E-commerce Di Perspektif Islam.Kerangkan Teoritis, kunci faktor suksesDan Tantangan Untuk E-commerce IslamBisnis dan Kepatuhan Marketing Syariah
Industri perdagangan dunia telah berubah sejak 21 Desember 1994, ketika sebuah siaran pers bersama, University of Illinois di Urbana-Champaign dan Netscape Communications Corporation mengumumkan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang meninggalkan Netscape gratis untuk pasar produknya independen dari universitas, yang kolaborator. Kurang dari 6 bulan kemudian Netscape mengumumkan IPO (5 juta saham pertama di USD 28 per Bagikan).
Sejak saat itu, cara kita berdagang, berkomunikasi dan melakukan bisnis berubah, sebagai dampak dari Internet. Seperti yang kita lihat bahwa perubahan sedang terjadi dengan cepat dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda tidak harus secara pribadi pergi ke hardware dan perlengkapan toko untuk membeli bahan diperlukan untuk membangun rumah boneka untuk putri Anda. Apa yang harus Anda lakukan adalah untuk beralih pada komputer Anda dengan Koneksi internet. Dalam beberapa hari semua barang pesanan melalui internet akan dikirim ke depan pintu Anda. Apa yang harus Anda miliki adalah nomor kartu debit / kredit dan alamat pos.
- Apakah E-Commerce?
Orang bisa membeli sepatu, suku cadang, dan peralatan listrik dari Internet dan juga bisa mengumpulkan informasi dan belajar tentang budaya lain, iklim dari Internet. Dengan perkembangan Internet, hal itu tidak hanya menjadi cara berkomunikasi atau mengumpulkan informasi tetapi juga mendapatkan produk yang akan dikirimke jarak jauh, Era ini disebut era E-Commerce. Kerja sama Organisasi Ekonomis dan Pembangunan (OECD) mendefinisikan e-commerce sebagai: “Bisnis terjadi melalui jaringan yang menggunakan non protokol proprietary yang ditetapkan melalui proses pengaturan standar seperti Internet.
Joseph (2000) mendefinisikan E-Commerce sebagai praktek membeli dan menjual produk dan layanan melalui Internet, memanfaatkan teknologi seperti Web, pertukaran data elektronik, email, dana elektronik transfer, dan kartu pintar.
- E-Commerce Perspektif Islam
Bisnis Islam dapat didefinisikan sebagai bisnis organisasi, yang mengoperasikannya bisnis di bawah Hukum syariah dan belum termasuk operasi mereka dari kriteria sebagai berikut:
- Operasi yang berdasarkan riba (bunga
- Operasi yang melibatkan Maisir (perjudian)
- Kegiatan yang melibatkan pembuatan dan / atau penjualan haram (dilarang) produk seperti minuman keras
- Daging Non-halal dan babi.
- Operasi yang mengandung unsur gharar (ketidakpastian)
- Tantangan Utama
Melakukan bisnis menurut perspektif Islam tidak sulit karena mempromosikan keadilan bagi penjual dan pembeli dan selama itu mematuhi prinsip-prinsip Islam. Namun, menghindari Riba dan Gharar tampaknya hampir mustahil untuk bisnis Islam sejak hampir setiap transaksi akan langsung atau tidak langsung melibatkan riba. Ini adalah tantangan utama Bisnis syariah yang harus dihadapi. Dua lainnya larangan seperti Maisir dan 'menjual produk yang dilarang 'biasanya dianut oleh bisnis islam. Meskipun Maisir dan penjualan dilarang Produk ini menyimpang untuk bisnis Islam, kedua larangan tidak boleh diabaikan sepenuhnya. pada Sebaliknya dua larangan lainnya harus dikelola oleh bisnis Islam dalam rangka mencapai tujuan atau tujuan dari perusahaan yang laba maksimalisasi dan serta memaksimalkan kesejahteraan atau Falah. Riba jelas dilarang dari perspektif Al-Qur'an;
"Orang-orang yang memakan riba tidak akan berdiri kecuali seperti berdiri salah siapa yang jahat dengan sentuhan-Nya telah didorong ke kegilaan.Itu karena mereka berkata: "Perdagangan adalah seperti riba, "tetapi Allah diizinkan perdagangan dan dilarang riba.Mereka yang setelah menerima arahan dari mereka Tuhan, tangkal, akan diampuni untuk masa lalu;kasus mereka adalah untuk Allah (untuk menilai);tetapi mereka yang mengulang (Kejahatan tersebut) adalah penghuni neraka: Mereka kekal di dalamnya (untuk pernah) "(Al Baqarah: ayat 275).
Jadi jika pengusaha Muslim ingin menjual produk mereka (terutama di B2B e-commerce), mereka harus memastikan bahwa mereka tidak terlibat dalam transaksi riba dalam deposito, pembiayaan dan sistem pembayaran. Untuk menghindari riba pada biaya apapun, bisnis Muslim harus memastikan bahwa mereka memanfaatkan perbankan syariah atau sistem keuangan Islam. Produk, yang saat ini ditawarkan oleh Islam Bank Islam, kompetitif dengan berbagai produk meliputi dari deposito, pembiayaan dan layanan lainnya. Produk seperti Mudarabah, musyarakah, murabahah, dst.
Tantangan berikutnya adalah untuk menghindari unsur gharar di jual beli kontrak. Ada banyak Hadis melarang penjualan gharar, dan contoh-contoh spesifik daripadanya. Satu sering dikutip Hadis diriwayatkan oleh Muslim, 'Ahmad,' Abu Dawud, Al Tirmidzi, Al Nasa'i, Al Darami dan 'Ibnu Majah “Melarang penjualan kerikil dan penjualan gharar ".
Ada beberapa jenis Gharar, yang semuanya adalah haram. Berikut ini adalah beberapa contoh:
- Menjual barang yang penjual tidak dapat mengirimkan;
- Menjual barang yang diketahui atau tidak diketahui terhadap harga tidak diketahui, seperti menjual isi dari kotak tertutup;
- Menjual barang tanpa keterangan yang tepat, seperti Pemilik toko yang menjual pakaian dengan ukuran yang tidak ditentukan;
- Menjual barang tanpa menentukan harga, seperti sebagai menjual di 'akan harga';
- Membuat kontrak tergantung pada yang tidak diketahui acara, seperti ketika teman saya tiba jika waktu tidak ditentukan;
- Menjual barang atas dasar keterangan palsu; dan
- Menjual barang tanpa memungkinkan pembeli untuk benar memeriksa barang.
Jika dua larangan ini, Riba dan Gharar, bisa dihindari bersama dengan dua larangan lain, Bisnis syariah bisa mencapai salah satu dari dua tujuan, yang merupakan maksimalisasi Falah.
- E-Marketing Mix
Kriteria yang sama harus diterapkan jika kita ingin mengubah bauran pemasaran tradisional kita untuk e- bauran pemasaran terutama ketika kita harus mematuhi pedoman dan Prinsip syariah Berikut adalah diskusi tentang bagaimana e-commerce Islam strategi pemasaran dapat diterapkan pada bisnis yang nyata atau perusahaan.
- Produk
Sebuah produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk perhatian, akuisisi, penggunaan, atau konsumsi yang mungkin memuaskan keinginan atau kebutuhan (Kotler, 1991). Dalam sebuah e-commerce strategi pemasaran adalah penting untuk diingat bahwa informasi produk yang layak. menyatakan bahwa transaksi mana yang sebenarnya produk telah digantikan oleh informasi produk.
- Tempat
Bagi kebanyakan perusahaan aspek tempat pemasaran mix melibatkan saluran pemasaran. saluran pemasaran dapat didefinisikan sebagai organisasi saling tergantung yang terlibat dalam proses pembuatan produk atau layanan yang tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi (Kotler, 1991).
- Harga
Harga adalah satu-satunya unsur bauran e-marketing untuk menghasilkan pendapatan. Selain itu, harga merupakan salah satu kunci elemen dalam campuran e-marketing pemenang. Keberhasilan yang strategi harga tergantung pada harga bisnis tujuan dan pendekatan harga.
- Jaringan
- Jaringan berarti membangun dan mempertahankan hubungan tersebut. Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa semua jaringan yang memiliki perusahaan sebenarnya tidak efektif jika tidak diklasifikasikan dan ditentukan. Jaringan dapat dilakukan dengan pelanggan dan pemasok melalui kelompok elektronik. Kelompok ini akan dibentuk dan dimoderatori oleh perusahaan dengan karyawan penuh-waktu mempertahankan kelompok serta website.
- Informasi
Informasi tentang pasar, pesaing, teknologi dan hal-hal terkait lainnya yang penting bagi pengusaha di penataan strategi bisnis mereka. Seperti kata pepatah, dia yang memegang informasi yang paling adalah yang paling kuat. Hal ini sangat benar karena kita mencari informasi untuk mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan keputusan yang kita buat. Produk yang akan dijual harus dari beberapa nilai, spesifik, terukur, undisruptive, mampu kepemilikan, dan deliverable, dan harus berada dalam kepemilikan penjual pada saat penjualan. pemasaran Islam juga berbicara tentang penjualan dan perdagangan secara rinci. Nabi Muhammad SAW dijelaskan 'boleh dilakukan' penjualan dan perdagangan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:
“Hai orang yang beriman! Makan tidak sampai properti Anda di antaradirimu salah kecuali itu adalah perdagangan antara Anda, dengan persetujuanbersama. Dan tidak membunuhdirimu (atau membunuh satu sama lain). Sesungguhnya, Allah adalah MahaPenyayang kepadamu”(An-Nisa No. 29). Dari ayat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada bisnis yang mungkin kecuali kedua para pihak sepakat untuk kesepakatan. Ketika sebuah trader memberikan langkah-langkah pendek untuk pelanggan maka kontrak tersebut batal. Sebagaimana firman Allah dalam praktek Islam didasarkan pada keilahian dan iman dan dapat muncul, di kali, berada di bertentangan dengan praktik pemasaran konvensional kontemporer. Dalam etika bisnis Islam menipu pembeli adalah dosa. Islam tidak hanya deliberates hubungan antara Pencipta dan Manusia tetapi hubungan antar-manusia dan dengan seluruh alam semesta
Mereka harus fokus pada praktik bisnis yang dijelaskan oleh Syariah dan memperkenalkan praktik yang sehat dan menangkap mayoritas Muslim pasar. Loyalitas pelanggan selalu tetap menjadi perhatian utama bagi organisasi bisnis, sehingga manajer perlu menjadi perhatian dari persepsi agama konsumen untuk menjadi sukses dalam memasarkan produk mereka dan mencapai penerimaan publik.
Wallohualam bissawab....
Penulis: romi putra saroji
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H