Satuan Pendidikan   : SD
Kelas / Semester     : V / 2
Tema 5 Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â : Organ Tubuh Manusia dan Hewan
Sub Tema 1 Â Â Â Â Â Â Â Â : Tubuh Manusia
Pembelajaran Ke    : 2
Alokasi Waktu      : (6 x 35 menit) 1 x Pertemuan
Â
KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD) :
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.
Kompetensi Dasar (KD) :
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator:
Menyimpulkan anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.
PJOK
Kompetensi Dasar (KD) :
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator:
Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
Kompetensi Dasar (KD) :
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Indikator:
Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.
SBdP
Kompetensi Dasar (KD) :
Mengenal prinsip seni dalam berkarya seni rupa.
Indikator:
Mengidentifikasikan prinsip-prinsip seni dalam berbagai karya seni rupa.
Â
Kompetensi Dasar (KD) :
Menggambar komik dengan menerapkan proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan berdasarkan hasil pengamatan.
Indikator:
Menyimpulkan mengenai gambar komik, proporsi, komposisi, dan unsur penceritaan.
IPA
Kompetensi Dasar (KD) :
Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya.
Indikator:
Menyebutkan bagian rangka manusia.
Mengenali tulang rangka manusia
Kompetensi Dasar (KD) :
Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya.
Indikator:
Mengamati gambar rangka manusia.
Berdiskusi mengenai gambar rangka manusia.
Â
Â
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi manfaat olah raga (jalan cepat) dengan rasa ingin tahu
Dengan menggali informasi dari teks "Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung", siswa mampu menyimpulkan jenis olahraga yang baik untuk jantung dengan cermat
Dengan mengamati "Gambar Tulang Rangka Manusia", siswa mampu mengklasifikasi tulang rangka manusia menjadi tiga bagian dengan teliti
Dengan bekerja sama dalam kelompok, siswa mampu menyebutkan fungsi rangka manusia dengan santun
Dengan mengamati gambar komik, siswa mampu mendeskripsikan pengertian gambar komik dengan cermat
Dengan mengolah informasi yang tersedia, siswa mampu menyebutkan langkah-langkah menggambar komik dengan mandiri
Dengan mengamati anggota keluarga, siswa mampu menggambar bentuk tubuh salah satu anggota keluarga dengan kreatif
Â
MATERI PEMBELAJARAN
Menggali informasi dari teks "Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung" kemudian membuat simpulannya
Mengklasifikasi tulang rangka manusia menjadi tiga bagian (tulang pipa, tulang pendek, dan tulang pipih)
Bekerja sama dalam kelompok untuk mendiskusikan fungsi rangka manusia
Mengamati gambar dan menjelaskan apa yang dimaksud dengan menggambar komik
Penugasan untuk mencari langkah-langkah menggambar komik
Membuat gambar bentuk tubuh salah satu anggota keluarga
Â
Â
BAHAN AJAR
- Struktur Rangka Manusia
Perhatikan Gambar 1.1. Ada berapa bagian rangka manusia?
Â
Â
Â
Â
Rangka manusia terbagi atas tiga bagian, yaitu rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apakah bentuk tulangnya sama? Coba bandingkan bentuk rangka kepala, rangka badan, dan rangka anggota gerak. Apa fungsi masing-masing?
    Â
1. Rangka Kepala
Â
Â
 Â
Rangka kepala dikenal dengan nama tengkorak. Amati Gambar 1.2. Rangka tulang kepala berbentuk bulat, disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipih. Tulang-tulang ini bersatu membentuk sendi, tetapi tidak dapat digerakkan. Tulangnya keras, gunanya untuk melindungi otak. Otak merupakan bagian tubuh manusia yang amat penting dan sangat lunak.
2. Rangka Badan
Â
  Â
Rangka badan disusun oleh berbagai macam tulang, yaitu sebagai berikut.Ruas-ruas tulang belakang. Sambungan antartulang ini dapat digerakkan. Coba gerakkan tubuhmu ke depan atau membungkuk ke depan, atau gerakkan tubuhmu ke pinggir. Kamu dapat membungkukkan tubuhmu karena adanya tulang-tulang belakang.Tulang dada. Sambungan tulang-tulang ini tidak dapat digerakkan.Tulang-tulang rusuk. Sambungan tulang-tulang ini dapat digerakkan. Tulang rangka badan ada yang berbentuk pipih, misalnya pada tulang rusuk dan belikat. Ada juga yang bentuknya pendek, misalnya pada ruas-ruas tulang belakang. Rangka badan membentuk rongga dada sehingga berfungsi untuk melindungi paru-paru, jantung, hati, dan lambung.
3. Rangka Anggota Gerak
Rangka anggota gerak pada manusia terdiri atas rangka tangan dan rangka kaki. Coba perhatikan Gambar 1.4 berikut ini.
Â
 Â
Bentuk rangka tangan dan rangka kaki yang memanjang disusun oleh tulang-tulang yang berbentuk pipa dan keras. Masing-masing tulang dihubungkan dengan sendi sehingga dapat bergerak. Gerakan pada tangan dan kaki berbeda-beda.Bentuk-bentuk Tulang Rangka Manusia
Berdasarkan bentuknya, tulang dapat dibagi menjadi tiga kelompok
a. Tulang pipih
Karena bentuknya pipih atau gepeng maka disebut tulang pipih. Contohnya tulang belikat, tulang dada, tulang rusuk, tulang panggul, dan tulang-tulang tengkorak.
Â
 Â
Tulang belikat
b. Tulang pendek
Tulang pendek bentuknya bulat pendek.Contohnya tulang pergelangan tangan, tulang pergelangan kaki, ruasruas tulang belakang, dan tulang tempurung lutut.
Tulang tempurung lutut
c. Tulang pipa
Disebut tulang pipa karena bentuknya seperti pipa, bulat panjang dan di bagian pusatnya terdapat rongga besar. Contoh: tulang lengan, tulang paha, dan tulang ruas jari.Â