Mohon tunggu...
Satria Tu Bagus
Satria Tu Bagus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Nama : Satria Tu Bagus

Mahasiswa Universitas Maritim Raja Ali haji

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Live Steaming Youtube Sebagai Media PJJ

14 Juli 2021   21:33 Diperbarui: 14 Juli 2021   21:41 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada pembelajaran di masa pandemic ini tenaga mengarahkan suatu pembelajaran yang berbentuk online. Pembelajaran seperti ini dilakukan agar dapat terhindar dari penyebaran covid 19. Dalam hal ini diperlukan media pendukung seperti handphone android, laptop atau lain sebagainya beserta software yang mendapat hubungkan antara guru dan siswa di dalam suatu pembelajaran. pembelajaran ini disebut sebagai pembelajaran jarak jauh (PJJ).

            Pendidikan jarak jauh (distance education) adalah pendidikan formal yang berbasis lembaga yang peserta didik dan instrukturnya berada di lokasi terpisah sehingga memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya. PJJ merupakan aturan pemerintah yang menginginkan suatu pembelajaran tetap berjalan tanpa harus bertatap muka. Selain itu dengan pembelajaran jarak jauh dapat meminimalisir terjadinya penyebaran covid 19. Maka pemerintah mengharapkan semua instansi untuk dapat menjalankan dengan baik proses pembelajaran jarak jauh yang sudah ditetapkan.

            Suatu pembelajaran jarak jauh akan berjalan dengan baik jika guru dan siswa mengerti dalam pengoperasian  software tersebut, jika tidak maka akan mengakibatkan pembelajaran yang pasif, sehingga tujuan dalam pembelajaran tidak tercapai sepenuhnya. Maka untuk mengantisipasi hal tersebut diperlukan penguasaan terdapat software-software yang digunakan dalam pembelajaran. selain itu untuk dapat memaksimalkan proses pembelajaran guru harus memilih software pembelajaran yang cocok dengan kemauan siswa.

Salah satu software yang digunakan ialah google classroom, Zoom meeting, google meet, google form, whatsapp dan lain sebagainya. Walaupun terdapat banyak media yang dapat digunakan terdapat beberapa kendala dalam pemakaiannya. Dikarenakan di setiap software tersebut memiliki fitur-fitur tersendiri dan mungkin dari fitur-fitur tersebut tidak memungkinkan siswa untuk berdiskusi, bertatap muka dan lain-lain. Maka diharapkan guru untuk dapat mengerti penggunaan di setiap software yang digunakan.

Sebagai contoh google classroom, di software ini memungkinkan guru untuk membuat forum diskusi dari suatu pembelajaran. selain itu guru dapat memberikan pembelajaran dan tugas-tugas di dalamnya serta penilaian dari setiap tugas yang digunakan. Akan tetapi terlepas dari kemudahan yang diberikan dalam software tersebut, terdapat kendala-kendala yang perlu dipahami.

 Seperti pada bagian forum diskusi, sistem dari google classroom belum menerapkan sistem real time, yang dimana pengguna diharapkan untuk memperbarui (refresh) aplikasi setiap terdapat pendapat atau penyataan yang dikirim. Selain itu pada google classroom tidak memungkinkan sistem tatap muka seperti zoom atau google meet, yang dimana pengguna hanya bisa menghubungkan dengan pengguna lainnya dengan format tulisan dan diskusi.

Selain itu pada zoom atau google meet, dari dua software ini memiliki fitur yang sama yang dimana memungkinkan pengguna untuk bertatap muka. Selain itu pada zoom terdapat sistem pemaparan materi sehingga seorang guru bisa memberikan materi berupa gambar, slide, buku dan lain-lain di dalam pembelajaran. pada zoom juga memungkinkan pengguna lainnya untuk menyampaikan pendapat baik saat pemaparan ataupun sesudah pemaparan metari. Akan tetapi seperti google classroom, zoom atau google meet memiliki kekurangan dimana pada fitur penyimpanan. Pada sistem zoom atau google meet hanya menerapkan sistem recording dibanding full time record. Dimana pada sistem recording ini pengguna hanya bisa menyimpan bagian yang direkam pada pembelajaran tersebut. Jika pengguna akan lupa atau tidak teringat untuk merekam zoom atau google meet tersebut maka dari software tersebut tidak menghasilkan hasil record atau video pembelajaran sehingga siswa tidak melihat kembali hasil diskusi yang telah dilakukan.

Berdasarkan beberapa software yang telah dipaparkan terdapat beberapa kendala yang harus diketahui oleh pengguna dan juga pada guru sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Dengan permasalahan yang ada di beberapa software pembelajaran tersebut, penulis ingin memaparkan suatu software yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan live stream youtube.

Youtube adalah platform pembagian video dari pengguna untuk dapat dinikmati oleh penonton. Fitur utama dati youtube ialah meluncurkan video yang berkualitas ke jaringan, dimana video tersebut bisa disebarkan ke publik atau pribadi sesuatu dengan kemauan pengguna. Youtube juga merupakan aplikasi yang paling diminati oleh pengguna dimulai dari kanak-kanak sampai dewasa. Konten yang disajikan sangat beragam dari yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari sampai permasalahan publik.

Umumnya banyak sekali kalangan masyarakat menggunakan youtube sebagai media hiburan. Selain itu dalam dunia pendidikan youtube dapat digunakan sebagai media pembelajaran akan tetapi digunakan sebagai pemaparan materi dibanding diskusi. Berdasarkan itulah banyak guru menggunakan youtube untuk hanya sekedar menyampaikan materi dan tanpa mengetahui fitur yang ada di dalam youtube

Maka penulis akan memaparkan fitur lain dari youtube yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yaitu fitur live streaming. Dalam fitur ini pengguna bisa langsung memaparkan materi kepada siswa seperti halnya zoom atau google. Menjawab permasalahan dari google classroom yang berkendala pada sistem real time dan sistem tatap muka. live streaming youtube menggunakan sistem real time yang dimana pembelajaran berjalan secara langsung tanpa adanya penundaan dan sistem tatap bisa dilaksanakan dengan baik.

            Selain itu terkait permasalahan zoom atau google meet yang dimana berkendala pada penyimpanan. Pada live stream youtube memungkinkan pengguna menyimpan video materi dan mengupload langsung ke laman youtube sehingga meminimalisir penggunaan ruang penyimpanan bagi pengguna. Dan pada youtube pengguna dapat mengubah setingan tampilan yang ingin dilihat dimulai penghematan paket dengan resolusi rendah sampai resolusi tinggi sehingga penonton dapat melihat kejelasan dari video.

            Salah satu fitur yang menjadi acuan dalam pembelajaran ialah di dalam youtube dapat dilaksanakan diskusi saat live stream atau setelah selesai live stream. Sehingga akan terjadinya pembelajaran yang aktif antara guru dan juga murid. Selain itu terkendala pada software google classroom atau zoom yang dimana pada pelontaran pertanyaan atau menanggapi pertanyaan, banyak siswa terbebani dengan susunan yang tidak sistematik yang dimana ketika satu melontarkan dan setelah itu lanjutkan dengan pertanyaan atau pendapat lain maka pertanyaan awal akan tenggelam sehingga pertanyaan diberikan hilang atau hangus. 

Pada fitur dari youtube memberikan kesempatan kepada guru dan siswa untuk menata langsung bentuk sistematis pertanyaan dimulai dari pertanyaan akan ditanggapi dengan pendapat ataupun jawaban, dan dilanjutkan dengan pertanyaan lain tanya hilangnya pertanyaan sebelumnya. Dengan metode ini dapat membuat diskusi menjadi hidup dan menghasilkan pembelajaran yang maksimal serta tercapainya tujuan pembelajaran.

            Akan tetapi dengan keunggulan dari youtube yang ada tetap ada kekurangan yang lekat pada aplikasinya sendiri. Salah satunya yaitu tertutupnya kemungkinan siswa dan guru bertatap langsung seperti zoom atau google meet. Sistem dari youtube belum dapat memungkinkan untuk guru dan siswa untuk bertemu tatap muka seperti zoom atau google meet. Hal yang dipaparkan di dalam video youtube hanya bentuk pemaparan guru, untuk siswa nya hanya berkontribusi pada diskusi pada kolom komentar.

            Berdasarkan pemaparan diatas penulis menilai bahwa fitur live streaming youtube dapat dijadikan sebagai media pembelajaran jarak jauh yang dimana dapat meningkatkan daya minat siswa. Dan dengan fitur-fitur dari youtube dapat memaksimalkan jalannya pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun