Mohon tunggu...
Satrio Wibowo
Satrio Wibowo Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Packaging Has Never Been This Easy!

1 Juni 2017   23:29 Diperbarui: 1 Juni 2017   23:42 699
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pemilihan Produk Ide Awal

Semakin intensifnya persaingan dalam pasar jasa pembuatan kemasan/packaging, membuat tuntutan konsumen semakin tinggi terhadap kebutuhan packaging mereka. Saat ini, di Indonesia, penyedia jasa packaging masih menggunakan teknik penjualan dan pemasaran produk mereka secara konvensional, yaitu dengan sistem dimana konsumen harus datang ke toko, menggunakan email, chating, sms, dan lain sebagainya, untuk melakukan pemesanan packaging.

Untuk itu pada tahun 2017, packurious melalui website packurious.com hadir untuk menjawab kebutuhan packaging konsumen dengan memberikan solusi cepat, praktis, bebas repot, dan terjangkau dengan sistem online yang terintegrasi. Self-service sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, desain, upload, pesan semua melalui website.

Packurious merupakan perusahaan pertama yang memberikan layanan pembuatan packaging dalam satu sumber. Packurious tidak hanya memberikan kebebasan untuk mengekspresikan kreatifitas dan membuat desain sendiri, tapi kami juga membantu konsumen melakukan hal tersebut secara efisien.

Packurious menawarkan platform online berbentuk website inetraktif yang menghasilkan berbagai kebutuhan packaging menarik dan berkualitas untuk keperluan bisnis. Inovasi yang akan dibuat berupa:

    1. Custom lab design, konsumen dapat mendesain langsung kebutuhan packaging mereka pada website kami;

    2. Live 3D Preview, konsumen dapat melihat langsung gambaran packaging mereka secara real time saat mereka mendesain;

    3. Integrated order and payment system, konsumen dapat menentukan jumlah pesanan mereka, jenis pesanan mereka, dan spesifikasi pesanan mereka langsung pada website dan dapat mengetahui biaya pemesanan dan konfirmasi pembayaran secara langsung pada website;

    4. Continuous repeat order system, konsumen akan mendapatkan pengingat secara automatis terhadap pemesanan sebelumnya untuk melakukan pemesanan kembali atau mengubah pesanan.

Tujuan packurious adalah untuk memudahkan sistem pemesanan packaging, dengan merubah sistem konvensional menjadi sistem berteknologi berbasis website. 

 

 

Strategi Pemilihan Vendor Produk

Penyedia jasa packaging seringkali mengalami permasalahan saat melakukan pengiriman. Hal itu didasari pengiriman packaging yang biasanya dalam jumlah besar menyebabkan biaya pengiriman menggunakan jasa kurir menjadi mahal. Untuk itu dalam tahap awal packurious akan bekerja sama dengan berbagai vendor di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Tujuannya adalah untuk memudahkan pengiriman dan memangkas biaya pengiriman.

Sebelum bekerja sama dengan vendor, packurious akan membuat MoU (memorandum of understanding) dengan vendor terpilih. Dalam dokumen persetujuan tersebut, packurious akan memberikan kesepakatan mengenai harga, sistem pemesanan, dan lain sebagainya, yang kemudian akan disetujui oleh pihak vendor. Setelah persetujuan selesai, vendor tersebut akan menjadi vendor resmi yang akan bekerjasama dengan packurious.

 

Strategi Pemasaran

Target Pasar dari Packurious adalah Small Medium Enterprises dan Big Enterprises dengan kriteria perusahaan yang membutuhkan jasa packaging dan tidak memiliki kesanggupan untuk memproduksi sendiri (Business to Business) dan orang-orang yang membutuhkan packaging untuk kebutuhan pribadi (Business to Consumer). 

Sebagai Perusahaan Start up maka Packurious harus membuat strategi pemasaran agar perusahaan ini dikenal oleh pasar. Masa pengenalan ini sangat penting agar pasar mengetahui produk yang kami tawarkan dan value proposition perusahaan kami sehingga akhirnya mereka memilih untuk memakai jasa kami. Untuk mencapai objektif tersebut maka Packurious melakukan beberapa langkah pemasaran yaitu digital marketing atau viral marketing dan event marketing.

Digital marketing dan viral marketing kami pilih karena di era sekarang cara tersebut sangat efisien dalam hal mempromosikan produk dan perusahaan kami. Digital dan Viral marketing juga memerlukan biaya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan cara lain. Di dalam viral marketing ini kami menggunakan berbagai macam media sosial sebagai alat promosi. Media sosial yang kami gunakan adalah Instagram, Youtube, dan Facebook. Tujuan dari viral marketing adalah memberikan masyarakat brand awareness terhadap Packurious sebagai alternatif jasa pembuat kemasan. Strategi yang dilakukan meliputi pembuatan konten-konten yang dapat menjangkau segmentasi pasar melalui teknik soft-selling. Sedangkan digital marketing dilakukan melalui tiga cara:

  1. Sistem-sistem periklanan berbasis algoritma user yang telah disediakan oleh platform-platform media sosial seperti Google AdWords, YouTube Ads, Facebook Ads, Insta Ads.

  2. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization) pada website, untuk memastikan website mendapat peringkat pertama dalam pencarian dengan kata kunci packaging, kemasan, dan yang lainnya.

  3. Kampanye melalui newsletter dan email-blasting yang berisikan promosi-promosi dan konten blog untuk merangkul calon konsumen.

Konten-konten yang ada di dalam digital marketing dan viral marketing berisikan pengenalan Packurious sebagai platform alternatif yang dapat mengatasi masalah sulitnya mengurus dan membuat kemasan produk. Selain metode-metode di atas, event marketing juga merupakan strategi marketing yang kami gunakan untuk memperkenalkan produk dan perusahaan kami kepada pasar. Dalam Event marketing ini kami membuka stand di acara-acara atau pameran bisnis. Event marketing ini menjadi kesempatan untuk kami agar bisa bertemu langsung dengan calon konsumen kami. Hal ini sejalan dengan target pasar kami yang merupakan Small Medium Enterprises dan Big Enterprises. Melalui pameran bisnis maka kami bisa langsung mempromosikan perusahaan dan produk kami di tempat berkumpulnya calon konsumen.

Setelah membangun awareness pada produk, kami melakukan manajemen hubungan konsumen dengan mendorong user untuk mendaftar sebagai anggota dengan insentif seperti diskon. Livechat dan support yang terintegrasi seperti pengelolaan keluhan dan umpan balik dari user juga kami lakukan untuk tetap menjaga kepuasan user dalam memakai jasa Packurious.

 

Pembagian Tugas dan Wewenang 

Tugas dan wewenang dibagi menjadi tiga unit lingkup kerja, yaitu product development, customer relationship, dan partner relationship. Tugas dan wewenang product development mencakup pengembangan website dan pembuatan tamplate dan mockup packaging. Tugas dan wewenang customer relationship mencakup seluruh kegiatan pemasaran mulai dari menentukan pasar, perencanaan strategi pemasaran, dan pengenalan kepada pasar. Tugas dan wewenang partner relationship mencakup seluruh kegiatan kerjasama dengan vendor.

 

Target dan Realisasi Penjualan

Target penjualan packaging yang kami targetkan adalah sebesar 2500 packaging. Target itu dapat dibilang dibilang realistis untuk perusahaan kami yang dapat dibilang masih kecil. 2500 packaging yang dimaksut disini adalah packaging yang berbentuk paperbag. paperbag disini dijadikan target penjualan karena paperbag adalah packaging yang paling murah yang kita miliki. Walaupun pada akhirnya  pemesanan packaging ini dalam bentuk yang berbeda-beda, tetapi target tetap kita capai. 

Dalam realisasi penjualan yang kita lakukan, kita telah mendapatkan penjualan paperbag sebanyak 300  buah. Selain itu, kita juga mendapatkan potensi pemesanan dari produsen minuman temulawak sebanyak 1000 botol plastik dan penjual hijab yang memesan 1000 corrugated box. Kedua pesanan tersebut masih ada di dalam tahap konsultasi dan desain. 

 

 

 

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun