Berita ledakan bom bonuh diri di Polrestabes Medan Sumatra Utara tempo lalu, sempat heboh ya? Berdasarkan informasi katanya pelaku menggunakan atribut ojok online (Ojol). Benaran gak sih, pelakunya Ojol?
Berita tidak sedap ini sempat melintas di pikiranku jua, ketika hendak menggunakan jasa Ojol Grab. Wah jangan-jangan, -nganu- bisa saja mengarah ke modus kriminal lainnya kan? Begal, penculikan kek atau perampokan paksa gitu!
Wajar kan, ketakutan itu sempat menghinggap di kepala, namun tetap saja faktor logika bisa menawar, dan lantas menepis keraguan tadi.
Hal tadi pernah terekam di Oktober 2019 lalu, ketika saya diundang menghadiri event di Jakarta. Sebagai orang ndeso yang tinggal di daerah  -Kalimantan- dan lama kali tidak ke Ibukota membuat saya berpikir keras untuk bagaimana bisa datang ke acara yang berada di Jakarta Barat itu.
Jujur karena saya buta kali, peta Ibukota! Tidak ada teman di sana, yang menjemput! Terlebih acaranya berlangsung di tanggal tua lagi --bokek-Â
Namun faktor kepercayaan sudah tersemat kepada Grab sih, yang lantas akhirnya, membuat saya harus memaksimalkan aplikasi Grab yang --terlanjur- tersemat mudah dalam Smartphone ini.
Namun setelah berpikir logis, ya sudah dari Bandara Cengkareng naik Bus Damri hingga sampai di Gambir. Nah dari Gambir melanjutkannya dengan Grab menuju penginapan di Jakbar. Ya tentu dengan ongkos lebih murah kan? --hiks-
Pengalaman ini sebenarnya ecek-ecek kali kan buat dibaca kan? Karena semua orang juga pernah menggunakan jasa Grab dengan selamat sampai tujuan.
Tapi poinnya, yang ingin saya katakan adalah dengan kondisi saya yang buta arah jalan di kota besar seperti Jakarta dan juga kondisi keuangan cekak, ditambah dengan berita tidak sedap tadi --soal teror- Â
Fitur kepercayaan? emang ada dan perlu gitu?
Aplikasi di Smartphone saat ini memang sangat variatif ya, kadang sulit dibedakan mana yang baik dan memang disemat untuk dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Apalagi aplikasi Ojol, yang lagi in saat ini! Fitur layanann yang tersemat di aplikasinya hampir sama, minimal ada jasa antar orang, barang, terus makanan. Orang awam seperti saya pasti bertanya mana yang murah saja, plus bisa dipercaya, itu sajalah yang digunakan! Simple!
Akhirnya, banyak sekali aplikasi Ojol juga -mau tidak mau- memberikan itu, iya promo dengan potongan harga atau cash-back untuk jasa layanannya.
OVO adalah kunci!
Promo adalah ni'mat yang tiada tara buat user kayak kita! Katanya OVO, si dompet digital Grab sudah memanjakan penikmat usernya dengan menghabiskan US$50 juta perbulannya! Itu jika dirupiahkan sama saja dengan Rp 706miliar. Bisa kita hitung jika bertahun-tahun, bisa kaya' APBD kota kan!
Dengan promonya ini tentu memanjakan kita untuk terus memakai jasa layanan dari Grab ini dengan begitu hematnya. Hasilnya, Bank Indonesia pernah mengatakan pangsa pasar OVOÂ mencapi 37% dari total transaksi dompet digital Indonesia. Pesatnya pertumbuhan OVO tak bisa dilepaskan dari kinerja Grab.
Jika kita mau mencoba promo yang diberikan tentu akan terbayang 'gilaknya' promo ini. Harga makanan Rp 50 ribu bisa kita tebus dengan Rp 20 ribu dan Top-up OVO bebas biaya admin lagi.
Saya pernah menggunakan Food Packages senilai Rp 250 ribu berisi 10 vocher yang ongkirnya cuman Rp 5 ribu saja. Bisa bayangin gak! Harga makanan Rp 700 ribu, dibayar senilai Rp 250 ribu saja! Kan gilak!
Dari sini pasti kita akan berpikir lagi, Â bisa-bisa aplikasi Grab bakal ga asik lagi nih, kalau di sana tidak ada pesta promo-nya kayak sekarang? Lanjut ga' ya?
Masih belum percaya dengan layanan di Super App Grab?
Dua case diatas, soal dugaan terorisme Ojol dan juga gejolak investor OVO dimana  keduanya sudah menjadi nyawa aplikasi Grab, pasti akan menjadi perhatian kita pulak. Apakah kita selanjutnya tetap mempercayai aplikasi ini untuk disematkan di Smartphone kita, di masa mendatang?
Namun seiring waktu kedua case itu belum bisa menjadi fakta untuk bisa mengurangi minat user kepada aplikasi Grab ini kok! Case pertama sudah tidak berlaku lagi seiring kordinasi perekrutasn mitra Ojol yang terus ditingkatkan.
Dan dengan alasan ini tentu saja, OVO sebagai perangsang penggunaan aplikasi Grab tentu akan memanjakan usernya dengan berbagai cara kemudahan salah satunya bisa saja kita sebut promo tadi. Dan lihtalah hingga sampai saat ini, promo itu tetap saja lanjut kok dan masih bisa kita nikmati!
Dan malah aplikasi Grab dengan berbagi layanannya terus meluaskan manfaatnya dengan menggandeng banyak vendor dan merchant untuk usernya. Dan alat bayar non-tunainya ya masih tetap menggunakan OVO. Ini akan menjadi nilai plus di aplikasi untuk semua ini.
Nah jika fitur layananannya meluas, logikanya jadi tambah asik dong untuk berpesta promo dalam menikmatii layanan aplikasi Grab ini kan!
Sekarang percaya kan? Jika Grab itu aplikasi untuk semua?
Jika sedari tadi kita membahas, jika layanan aplikasi Grab hanya melulu antar jemput orang, makanan dan barang plus promonya bersama OVO. Aplikasi Grab malah #selalubisa  menyediakan banyak fitur dengan menggandeng merchant dari vendor lainnya lho!
Mau nonton film? Bisa! Mau booking hotel juga bisa, bayar tagihan sampai menonton Teve dari layar Smartphone via aplikasi Grab saja.
Hal ini menjadi nyata, ketika aplikasi Grab bekerja sama dengan aplikasi lainnya seperti agoda dan juga booking.com di dalam fitur layananannya. Sama halnya ketika kita ingin berlangganan saluran teve yang menghadirkan acara favorit, aplikasi ini juga langsung tersambung dengan layanan TV Hooq berbayar. Begitu juga dengan tiket bioskop di seluruh Indonesia, kita bisa dengan mudah memesankan lewat aplikasi ini.
Nah jika kita mau geser ke bawah lagi, Â di layar Aplikasi Untuk Semua ini ada banyak layanan baru yang jua kita bisa nikmati, pengantaran produk fresh rumah tangga, yang kita bisa diantar dari swalayan yang bekerja sama dengan Grab. Sampai kepada layanan perbaikan bagian rumah, atap, AC, kulkas, mesin cuci samapai jasa sedot tungau.
Apalagi, godaan promo pada pembayarannya selalu saja hadir dalam setiap transaksi. Kita tinggal menggeser layar Smartphone ketika masuk ke dalama aplikasi Grab-nya! Dan mencari semua kebutuhan kita dengan jemari kita.
Ketika sudah menemukan, kita tinggal klik saja tanpa rasa ragu! Tapi jangan lupa untuk top-up dahulu saldo OVO-nya ya! Agar manfaat satu aplikasi Grab untuk semua bisa maksimal dirasakan.
Nah saya yakin, ketika kita sudah merasakan kepuasan dari jasa layanan dan harganya, fitur kepercayaan itu akan menjadi andalan kita untuk tetap menggunakan aplikasi Grab ini, setiap saat!