Menjadi viral ada di urutan teratas daftar keinginan pemasar media sosial mana pun. Tidak ada yang benar-benar tahu mengapa posting di Facebook atau YouTube menarik perhatian. Tidak ada pola yang terlihat yang berarti sebuah postingan akan menjadi viral. Tidak ada "rumus ajaib" untuk pemasaran viral.
Yang mengatakan, beberapa posting lebih mungkin menjadi viral daripada yang lain karena mereka memiliki fitur atau elemen tertentu. Sebuah posting viral hanya bermuara pada psikologi manusia. Jenis posting apa yang beresonansi saat ini? Berikut 12 cara membuat postingan Anda viral di media sosial.
1. Memotivasi
Sangat tidak mungkin Anda tidak pernah melihat kutipan atau ucapan motivasi di newsfeed Facebook atau akun Instagram Anda. Pernahkah Anda berpikir mengapa hal-hal itu muncul hampir setiap hari di jaringan Anda? Menurut artikel, orang merasa perlu secara psikologis untuk membagikan kutipan inspirasional atau kata-kata motivasi. Itu bisa berupa rasa bersalah, untuk mengesankan orang lain, atau mengirim pesan tanpa mengatakan apa yang mereka maksudkan secara langsung. Apa pun alasannya, kata-kata motivasi dibagikan berkali-kali asalkan dalam konteks yang tepat.
Temukan atau buat kata-kata motivasi yang menurut Anda akan menginspirasi orang lain, tambahkan gambar yang sesuai (sebaiknya tidak terlalu jelek), dan coba posting. Anda mungkin tidak menjadi viral dengan setiap posting, tetapi ada kemungkinan besar Anda akan mendapatkan beberapa pembagian dan suka.
2. Amaze
Orang suka menjadi yang pertama berbagi sesuatu yang menakjubkan dengan teman-teman mereka. Jika itu menantang norma, menyampaikan berita penting, atau menegaskan mitos, itu lebih baik. Bisa jadi faktanya seperti ini:
Sumber: YouTube
Ini adalah kisah anak kembar yang lahir dengan selisih 87 hari. Tampaknya sangat menakjubkan, itulah sebabnya ia memiliki lebih dari 49.000 tampilan.
ika Anda memposting fakta atau gambar luar biasa (atau video, dalam hal ini), pastikan itu sah. Lakukan riset sebelum Anda membagikannya, jadi jika itu menjadi viral, itu tidak akan kembali menggigit Anda dan membunuh kredibilitas Anda.
3. Zombify
Orang-orang saat ini terpesona dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan zombie. Setiap postingan yang membahas tentang zombie cenderung mendapatkan banyak perhatian. Vampir, putri duyung, dan alien juga mendapatkan bagian mereka. Tren zombie terbaru adalah obat baru yang disebut Flakka, juga dikenal sebagai obat zombie karena pengguna mulai mengunyah diri sendiri atau orang lain, dan tampak sangat kuat.
Tentu saja, alasan zombie mendapat perhatian adalah karena mereka populer. Jika orang membicarakan sesuatu maka Anda memiliki peluang lebih baik untuk menjadi viral. Namun, efektivitas memanfaatkan tren hanya sebaik relevansi dan kesesuaiannya dengan merek atau perusahaan Anda. Jika Anda lebih suka tidak dikaitkan dengan apa pun tentang zombie, misalnya, Anda dapat menemukan topik tren lain yang dapat Anda posting. Lakukan penelusuran untuk “topik yang sedang tren di {social network} hari ini” dan pilihlah.
4. Menghibur
Membuat orang tertawa selalu merupakan cara yang baik untuk menarik perhatian dan berbagi di media sosial. Studi menunjukkan bahwa konten lucu mengungguli jenis konten lainnya dalam hal berbagi. Ini karena tawa mengurangi stres, meningkatkan energi, dan menciptakan momen ikatan bagi orang-orang. Seberapa sering Anda tersenyum pada orang asing karena Anda berbagi momen lucu?
Namun, Anda perlu ingat bahwa tertawa dan berbagi bukanlah tujuan akhir Anda dalam pemasaran viral. Anda juga ingin membangun pengenalan merek, kesadaran, dan kepercayaan. Meskipun foto kucing lucu mungkin membuat Anda berbagi lebih dari 300.000 seperti yang di bawah ini, apakah itu berkontribusi apa pun pada merek Anda, atau apakah Anda hanya ingin tertawa?
Hampir tidak ada hal yang ingin Anda sampaikan kepada calon klien. Tidak sulit untuk menemukan sesuatu yang lucu atau menghibur tentang merek atau perusahaan Anda jika Anda hanya memikirkannya. Selalu ada sisi yang lebih ringan dari segala sesuatu jika Anda memiliki sikap yang benar.
5. Promosikan
Coba tebak? Anda harus membagikan posting Anda jika Anda ingin orang lain melakukannya juga. Mempromosikan posting Anda adalah langkah pertama untuk menjadi viral. Pinterest, misalnya, adalah platform yang bagus untuk mempromosikan produk Anda.
Anda juga dapat menggunakan sebutan situs otoritas, merek besar, atau influencer khusus untuk mempromosikan postingan Anda. Tandai mereka setelah Anda memublikasikan postingan tersebut sehingga secara otomatis akan muncul di akun media sosial mereka. Atau, Anda dapat mengirim email yang memberi mereka tautan dan memberi tahu mereka tentang penyebutan tersebut. Mudah-mudahan, itu akan memotivasi mereka untuk membagikan posting Anda.
6. Manajemen Postinganmu
Selain konten yang menarik jangan lupa untuk manajemen postingan Anda di berbagai platform media sosial dengan baik. Cara mudahnya adalah dengan social media management tools.
Penggunaan social management tools tentu saja akan memudahkan untuk mendapatkan waktu yang efektif. dalam penjadwalan postingan dalam satu waktu.
Sumber: Pagewiz
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H