Mohon tunggu...
sasya
sasya Mohon Tunggu... Penulis - Pelajar
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Gemar menulis dan menonton film action, seorang pelajar kelas 12 di SMKN 1 Mundu-Cirebon, mengambil jurusan teknik komputer dan jaringan, mengikuti pkl di cv. rumah mesin sebagai penulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Definisi Company Profile yang Perlu Diketahui!

28 Agustus 2024   10:40 Diperbarui: 28 Agustus 2024   12:38 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Company profile atau brosur perusahaan adalah salah satu hal terpenting yang harus dibuat oleh perusahaan. Setiap perusahaan atau bisnis harus memilikinya. Tanpa adanya profil perusahaan, pengguna tidak dapat mengetahui informasi lebih lanjut tentang perusahaan dan produk apa saja yang ditawarkan.

Secara tidak langsung, komponen ini berperan penting untuk menarik perhatian pelanggan terhadap suatu perusahaan. Lalu, apa definisi dari profil perusahaan? Halaman-halaman berikut ini akan memberikan penjelasan singkatnya.

Definisi Company Profile

Profil perusahaan memberikan gambaran umum tentang perusahaan dan biasanya dimaksudkan untuk memberi tahu audiens tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, komponen ini biasanya mencakup kisah pendirian perusahaan, visi dan misi, dan memberi tahu audiens mengapa produk atau layanan tersebut dijual.

Secara garis besar, brosur perusahaan bertujuan untuk menginformasikan kepada audiens tentang perusahaan secara detail. Dengan demikian, brosur perusahaan dapat meningkatkan kesadaran pelanggan dan menarik perhatian. Selain itu, elemen ini juga penting untuk menarik investor.

Hal yang Harus Ada dalam Company Profile

Seperti yang telah dijelaskan, tujuan membuat brosur perusahaan adalah untuk memberi tahu pemirsa dan pengunjung tentang perusahaan. Oleh karena itu, perhatikan dengan seksama informasi apa saja yang harus ditulis dan informasi apa saja yang tidak perlu.

Berikut ini adalah beberapa elemen kunci yang harus disertakan dalam profil perusahaan:

1. Detail perusahaan

Masukkan detail yang ingin Anda sertakan dalam profil perusahaan Anda. Hal ini dilakukan agar audiens dapat mengenal perusahaan Anda dengan lebih baik.

Di bawah ini adalah detail perusahaan yang dapat Anda isi:

* Nama perusahaan

* Tanggal pendirian

* Alamat perusahaan

* Nomor telepon

* Alamat situs web

* Alamat email

2. Informasi dasar perusahaan

Sebenarnya, tidak semua jenis perusahaan perlu menulis informasi dasar perusahaan berikut ini. Namun, informasi dasar perusahaan dapat mencakup hal-hal berikut

* Visi dan misi

* Deskripsi produk atau layanan

* Sejarah dan pertumbuhan

* Rincian tim inti

* Portofolio pelanggan

3. Pencapaian perusahaan

Jika perusahaan telah mencapai prestasi apa pun, penting untuk menyebutkannya dalam profil perusahaan. Sebagai contoh, pencapaian yang dapat dituliskan dalam profil perusahaan meliputi

* Penghargaan

* Sertifikasi

* Program dan proyek khusus

* Testimoni

* Pengakuan media dan berita

4. Informasi tambahan

Opsi ini bersifat opsional dan tidak perlu disertakan. Contoh informasi ini

* Omset tahunan

* Target keuangan

* Jumlah karyawan

* Mitra

* Foto

Manfaat Company Profile

acuity IT Solutions
acuity IT Solutions

1. Menciptakan hubungan dengan pelanggan

Salah satu aspek terpenting dalam membuat profil perusahaan adalah membangun hubungan antara perusahaan dan pelanggannya. Pelanggan dapat melihat informasi yang lebih detail yang disediakan oleh perusahaan.

Dan pelanggan juga dapat berkomunikasi langsung dengan tim pemasaran melalui kontak yang tersedia. Hal ini dapat membantu bisnis untuk berkembang dengan sukses, karena pelanggan yang tepat dapat diarahkan dengan baik.

2. Sebagai alat pemasaran

Secara tidak langsung, brosur perusahaan juga dapat digunakan sebagai alat pemasaran perusahaan. Brosur perusahaan selalu berisi deskripsi tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu, calon pelanggan dapat membacanya dengan seksama sebelum membeli dan menggunakan produk atau jasa tersebut.

3. Memperkuat branding

Terakhir, brosur perusahaan juga penting untuk memperkuat branding perusahaan. Alasannya adalah untuk memastikan bahwa kekuatan dan keunggulan perusahaan dibandingkan kompetitor lainnya dicantumkan.

Hal ini memberikan kesempatan bagi calon klien untuk mempertimbangkan perusahaan. Jika dikemas dengan baik, besar kemungkinan prospek akan tertarik dengan perusahaan Anda.

4. Memberikan gambaran umum perusahaan

Profil perusahaan tidak hanya merupakan alat pemasaran dan branding, tetapi juga memberikan wawasan kepada calon pengguna tentang perusahaan.

Hal ini karena profil perusahaan menggambarkan sejarah dan pertumbuhan yang telah dilalui perusahaan. Hal ini secara tidak langsung akan memicu calon konsumen untuk melirik perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Di atas adalah definisi singkat mengenai company profile dan konten yang harus ada di dalamnya. Dapat dilihat bahwa company profile merupakan salah satu bagian terpenting dalam perkembangan sebuah perusahaan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun