Cara Cepat Memotret Sebuah Sekolah
Saya terbiasa untuk mengelilingi dari satu sekolah ke sekolah lainnya, melihat dan memotret sekolah-sekolah baik untuk kebutuhan riset, belajar, fasilitasi dan tentunya mengurus anak-anak kita yang belajar di sekolah. Â Ketika saya mengunjungi suatu sekolah ada hal-hal yang selalu saya perhatikan untuk melihat secara cepat dan sederhana kalau sekolah itu manajemennya oke atau tidak! Â Baiklah hal itu bisa kita mulai dengan beberapa penjelasan berikut:
1. Perhatikan apakah satpam/petugas keamanan sekolah informatif dan ramah.Â
Ketika kita mengunjungi sebuah sekolah, pintu gerbang sekolah yang pertama adalah petugas keamanan atau satpam. Pada poin ini perhatikan bagaimana informasi mengenai kebutuhan kita untuk mengunjungi sekolah tersebut apakah informatif, jelas dan ramah. Apabila tidak dan kurang ramah, dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa sekolah tersebut belum optimal dalam mengelola informasi dan SDM, khususnya petugas keamanan. Karena petugas keamanan sekolah merupakan peran dan sosok yang tidak bisa kita remehkan, sebagai pintu masuk dan penjaga keamanan sekolah.
2. Petugas piket, admin atau resepsionis, apakah responsif dan komunikatif.
Setelah kita bertemu dengan satpam sekolah untuk melaporkan kebutuhan kita untuk mengunjungi sekolah, Kita akan diarahkan untuk menemui petugas piket, admin atau resepsionis di sekolah untuk meyampaikan kebutuhan kita. Disanalah kita akan mendapatkan informasi awalan mengenai sekolah tersebut. Perhatikan bagaimana petugas adminnya apakah dapat memandu dan memberi informasi dengan baik apa yang kita butuhkan. Kalaupun dia memiliki keterbatasan dalam memahami sekolahnya, apakah dia mengarahkan kita untuk memberitahu dengan siapa sebaiknya kkita bertemu atau memandu kita untuk menunggu selagi dia mencarikan informasi apa yang kita butuhkan dengan baik.
3. Perhatikan bagaimana respon guru atau staff sekolah yang kita temui.
Tentunya sebagai orang baru atau orang asing yang mengunjungi sebuah sekolah, kita sering bingung bahkan tidak tahu dengan siapa kita akan bertemu orang yang kita tuju, dimana posisi kantornya atau tempat duduknya. Tentunya kita akan bertanya kepada mereka yang menjadi warga sekolah, bisa jadi kita akan bertemu dnegan guru atau pun staff dari sekolah tersebut. Ketika kita bingung, kita akan bertanya, dari poin ini perhatikan bagaimana respon guru atau pun staff yang kita temui, apakah ramah, informatif, peduli dan mau membantu  kita sebagai orang asing yang membutuhkan bantuan.
4. Perhatikan bagaimana respon murid-muridnya.
Hmm...sekarang ini pemerintah sedang booming dengan pendidikan karakter, berbicara mengenai pendidikan, salah satu tujuan dari pendidikan adalah aspek sikap dan karakter. bagaimana dari aspek sikap dan karakter yang terlihat secara umum dari murid-murid sekolah tersebut. Anda tidak perlu masuk mengawasi dari satu kelas ke kelas lainnya tapi cukup ketika anda bingung dan merasa butuh bantuan di sekolah tersebut. Bertanyalah ke salah satu murid atau beberapa murid mengenai kebutuhan informasi yang anda butuhkan dan tuju. Bagaimana sikap dan respon murid-muridnya terhadap orang baru atau orang asing, dapat mencerminkan bagaimana sekolah dalam menanamkan nilai-nilai karakter di siswa-siswanya.
5. Perhatikan kerapian dan kebersihan sekolah.
Penting memperhatikan kerapian dan kebersihan sekolah, sekolah yang rapi dapat mencerminkan pengelolaan informasi yang terdapat di sekolah tersebut. Kebersihan sekolah bagaimana kita memotretnya, cukup pergilah ke toilet dan kantin sekolahnya. Perhatikan toiletnya, apakah bersih dan tidak berbau. Kalau bersih dan tidak berbau, itu menunjukkan sekolah telah memiliki standar manajemen pemeliharaan sarana dan prasarana dengan baik. Kantin, lihatlah bagaimana kebersihannya dan standar pelayanannya.Â
6. Apakah Website sekolah informatifkah?
Nah setelah mengunjungi sekolah secara fisik, biasanya kita tertarik untuk mengetahui tentang informasi suatu sekolah, mari kita kunjungi website sekolah sebagai jendela informasi sebuah sekolah. Perhatikan dengan detail bagaiaman manajemen informasi disajikan dan ditampilkan oleh sekolah dari beberapa aspek misalnya mengenai kurikulum, metode pembelajaran, guru, staff, program, kegiatan sekolah, fasilitas, informasi umum, peran orang tua, update informasi dan berita terbaru, murid, lokasi dan nomer kontak. Syukur-syukur sekolah tersebut juga menampilkan beberapa soft file handbook misalnya, buku pegangan orang tua, buku standar kurikulum, jadwal pelajaran dan kalender akademiknya. Dimana dari informasi tersebut kita dapat pelajari sebagai referensi kita dalam melihat sekolah.
Semoga tips diatas berguna ya., untuk memahami bagaimana pengelolaan manajemen sebuah sekolah. Kalau manajemen sekolah yang keren pastilah informatif, transparan, pelayanan ramah dan terkelola dengan baik.Â
Salam Literasi Pendidikan!
Yogyakarta, 26 Maret 2017
Sari Oktafiana
SilakanÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H