Mohon tunggu...
Romi Putra
Romi Putra Mohon Tunggu... -

pascasarjana uin sunan kalijaga yogjakarta

Selanjutnya

Tutup

Money

Etika Bisnis Islam dalam Marketing

17 Februari 2017   19:01 Diperbarui: 17 Februari 2017   19:03 1187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

E-commerce Di Perspektif Islam.Kerangkan Teoritis, kunci faktor suksesDan Tantangan Untuk E-commerce IslamBisnis dan Kepatuhan Marketing Syariah

Industri perdagangan dunia telah berubah sejak 21 Desember 1994, ketika sebuah siaran pers bersama,  University of Illinois di Urbana-Champaign dan  Netscape Communications Corporation  mengumumkan bahwa  mereka telah mencapai kesepakatan yang meninggalkan Netscape gratis untuk  pasar produknya independen dari universitas, yang  kolaborator.  Kurang dari 6 bulan kemudian Netscape mengumumkan IPO (5 juta saham pertama di USD 28 per  Bagikan).

Sejak saat itu, cara kita berdagang,  berkomunikasi dan melakukan bisnis berubah, sebagai dampak dari  Internet.  Seperti yang kita lihat bahwa perubahan sedang terjadi dengan cepat  dalam kehidupan kita sehari-hari. Anda tidak harus secara pribadi pergi ke hardware dan perlengkapan toko untuk membeli bahan  diperlukan untuk membangun rumah boneka untuk putri Anda.  Apa yang harus Anda lakukan adalah untuk beralih pada komputer Anda dengan  Koneksi internet.  Dalam beberapa hari  semua barang pesanan melalui internet akan  dikirim ke depan pintu Anda. Apa yang harus Anda miliki adalah  nomor kartu debit / kredit dan alamat pos.  

  • Apakah E-Commerce?

Orang bisa  membeli sepatu, suku cadang, dan peralatan listrik dari  Internet dan juga bisa mengumpulkan informasi dan belajar  tentang budaya lain, iklim dari Internet. Dengan  perkembangan Internet, hal itu tidak hanya menjadi  cara berkomunikasi atau mengumpulkan informasi tetapi juga  mendapatkan produk yang akan dikirimke jarak jauh, Era ini disebut era E-Commerce.  Kerja sama Organisasi Ekonomis  dan Pembangunan (OECD) mendefinisikan e-commerce sebagai: “Bisnis terjadi melalui jaringan yang menggunakan non  protokol proprietary yang ditetapkan melalui  proses pengaturan standar seperti Internet.

Joseph (2000) mendefinisikan E-Commerce sebagai praktek  membeli dan menjual produk dan layanan melalui  Internet, memanfaatkan teknologi seperti Web,  pertukaran data elektronik, email, dana elektronik  transfer, dan kartu pintar.

  • E-Commerce Perspektif Islam

Bisnis Islam dapat didefinisikan sebagai bisnis  organisasi, yang mengoperasikannya bisnis di bawah  Hukum syariah dan belum termasuk operasi mereka dari  kriteria sebagai berikut:

  • Operasi yang berdasarkan riba (bunga
  • Operasi yang melibatkan Maisir (perjudian)
  • Kegiatan yang melibatkan pembuatan  dan / atau penjualan haram (dilarang) produk seperti minuman keras
  • Daging Non-halal dan babi.
  • Operasi yang mengandung unsur gharar (ketidakpastian) 
  • Tantangan Utama

Melakukan bisnis menurut perspektif Islam tidak  sulit karena mempromosikan keadilan bagi penjual dan pembeli  dan selama itu mematuhi prinsip-prinsip Islam. Namun,  menghindari Riba dan Gharar tampaknya hampir  mustahil untuk bisnis Islam sejak hampir setiap  transaksi akan langsung atau tidak langsung melibatkan riba. Ini adalah tantangan utama Bisnis syariah yang harus dihadapi. Dua lainnya  larangan seperti Maisir dan 'menjual produk yang dilarang 'biasanya dianut oleh bisnis islam. Meskipun Maisir dan penjualan dilarang  Produk ini menyimpang untuk bisnis Islam, kedua  larangan tidak boleh diabaikan sepenuhnya. pada  Sebaliknya dua larangan lainnya harus  dikelola oleh bisnis Islam dalam rangka mencapai  tujuan atau tujuan dari perusahaan yang laba maksimalisasi dan serta memaksimalkan kesejahteraan atau Falah.  Riba jelas dilarang dari perspektif Al-Qur'an;  

"Orang-orang yang memakan riba tidak akan berdiri kecuali seperti berdiri  salah siapa yang jahat dengan sentuhan-Nya telah didorong ke  kegilaan.Itu karena mereka berkata: "Perdagangan adalah seperti  riba, "tetapi Allah diizinkan perdagangan dan dilarang  riba.Mereka yang setelah menerima arahan dari mereka  Tuhan, tangkal, akan diampuni untuk masa lalu;kasus mereka adalah  untuk Allah (untuk menilai);tetapi mereka yang mengulang (Kejahatan tersebut)  adalah penghuni neraka: Mereka kekal di dalamnya (untuk  pernah) "(Al Baqarah: ayat 275).

Jadi jika pengusaha Muslim ingin menjual produk mereka  (terutama di B2B e-commerce), mereka harus memastikan  bahwa mereka tidak terlibat dalam transaksi riba dalam deposito, pembiayaan dan sistem pembayaran. Untuk menghindari riba  pada biaya apapun, bisnis Muslim harus memastikan bahwa mereka  memanfaatkan perbankan syariah atau sistem keuangan Islam.  Produk, yang saat ini ditawarkan oleh Islam  Bank Islam, kompetitif dengan  berbagai produk meliputi dari deposito, pembiayaan dan  layanan lainnya.  Produk seperti Mudarabah, musyarakah, murabahah, dst.

Tantangan berikutnya adalah untuk menghindari unsur gharar di jual beli kontrak. Ada banyak Hadis melarang penjualan gharar, dan contoh-contoh spesifik  daripadanya. Satu sering dikutip Hadis diriwayatkan oleh  Muslim, 'Ahmad,' Abu Dawud, Al Tirmidzi, Al Nasa'i,  Al Darami dan 'Ibnu Majah  “Melarang penjualan kerikil dan penjualan gharar ".

Ada beberapa jenis Gharar, yang semuanya  adalah haram. Berikut ini adalah beberapa contoh:

  • Menjual barang yang penjual tidak dapat mengirimkan;
  • Menjual barang yang diketahui atau tidak diketahui terhadap  harga tidak diketahui, seperti menjual isi dari  kotak tertutup;
  • Menjual barang tanpa keterangan yang tepat, seperti  Pemilik toko yang menjual pakaian dengan ukuran yang tidak ditentukan;
  • Menjual barang tanpa menentukan harga, seperti  sebagai menjual di 'akan harga';
  • Membuat kontrak tergantung pada yang tidak diketahui  acara, seperti ketika teman saya tiba jika waktu  tidak ditentukan;
  •  Menjual barang atas dasar keterangan palsu;  dan
  • Menjual barang tanpa memungkinkan pembeli untuk benar memeriksa barang.

Jika dua larangan ini, Riba dan Gharar, bisa  dihindari bersama dengan dua larangan lain,  Bisnis syariah bisa mencapai salah satu dari dua  tujuan, yang merupakan maksimalisasi Falah.

  • E-Marketing Mix

Kriteria yang sama harus diterapkan jika kita ingin mengubah bauran pemasaran tradisional kita untuk e- bauran pemasaran terutama ketika kita harus mematuhi  pedoman dan Prinsip syariah  Berikut adalah diskusi tentang bagaimana e-commerce Islam  strategi pemasaran dapat diterapkan pada bisnis yang nyata  atau perusahaan.

  • Produk

Sebuah produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk  perhatian, akuisisi, penggunaan, atau konsumsi yang mungkin  memuaskan keinginan atau kebutuhan (Kotler, 1991). Dalam sebuah e-commerce  strategi pemasaran adalah penting untuk diingat bahwa  informasi produk yang layak. menyatakan bahwa transaksi mana yang sebenarnya  produk telah digantikan oleh informasi  produk.

  • Tempat

Bagi kebanyakan perusahaan aspek tempat pemasaran  mix melibatkan saluran pemasaran. saluran pemasaran  dapat didefinisikan sebagai organisasi saling tergantung yang terlibat  dalam proses pembuatan produk atau layanan yang tersedia  untuk digunakan atau dikonsumsi (Kotler, 1991).

  • Harga

Harga adalah satu-satunya unsur bauran e-marketing untuk  menghasilkan pendapatan. Selain itu, harga merupakan salah satu kunci  elemen dalam campuran e-marketing pemenang. Keberhasilan yang  strategi harga tergantung pada harga bisnis  tujuan dan pendekatan harga.

  • Jaringan 
  • Jaringan berarti membangun dan mempertahankan hubungan tersebut.   Hal ini juga penting untuk dicatat bahwa semua jaringan yang  memiliki perusahaan sebenarnya tidak efektif jika tidak diklasifikasikan dan ditentukan.  Jaringan dapat dilakukan dengan pelanggan dan pemasok  melalui kelompok elektronik. Kelompok ini akan dibentuk dan  dimoderatori oleh perusahaan dengan karyawan penuh-waktu  mempertahankan kelompok serta website.
  • Informasi

Informasi tentang pasar, pesaing, teknologi dan  hal-hal terkait lainnya yang penting bagi pengusaha di  penataan strategi bisnis mereka. Seperti kata pepatah, dia yang memegang informasi yang paling  adalah yang paling kuat. Hal ini sangat benar karena kita mencari  informasi untuk mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan  keputusan yang kita buat. Produk yang akan dijual harus dari beberapa nilai, spesifik, terukur, undisruptive, mampu kepemilikan, dan deliverable, dan harus berada dalam kepemilikan penjual pada saat penjualan. pemasaran Islam juga berbicara tentang penjualan dan perdagangan secara rinci. Nabi Muhammad SAW dijelaskan 'boleh dilakukan' penjualan dan perdagangan.  Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an:

Hai orang yang beriman! Makan tidak sampai properti Anda di antaradirimu salah kecuali itu adalah perdagangan antara Anda, dengan persetujuanbersama. Dan tidak membunuhdirimu (atau membunuh satu sama lain). Sesungguhnya, Allah adalah MahaPenyayang kepadamu”(An-Nisa No. 29). Dari ayat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada bisnis yang mungkin kecuali kedua para pihak sepakat untuk kesepakatan. Ketika sebuah trader memberikan langkah-langkah pendek untuk pelanggan maka kontrak tersebut batal. Sebagaimana firman Allah dalam praktek Islam didasarkan pada keilahian dan iman dan dapat muncul, di kali, berada di bertentangan dengan praktik pemasaran konvensional kontemporer. Dalam etika bisnis Islam menipu pembeli adalah dosa. Islam tidak hanya deliberates hubungan antara Pencipta dan Manusia tetapi hubungan antar-manusia dan dengan seluruh alam semesta

Mereka harus fokus pada praktik bisnis yang dijelaskan oleh Syariah dan memperkenalkan praktik yang sehat dan menangkap mayoritas Muslim pasar.  Loyalitas pelanggan selalu tetap menjadi perhatian utama bagi organisasi bisnis, sehingga manajer perlu menjadi perhatian dari persepsi agama konsumen untuk menjadi sukses dalam memasarkan produk mereka dan mencapai penerimaan publik.

Wallohualam bissawab....

Penulis: romi putra saroji

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun