Mohon tunggu...
Saskia Nurbayanti
Saskia Nurbayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia kampus Cibiru

Saya adalah individu yang memiliki minat dalam dunia pendidikan dan psikologi perkembangan anak. Menulis adalah cara saya berkomunikasi dengan diri saya sendiri, dengan setiap pemikiran yang tidak mampu tertuang dalam suara. Semoga setiap kata yang terbaca, menjadi sesuatu yang dapat direnungi bersama.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Inovasi Digital Media Pembelajaran Interaktif Flipbook sebagai Penunjang Pembelajaran IPS SD

7 Juni 2023   18:35 Diperbarui: 10 Juni 2023   18:26 663
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Inovasi Digital Media Pembelajaran Interaktif Flipbook sebagai Penunjang Pembelajaran IPS SD dalam Pengimplementasian Kurikulum Merdeka

Penulis: Dina Ramdini, Saskia Nurbayanti, Tin Rustini

Program Studi: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Cibiru

E-mail: dinaaard12@upi.edu, saskianurbayanti69@upi.edu 

ABSTRAK

Seiring perkembangan zaman digitalisasi, pemanfaatan teknologi harus mulai direalisasikan oleh berbagai kalangan. Dalam dunia pendidikan, kebutuhan akan inovasi pembelajaran perlu dilakukan. Dalam upaya mewujudkan Pendidikan yang lebih baik, pendidik harus mulai mengembangkan media pembelajaran interaktif sebagaimana tujuan yang tercantum dalam kurikulum merdeka. Media pembelajaran interaktif memungkinkan siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hasil belajar mereka pun meningkat.  Salah satu media pembelajaran interaktif yang dapat dikembangkan saat ini adalah flipbook.  Dengan adanya media pembelajaran berbentuk flipbook dengan tampilan yang menarik dapat menjadi salah satu solusi untuk mendukung proses pembelajaran IPS di sekolah dasar yang selama ini terkesan sebagai mata pelajaran yang membosankan. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui korelasi inovasi digital media pembelajaran interaktif flipbook sebagai penunjang pembelajaran IPS SD dalam pengimplementasian kurikulum merdeka. Sumber data dalam tulisan ini didapatkan dengan metode penelitian kualitatif dengan model penelitian studi kepustakaan (literature review), yaitu mencari sumber data yang relevan dengan topik yang dibahas kemudian dilakukan identifikasi terhadap sumber data. Setelah dilakukan analisis terhadap data-data, hasil penelitian menyatakan bahwa memasuki abad 21, inovasi pembelajaran berbasis digital harus segera dikembangkan. Inovasi tersebut dapat dilakukan oleh pendidik sebagai fasilitator dengan membuat media pembelajaran yang lebih interaktif, sehingga tujuan dari kurikulum merdeka ini dapat terimplementasikan.

Kata kunci: Inovasi Digital, Media Pembelajaran Interaktif, Flipbook, Pembelajaran IPS SD, Kurikulum Merdeka

ABSTRACT

 Along with the development of the digitalization era, the use of technology must begin to be realized by various groups. In the world of education, the need for learning innovation needs to be done. In an effort to realize better education, educators must begin to develop interactive learning media as stated in the independent curriculum. Interactive learning media allows students to be more active in the learning process, so that their learning outcomes also increase. One of the interactive learning media that can be developed at this time is the flipbook. The existence of learning media in the form of flipbooks with an attractive appearance can be a solution to support the social studies learning process in elementary schools, which has so far been impressed as a boring subject. This article aims to determine the correlation of digital innovation with flipbook interactive learning media as a support for elementary social studies learning in implementing the independent curriculum. The data sources in this paper were obtained using qualitative research methods using a literature review research model, namely finding data sources that are relevant to the topics discussed and then identifying the data sources. After analyzing the data, the research results stated that entering the 21st century, digital-based learning innovations must be developed immediately. This innovation can be carried out by educators as facilitators by making learning media more interactive, so that the goals of this independent curriculum can be implemented.

Keywords: Digital Innovation, Interactive Learning Media, Flipbook, Elementary Social Studies Learning, Independent Curriculum

PENDAHULUAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun