Mohon tunggu...
Tri SatriaMuhammad
Tri SatriaMuhammad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta

Creative, and high integrity

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Public Relations pada Masa Pandemi

12 April 2021   23:47 Diperbarui: 13 April 2021   00:54 1102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

oleh Tri Satria Muhammad

Public Relations pada masa Pandemi dan pada masa sebelum pandemi apakah terdapat perbedaan ?

Mari kita mengulas kembali tentang Public Relations sehingga nantinya kita mengetahui apa saja yang harus dilakukan oleh Public Relations pada masa Pandemi ini . Sedikit pengantar, awal mula, saat terjun di dunia PR adalah saat kita memutuskan untuk kuliah mengambil jurusan Public Relations, alasan utamanya adalah dengan kuliah di jurusan ini, diarapkan saat lulus nanti dapat berkarir sebagai seorang praktisi PR, bertemu dan menjadi pembicara atau perwakilan perusahaan untuk bertemu dengan klien. Dengan menjadi seorang lulusan Public Relations, diharapkan agar lebih memahami sampai di titik mana peran seorang Public Relations di mata Publik.

Berikut ulasan mengenai pemahaman Public Relations dan kajiannya.

Keberadaan Public Relations di dalam organisasi, perusahaan ataupun instansi sangat bermanfaat dan sangat penting karena pada hakikatnya aktivitas dari Public Relations semata-mata untuk membangun, membina dan menjaga kredibilitas dari organisasi tersebut terhadap khalayaknya.

Fungsi Public Relations

Fungsi Public Relations, sebagaimana dikemukakan oleh Cutlip, Centre, & Cafield, bahwa fungsi public relations dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama (fungsi melekat pada manajemen lembaga/organisasi
  2. Membina hubungan yang harmonis antara badan/organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran.
  3. Mengidentifikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan opini, persepsi dan tanggapan masayarakat terhadap badan/organisasi yang diwakilinya, atau sebaliknya
  4. Melayani keinginan publiknya dan memberikan sumbangsaran kepada pimpinan manajemen demi tujuan dan manfaat bersama.
  5. Menciptakan komunikasi dua arah timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari badan/organisasi ke publiknya atau sebaliknya, demi tercapainya citra positif bagi kedua belah pihak.

Tujuan Public Relations untuk mengembangkan pengertian dan kemauan baik (goodwill) publiknya serta untuk memperoleh opini publik yang menguntungkan atau untuk menciptakan kerja sama berdasarkan hubungan yang harmonis dengan publik.

Berdasarkan sumber dari PR Indonesia (https://www.prindonesia.co/detail/2132/Mengenal-14-Planet-PR) mengatakan bahwa Philip Lesley dalam bukunya Lesly's Handbook of Public Relations dan Communication, ada 14 planet di dalam semesta PR. Antara lain:

financial communication, stockholder relations, international public, industrial relations, employee relations, public affairs, political communication, minority relations, community relations, government relations, marketing communication, consumer relations, media relations, opinion leader.

Dengan melihat kutipan dari Philip Lesley tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa Public Relations sesungguhnya telah banyak berkembang dan bervariasi mengikuti perkembangan dan tuntutan zaman industri saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun