Mohon tunggu...
Satria Widiatiaga
Satria Widiatiaga Mohon Tunggu... Guru - Guru Sekolah Alam

Guru di Sekolah Alam Aminah Sukoharjo

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Manfaat Mengajarkan Alat Musik pada Anak Usia Dini

6 Desember 2023   14:05 Diperbarui: 11 Desember 2023   02:20 355
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peserta Didik Trial Piano Keyboard | dokumentasi pribadi

Setidaknya ada satu atau dua kali sesi dalam sepekan, saya biasanya mengajak para murid bermain dan belajar alat musik, walau kadang jam pelajarannya bukan jam mapel seni budaya. Hanya untuk sekedar membunuh kesuntukan para murid yang kadang mulai menurun dalam pembelajaran materi-materi pelajaran yang berat.

Kebetulan, saya mampu memainkan beberapa alat musik seperti piano keyboard, gitar dan perkusi. Setali tiga uang, selain bisa menularkan kemampuan bermusik saya kepada para murid, saya pun sekalian menyalurkan hobi memainkan alat musik.

Jika saya sudah menginstruksikan untuk sesi bermain alat musik, anak-anak langsung antusias dan membagi tugas menyiapkan segala sesuatunya. Ada yang membantu saya membawa keyboard dari ruang penyimpanan ke kelas, ada yang menyiapkan kabel listriknya, ada yang mengatur mejanya dan lainnya.

Seperti biasa, namanya anak-anak, 15 menit pertama dalam sesi tersebut, mereka pasti memencet-mencet tuts piano keyboard sesuka hati tanpa panduan nada. Saya membiarkannya saja, karena hal tersebut adalah bentuk pengenalan atau adaptasi anak terhadap hal yang baru dan menarik, jangan pernah menganggap hal tersebut adalah bentuk ‘kenakalan’.

Setelah mereka puas mengeksplore semua jenis suara tone pada keyboard dengan cara ‘ngasal’ imajinatif mereka. Barulah saya berikan materi lagu nada-nada harmonis yang sederhana berikut bagaimana memainkan alat musik dengan benar dan tenang.

Setelah masing-masing dari mereka mencoba satu persatu dari lagu yang saya ajarkan, maka sesi akan diakhiri dengan menyanyi bersama beberapa nomor lagu anak dan wajib diiringi musik keyboard yang saya mainkan.

Dari sesi bermain alat musik ini, saya bisa juga melihat potensi bakat musik dari masing-masing anak. Walhasil, salah satu murid saya ada yang berhasil juara 3 lomba cipta lagu anak nasional yang diselenggarakan Mentari Group.

Padahal murid tersebut termasuk murid ‘berkebutuhan khusus’, namun dia memiliki olah vokal yang sangat bagus dan jernih, dan mampu mengalahkan kompetitor lainnya yang anak ‘regular’. 

Pada kompetisi tersebut dia menyanyikan lagu anak ciptaan saya, videonya silahkan bisa dilihat di link YouTube Mentari Group pada playlist Lomba Cipta Lagu Anak 2023.


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun