Mohon tunggu...
Satilia Lafau
Satilia Lafau Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengendalian Manajemen di Counter Dimas Cell

18 Desember 2022   22:10 Diperbarui: 18 Desember 2022   22:18 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Counter Dimas merupakan usaha jasa yang baik karena dapat di miliki oleh banyak individu,yang memiliki kesamaan visi,misi dan di dasari oleh jiwa kerja sama untuk mencapi tujuan tertentu.Dalam perkembangan usaha Jasa ada berbagai masalah yang di hadapi,misalnya dalam pembiayaan dan modal awal.Dan berbagai syarat atau berupa aturan penjualan yang sering di lupakan oleh seorang karyawan.Pasar ponsel berkembang pesat, didorong oleh meningkatnya kebutuhan pelanggan di berbagai segmen memicu persaingan antar produsen. Bagi kita yang ingin meningkatkan pengelolaan toko ponsel. Tetapi jika pada dasarnya mempunyai modal dan di laksanakan  sesuai dengan sistem pengendalian manajemen  maka usaha Jasa ini mempunyai keuntungan dan sangat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.Seperti di Usaha Jasa Dimas ini mereka memiliki cabang dimana-mana dan memiliki kualitas pelayanan yang baik dan sangat memembantu masyarakat di sekitarnya. 

beberapa strategi dapat diterapkan untuk meningkatkan keuntungan dan mendorong layanan pelanggan yang efisien.

Stok Ponsel dan Aksesoris

Pelanggan selalu ingin mengetahui bahwa mereka dapat menemukan solusi untuk masalah mereka di satu tempat. Dengan perkembangan pesat dalam teknologi ponsel, menawarkan pelanggan berbagai model yang sesuai dengan segmentasi dan kisaran harga yang berbeda. Untuk memastikan toko ponsel Anda menguntungkan, pantau tren pembelian serta ponsel terbaru di pasar dan sediakan stok model populer. Selain itu, simpan stok aksesori terkait seperti anti gores, earphone, dan casing ponsel untuk pelanggan Anda.

Lakukan Pencatatan Dengan Benar

Pembukuan yang tepat adalah tulang punggung setiap usaha, karena memungkinkan Anda mengawasi transaksi keuangan seperti pembelian, penjualan, tanda terima, dan pembayaran hingga pencatatan pergerakan stok mulai dari kuantiti hingga nomor serial / IMEI untuk ponsel. Selalu perbarui catatan Anda sehingga Anda dapat menentukan mana ponsel dan aksesori yang tidak kurang laku. Ini akan membantu Anda tidak hanya dalam pembelian stok di masa mendatang, tetapi juga dapat mengurangi biaya penyimpanan.

Jaga Hubungan Baik dengan Principal

Kembangkan hubungan kerja dengan principal brand ponsel sebagai supplier utama sehingga Anda dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik saat kulakan. Ini mungkin ada kewajiban untuk pembayaran penuh dimuka untuk mendapatkan diskon pada ponsel model baru, tetapi di masa mendatang dengan track record yang baik akan ada kemungkinan untuk Anda akan mendapatkan fasilitas kredit. Untuk produk ponsel, principal biasanya akan memberikan jaminan penggantian harga saat ponsel tipe tertentu mengalami penurunan harga, hal ini juga merupakan strategi principal sebagai supplier utama untuk menjaga hubungan dengan para toko ritel ponsel.

Tawarkan Paket Promo

Di era digital seperti saat ini ada banyak media iklan dan promosi yang dapat kita manfaatkan untuk menarik pelanggan. Promosi seperti tukar tambah ponsel lama ke ponsel tipe baru, promosi dengan pembayaran cicilan, dan promosi dengan syarat pembayaran tertentu dapat Anda sebarkan dalam berbagai promosi dan diskon di situs web dan outlet media sosial toko. Hal ini dapat mengundang interaksi dengan calon pelanggan.

PERMASALAHAN

Permasalahan yang terjadi pada konter Dimas Cell adalah pencatatan nota yang dimasih

ditulis tangan sehingga pencatatan nota kurang efektif dan efisien. Kedua pemberitahuan

informasi status handphone hanya bisa diperoleh apabila konsumen datang langsung ketempat

service sehingga kurang efektif dan memakan waktu lama, baik dalam konsumen menyetujui

pengerjaan maupun konsumen pulang pergi ketempat service untuk menanyakan informasi

kerusalakan. Ketiga data konsumen masuk dan keluar belum ada, dan hanya bisa mengecek

data konsumen dari nota sehingga data konsumen yang masih dalam proses maupun sudah

selesai diproses tidak dapat diketahui oleh Dimas Cell. Terakhir hasil diagnosa kerusakan tidak

keluar pada saat itu juga dikarnakan pengecekan kerusakan dilakukan dengan teliti agar hasil

diagnosa kerusakan tepat, sehingga konsumen harus datang dilain hari untuk menanyakan

langsung ketempat service agar bisa mengetahui informasi kerusakan handphone.

Analisis Data

Pengumpulan Data

Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Wawancara Pada awalnya melakukan penelitian ini hal yang pertama yang saya lakukan untuk mengumpulkan data ialah mewawancara karyawan Dimas cell.

Peneliti: mohon maaf mengganggu waktunya, perkenalkan saya Mahasiswa UNPAM saya melakukan penelitian dan menanyakan beberapa hal di usaha jasa bapak Dimas Cell ini.

Karyawan: Boleh,saya akan membantu menjawab pertanyaan Mu.

Peneliti: Menurut Mba apa yang sering menjadi rintangan atau masalah di Dimas cell ini?

Karyawan: ada banyak permasalahan yang sering di hadapi oleh Counter Dimas ini seperti

1. Pencatatan nota yang dimasih ditulis tangan sehingga pencatatan notak urang efektif dan efisien.

2. Pemberitahuan informasi status handphone hanya bisa diperoleh apabila

konsumen datang langsung ketempat service sehingga kurang efektif dan

memakan waktu lama, baik dalam konsumen menyetujui pengerjaan

maupun konsumen pulang pergi ketempat service untuk menanyakaninformasi kerusalakan.

3. Data konsumen masuk dan keluar belum ada, dan hanya bisa mengecekdata konsumen dari nota sehingga data konsumen yang masih dalamproses maupun sudah selesai diproses tidak dapat diketahui oleh DimasCell

4. Hasil diagnosa kerusakan tidak keluar pada saat itu juga dikarnakan pengecekan kerusakan dilakukan dengan teliti agar hasil diagnosak erusakan tepat, sehingga konsumen harus datang dilain hari untuk menanyakan langsung ketempat service agar bisa mengetahui informasie Kerusakan handphone.

Peneliti : kebijakan apa yang di lakukan oleh kepala Dimas Cell jika permasalahan itu terjadi mba?

Karyawan: Oleh karena itu kepala Dimas Cell menerapkan syarat dan aturan yang harus di lakukan oleh setiap karyawan yaitu “SISTEM INFORMASI PEMANTAUAN

PENGERJAAN SERVICE HANDPHONE PADA DImas CELL” Pemilihan

perancangan menggunakan media website dikarnakan banyaknya yang menggunakan pelayan

menggunakan website pada saat ini sebagai media informasi. Untuk mengatasi permasalahan

yang terjadi pada Dimas Cell. Media dibuatnya perancangan pemetauan pengerjaan service

handphone mempermudah konsumen melihat handphone yang dimiliki apakah sudah selesai

dikerjakan atau tidak, hanya melihat website dari Dimas Cell untuk memastikan status

handphone konsumen, tidak harus pergi ketempat service Dimas Cell. Pencatatan nota dan data

konsumen tidak harus ditulis tangan sehingga lebih efektif dan efisien serta data tersimpan. Itu saja sih

Peneliti: baik saya akhiri penelitian tentang counter Dimas Cell ini, saya mengucapkan terimakasih untuk mba nya sudah memberikan waktu untuk saya bertanya tentang manajemen" yang berlaku di counter Dimas Cell ini

Karyawan: baik, terimakasih mba!

Sejarah Singkat Counter Dimas Cell

Dimas Cell sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa yaitu Counter penjualan handphone dan service buka pada pukul 21:00 – 04:00. Pertama kali didirikanya konter service Dimas Cell pada tahun 2002, yang bermula dari meneruskan usaha sang adik bapak Dede Saripudin selaku pemilik konter Dimas Cell,yang sebelumnya hanya menjual pulsa dan accessories handphone saja.

Setelah beralih pemilik kepada bapak Dede, tidak hanya melayani service handpone saja akan tetapi menjual accessories dan jual beli handphone.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun