Mohon tunggu...
Tsabita Kholis
Tsabita Kholis Mohon Tunggu... Desainer - Designer

journey

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Branding Desa Edu Wisata Pagelaran sebagai Bentuk Usaha Promosi Global

3 Juni 2021   14:12 Diperbarui: 3 Juni 2021   14:20 346
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Desa Pagelaran

Sebagai desa yang kaya akan potensi, Pagelaran memiliki tujuan untuk menjadikan dirinya sebagai desa Edu Wisata, Edu wisata sendiri adalah suatu program dimana peserta wisata melakukan perjalanan wisata pada suatu tempat dengan tujuan utama mendapat pengalaman belajar yang baru secara langsung terkait lokasi yang dikunjungi.

Dalam sebuah kesempatan wawancara sekretaris desa menuturkan

"Pageran harapannya bisa menjadi edu wisata, jadi kami terus berusaha untuk mewujudkannya".

Cita-cita tersebut dengan didukung potensi desa yang beragam seperti Keseniannya dengan tari, gamelan, karawitan, ludruk serta gandruk, Kerajinannya dengan gerabahnya yang terkenal dengan getak jowo, Kuliner nya dengan Opak khas pagelaran serta Trobosannya dengan Tanaman Organik membuat Pagelaran menjelma menjadi desa penuh potensi.

Dalam usaha menjadikan Pagelaran menjadi sebuah desa wisata edu wisata diperlukan salah satu lanka besar untuk mengenalkan Pagelaran tidak hanya di daerah sekitar namun lebih golal dan universal, maka kegiatan Branding desa perlu dilakukan.

Kegiatan "Branding Desa Pagelaran" menjadi salah satu usaha mempromosikan desa secara lebih luas, kegiatan branding adalah bentuk usaha menciptakan citra dalam benak khalayak luas dengan berbekal potensi yang ada dan pengemasan yang menarik

Kegiatan ini merupakan bentuk pengamdian dosen dan mahasiswa Universita Negeri Malang pada Desa pagelaran sebagai salah satu desa mitra UM, kegiatan branding menghasilkan beberapa produk identitas untuk desa seperti:

1. Logo Desa

Logo desa edu wisata pagelaran mengangkat tema ramah serta ekspresif untuk lebih mudah tercitra dan masuk ke ingatan khalayak, logo sangat penting dalam usaha mengenalkan desa karea sebagai salah satu bentuk identitas.

2. Katalog Desa

Katalog desa edu wisata pagelaran menfasilitasi pihak eksternal untuuk dapat lebih mengenal pagelaran serta kondisi sejarah desa, merupakan media yang mudah untuk diakses semua lapisan masyarakat.

3. Video  desa

Video merupakan bentuk promosi yang paling mudah diterima karena menggabungkan unsur visual serta audio, dalam video desa disajikan kondisi dan potensi desa Pagelaran.

Ketua Kelompok KKN Desa Pagelaran 2021, Alivio Aldiguna Akhbar menuturkan harapannya setelah adanya program branding desa ini, Desa Pagelaran semakin dikenal masyarakat Kab. Malang khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya. Dengan adanya program branding desa ini, diharapkan rencana besar segitiga emas pariwisata di kawasan malang selatan yang meliputi wisata sumber maron, wisata sumber sira, dan eduwisata kampung gerabah dapat terhubung. Tentunya diperlukan kerjasama yang baik dari semua pihak untuk mampu mewujudkan rencana besar tersebut. Selain itu, diharapkan dengan semakin dikenal nya Desa Pagelaran sebagai edu wisata  mampu meningkatkan kunjungan wisatawan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun