Pada era Revolusi Industri 4.0 ini, teknologi menjadi sahabat yang erat kaitannya dengan kehidupan kita. Maka dari itu, peserta didik diharapkan dapat memanfaatkan teknologi yang ada sehingga dapat meningkatkan kompetensinya.
Namun, tidak sejalan dengan kemajuan teknologi, minat peserta didik pada kegiatan literasi justru semakin menurun.
Hal ini dapat dilihat ketika mereka diberikan suatu tugas, mereka lebih tertarik untuk 'googling' jawaban tanpa berusaha mencari di buku terlebih dahulu.
Memang, tidak ada yang salah dengan mencari jawaban dengan googling, tapi proses pencarian informasi dan proses berpikirnya menjadi tidak optimal karena terbiasa dengan hal instan.
Maka dari itu, sebagai upaya untuk meningkatkan minat literasi peserta didik di SMPN 2 Purwakarta, pengawas sekolah SMPN 2 Purwakarta yaitu Ibu Iis Kartis, menyarankan untuk memfasilitasi kecintaan mereka terhadap teknologi dan juga literasi.
Salah satu upayanya yaitu mengajarkan anak membuat komik digital menggunakan aplikasi Canva.
Aplikasi Canva adalah aplikasi untuk membuat desain grafis media sosial, presentasi, video, komik, dan konten visual lainnya.
Anak-anak kelas 7 sangat antusias untuk mengikuti pembelajaran menggunakan Canva.
Selain pada browser atau komputer/laptop, Canva juga tersedia di handphone sehingga mereka yang tidak punya perangkat komputer tetap dapat belajar di rumah.Â
Pembuatan Komik Digital ini diterapkan dalam pembelajaran Informatika kelas 7 dalam kurikulum merdeka di bawah bimbingan Ibu Sayyidah Nurul,S.Pd.