami laksanakan sekitar 4 bulan penuh dengan bantuan dan arahan oleh guru pamong dan rekan kelompok kami.

Kegiatan Mengajar oleh Mahasiswa PLP
Kegiatan Mengajar oleh Mahasiswa PLP

Setiap individu selama mengajar di kelas, Mahasiswa melakukan berbagai aktivitas untuk memastikan proses pembelajaran berjalan efektif dan menyenangkan, serta untuk membangun suasana belajar yang positif. Mahasiswa juga memonitor kemajuan belajar siswa dengan memberikan latihan soal, kuis, atau evaluasi sederhana di akhir pembelajaran. Sebagai penutup, Mahasiswa melakukan refleksi bersama siswa untuk merangkum materi yang telah dipelajari dan memberikan apresiasi atas usaha mereka.

Selain aktivitas di kelas, Mahasiswa juga dapat menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran, seperti presentasi multimedia, untuk menyajikan informasi secara menarik. Adapun Aktivitas di kelas merupakan kegiatan yang dirancang untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran. Guru dan Mahasiswa memiliki peran penting dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa dan meningkatkan pemahaman mereka.

Manajemen kelas yang baik adalah kunci untuk menciptakan suasana belajar yang efektif, kondusif, dan menyenangkan. Mahasiswa PLP harus mampu mengatur kelas dengan baik melalui pembuatan aturan yang jelas dan disepakati bersama oleh siswa, seperti aturan berbicara, menjaga kebersihan, dan disiplin waktu pada saat pembelajaran telah berlangsung. Menciptakan kelas agar hidup, seperti dengan selingan games dalam pembelajaran, membuat media konkret yang menarik minat siswa untuk pembelajaran, dan lainnya. Karena dengan ini, siswa di kelas dapat semangat mengikuti pembelajarannya, sehingga tujuan dari pembelajaran itu tercapai, dan kelas suasana kelas pun tidak membosankan bagi para siswa tersebut.

P5 Fase C
P5 Fase C
P5 Fase B
P5 Fase B

Mahasiswa juga aktif terlibat diberbagai kegiatan di sekolah, seperti pembiasan setiap pagi menjaga piket gerbang menyambut siswa siswi, bersenam bersama yang dilakukan setiap hari selasa, untuk senam dijadwalkan setiap hari selasa seperti hari selasa minggu ini untuk kelas 1-3 kemudian untuk hari selasa di minggu depan untuk kelas 4-6.

Selain itu, keterlibatan mahasiswa PLP dalam kegiatan nonakademik seperti aktif melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam kegiatan ini, guru dan siswa bekerja sama mengembangkan kreativitas melalui berbagai proyek menarik, seperti praktik membuat makanan tradisional. Kegiatan tersebut tentunya dibantu oleh wali kelas dan orang tua murid dalam mengerjakannya. Selain membuat makanan tradisional, kegiatan P5 ini juga menampilkan kreatifitas seperti silat, dan contoh praktik pernikahan adat betawi.

Tidak hanya itu, nuansa religius juga selalu hadir di SDN Balimester 06, terutama dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Guru, staf, dan siswa berkumpul dalam acara yang diisi dengan lantunan shalawat, ceramah inspiratif, dan penampilan siswa. Dengan mengundang seorang ceramah tetapi menggunakan story telling yang membuat siswa tidak bosan dalam mendengarkan ceramahnya. Seluruh rangkaian kegiatan ini tidak hanya menciptakan suasana sekolah yang harmonis, tetapi juga menguatkan rasa kekeluargaan serta nilai-nilai moral yang diajarkan di lingkungan sekolah. Dan kegiatan lainnya, mahasiswa juga ikut berpartisipasi menjadi petugas upacara di Hari Guru Nasional dan ikut merayakan hari-hari yang menyenangkan Bersama guru-guru Balimester 06 dan komite.

Pelaksanaan PLP yang dilakukan oleh mahasiswa FKIP Uhamka selama 4 bulan di SDN Balimester 06 Pagi telah memberikan pengalaman berharga dalam memahami praktik pendidikan secara langsung. Mahasiswa berhasil mengaplikasikan teori yang diperoleh di perkuliahan ke dalam kegiatan nyata di sekolah, seperti pengelolaan kelas, penyusunan rencana pembelajaran, praktik mengajar, serta observasi proses belajar - mengajar. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa turut berinteraksi dengan guru, siswa, dan staf sekolah, sehingga dapat memahami dinamika sekolah dasar, tantangan dalam proses pembelajaran, serta solusi yang dapat diterapkan.

Selain itu, mahasiswa juga memperoleh peningkatan kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian yang merupakan bagian dari bekal menjadi tenaga pendidik yang kompeten. Kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan mahasiswa menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran serta memberikan kontribusi positif bagi pengembangan diri mahasiswa dan kemajuan sekolah. Secara keseluruhan, pelaksanaan PLP ini menjadi langkah penting dalam mempersiapkan mahasiswa FKIP Uhamka untuk menjadi calon pendidik yang profesional dan berkarakter.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun