Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SDN 88 Singkawang
Lingkup Pendidikan
Sekolah Dasar
Tujuan yang ingin dicapai
Menigkatkan hasil belajar siswa, motivasi dan keterampilan guru dalam merancang pembelajaran  inovatif di kelas Va  pada materi Daur hidup hewan  Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 5 SDN 88 Singkawang
Penulis
Winaldy Arifin, S.Pd
Tanggal
5 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran
ini adalah :
- Proses pembelajaran didalam kelas belum membuat siswa aktif  dan auntisias dalam mengikuti pembelajaran
- Guru  belum efektif  dalam menerapkan model dan media pembelajaran dikelas
- Kegiatan pembelajran dikelas masih didominasi oleh guru serta m asih menggunakan metode ceramah
- Guru belum bisa menyusun dan merumuskan indikator soal berbasis Hots dalam pembelajaran
- Belum optimalnya guru dalam melaksanakan pembelajaran inovatif pada materi yang disampaikan sehingga pembelajaran yang dilaksanakan tidak dapat membangkitkan motivasi belajar siswa
- Penguasaan  dan kemampuan pembelajaran berbasis TIK masih sangat rendah yang dimiliki oleh guru
- Metode pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru masih menggunakan metode yang konvensional dan tidak menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan siswa yang ada dikelas
- Belum optimalnya kemampuan guru dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran
- Kemampuan guru dalam mengelola kelas masih belum optimal
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan?
Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :
- Didalam proses pembelajaran guru masih menemukan pemasalahan dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan mengajar
- Praktik pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
- Praktik pembelajaran ini dapat memotivasi diri saya sendiri serta memotivasi siswa dalam belajar
- Praktik pembelajaran ini  agar saya dapat selalu mendesain pembelajaran yang inovatif dan kreatif dalan setiap pembelajaran
Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini?
Sebagai seorang guru saya pasti memiliki tanggung jawab  dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dengan menerapakan model dan metode pembelajaran yang inovatif yang menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik siswa saya agar tujuan serta hasil belahjar yangs aya lakukan dapat tercapai sesuai dengan harapan yang saya inginkan
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut?
Yang menjadi suatu tantangan untuk mencapai tujuan tersebut adalah :
- Kurangnya pemanfaatan media pembelajaran oleh guru yang melibatkan siswa aktif
- Guru belum maksimal dalam menerapakan  model pembelajaran yang menyesuaikan karakteristik siswa
- Kurang memadai saran adan prasara dalam mendukung proses pembelajaran
- Saat diskusi kelompok belajar masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi
- Siswa kurang terbiasa  dalam mengerjakan soal berbasis HOTS
- Siswa belum terbiasa pembelajaran berbasi TIK dan pembelajaran berbasis HOTS
Siapa saja yang terlibat ?
Yang terlibat dalam proses pembelajaran ini adalah guru sebagai tenaga pengajar, kepala sekolah, teman sejawat dan siswa siswa
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut:Â
- Guru harus terus belajar dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam melaksanakan pembelajran yang inovatif
- Guru harus merancang kegiatan pembelajaran dengan metode dan model pembelajaran  yang dapat memberikan pengalaman bagi siswa agar siswa termotivasi dalam belajar
- Berusaha menyediakan sarana dan prasara dalam mendukung kegiatan pembelajaran
- Mencari kajian literatur yang tepat dari berbagai sumber tentang persoalan pembelajaran yang dihadapi oleh guru
- Melakukan wawancara terhadap pakar mengenai persoalan yang dihadapi
Strategi apa yang digunakan?
Strategi yang digunakan oleh guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Bacic Learning (PjBL) dalam pembelajaran
Bagaimana prosesnya :
Saya  terlebih dahulu mempelajari model-model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar siswa
Siapa saja yang terlibat?Â
- Guru terlibat dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan praktek pembelajaran serta mengkondisikan siswa.
- Rekan guru/Kolaborator terlibat dalam mengawasi jalannya pelaksanaan praktek pembelajaran yang dilakukan
- Kamerawan terlibat dalam hal pengambilan video praktek pembelajaran yang dilaksanakan
- Siswa yang terlibat dalam pembelajaran
Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini?
Yang diperlukan dalam melaksanakan strategi ini yaitu : Alat dan bahan yang digunakan diantaranya Laptop, LCD Proyektor, media konkrit pembelajaran, lem, kertas karton tebal, gambar hewan yang mengalami metamorfosis (kupu-kupu), spidol double tip.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah langkah yang dilakukanÂ
- Penggunaan media pembelajaran power point (PPT)  dan media audio visual membuat siswa  menjadi lebih aktif dalam pembelajaran  mengenai materi daur hidup hewan
- Pemilihan model pembelajaran Inovatif PBL dan aktivitas pembelajaran berpusat pada siswa, yang membuat siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembelajaran Â
Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif ?Â
Dalam proses pembelajaran  siswa  merasa senang dalam pembelajaran inovatif seperti ini, pembelajaran yang guru lakukan hasilnya efektif dan sesuai dengan yang diinginkan terlihat dari aktifnya siswa dalam pembelajaran dan meningkatnya hasil belajar siswa
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?
Respon siswa  terhadap pembelajaran yang saya lakukan ini adalah sangat senang, hal ini terlihat dari refleksi akhir pembelajaran siswa memberikan respon bahwa pembelajaran sangat menyenangkan serta media pembelajaran yang digunakan menarik dan membuat materi mudah dipahami  dan berdasarkan  hasil wawancara yang dilakukan kepada rekan sejawat/guru kolaborator  mengenai praktek pembelajaran yang saya lakukan sudah baik, dikarenakan siswa terlihat aktif dalam pembelajaran
Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?Â
Faktor keberhasilan ini sangat ditentukan oleh guru sebagai fasilitator  dalam proses pembelajaran dimana guru harus mempersiapkan segala sarana maupun prasarana dalam mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan di mulai dari mempersiapkan media pembelajaran berupa media konkrit ataupun media berbasis IT, model pembelajaran, langkah-langkah pada RPP dan penyusunan instrumen penilaian (sikap, pengetahuan dan keterampilan)
Â
Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?
Pembelajaran yang bisa diambil dari proses kegiatan yang sudah guru lakukan adalah guru menjadi lebih kreatif serta inovatif dalam memilih dan menerapkan model dan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran seseuai dengan kebutuhan siswa. Secara umum praktek pembelajaran yang telah  saya laksanakan  berhasil membuat siswa semakin mudah mengerti dan memahami materi mengenai pembelajaran yang saya sampaikan
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI