Mohon tunggu...
Siti SarahRahmatilah
Siti SarahRahmatilah Mohon Tunggu... Freelancer - Seorang mahasiswa yang sibuk dengan tumpukan tugass

Do Your Best!

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Kemudahan Bisa Dinikmati Semua Kalangan

4 Desember 2019   16:43 Diperbarui: 5 Desember 2019   12:44 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sepuluh sampai dua belas tahun lalu, aku sering melihat di televisi orang-orang bisa memesan taksi lewat telepon. Mereka menggunakan telepon yang saat itu hanya dimiliki oleh instansi-instansi dan orang-orang kaya. Telepon rumah saat itu sangat jarang dimiliki di setiap rumah. Dulu, orang-orang yang ingin berkomunikasi jarak jauh, lebih banyak menggunakan surat atau telepon. Untuk orang-orang yang tidak memiliki telepon, biasanya pergi ke tempat telepon umum atau Wartel.

Aku masih ingat bagaimana saat kecil dulu ikut ibu ke Wartel, selalu senang ketika melihat ibu memasukkan koin sebelum menekan tombol telepon. Atau selalu senang melihat orang-orang mengantri ketika di telepon umum. Aku selalu merasa bahagia ketika melihat orang-orang berbicara di telepon, mereka mengantri menunggu waktu giliran mereka agar bisa berbicara dengan orang di seberang sana. Melihat raut wajah bahagia, canda tawa, bahkan raut sedih ketika telepon mereka tidak diangkat atau ketika waktu berkomunikasi harus diakhiri karena kehabisan uang receh.

Masih teringat jelas ketika dulu di salah satu telepon umum di sudut kota tempat tinggalku, ibuku merenggut kesal karena orang di depannya tidak kunjung selesai berkomunikasi. Ibu ingin pindah ke antrian lain, namun penuh. Menunggu orang di depannya pun rasanya tidak sanggup karena begitu habis, orang di depan ibu kembali memasukkan koin untuk memperpanjang durasi. Kala itu, aku melihat ibu pulang dengan wajah kecewa dan kesal.

Seiring berjalannya waktu, telepon mulai dimiliki beberapa rumah. Hampir setiap rumah memiliki telepon dengan beragam model. Tapi meskipun dirumahku sudah memiliki telepon, aku masih belum bisa menikmati memesan taksi lewat telepon. Bahkan, saat itu sudah mulai muncul makanan-makanan fast food yang bisa dipesan lewat telepon. Sayangnya, di kota ku kala itu belum ada taksi dan makanan fast food yang bisa dipesan-antar. Waktu itu aku hanya bisa menikmati telepon untuk menghubungi saudara jauh atau menelepon ke kantor ibuku. 

Bagaimana dengan Sobat? Apakah mengalami hal yang sama juga?

Tapi teknologi semakin cepat berkembang, apalagi dibarengi dengan adanya globalisasi, segala sesuatu menjadi sangat cepat dan mudah. Zaman sekarang, orang-orang tidak perlu khawatir saat ingin berkomunikasi. Tidak perlu mengantri, tidak perlu menyiapkan uang koin untuk menelepon bahkan tidak perlu merasakan kecewa saat tidak bisa menghubungi orang yang dituju. Telepon rumah sudah berkembang menjadi telepon genggam. Dengan mengalami banyak perubahan dan perkembangan, telepon genggam yang awalnya hanya bisa menelepon dan mengirim pesan, kini sudah memiliki beragam fungsi.

Dulu, orang-orang harus mengirim email, mengetik dokumen, membuat bahan presentasi di komputer. Tapi sekarang, telepon genggam sudah sangat canggih. Bukan hanya bisa mengirim pesan atau menelepon, telepon genggam sekarang sudah bisa dipakai untuk mengetik, mengirim email, membuat bahan presentasi, bahkan hanya lewat layar kecil itu kita bisa mengetahui berita di seluruh penjuru dunia dengan cepat. Lebih canggih lagi, dalam telepon genggam tersebut terdapat aplikasi yang bisa digunakan dengan berbagai hal, seperti memesan kendaraan, memesan makanan, menyewa mobil, bahkan kita bisa memesan kurir untuk mengantarkan barang hanya dalam satu aplikasi.

Aplikasi tersebut bernama Grab. #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua

Karena telepon genggam sudah dimiliki hampir semua kalangan, dan semua telepon genggam sudah memakai program yang canggih, maka setiap telepon genggam bisa mengunduh aplikasi Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua

Jika dulu aku melihat di televisi orang-orang gedongan bisa memesan taksi hanya dengan menelepon, maka sekarang pun aku bisa melakukannya. Tanpa menelepon dan tanpa perlu cape menjelaskan kemana tujuanku. Kini, lewat aplikasi Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua aku hanya perlu mengetikkan alamat tujuanku, lalu mengklik pesan, menunggu sebentar, maka driver taksi akan datang ke tempat dimana aku memesan. Sangat mudah.

Seperti yang aku sebutkan tadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam satu aplikasi yang dinamakan Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua ini. Aku akan menjelaskan dan berbagi bagaimana pengalamanku menggunakan beberapa fitur dari aplikasi Grab ini.

GrabBike

Fitur pertama yang aku gunakan adalah GrabBike. Awal-awal menggunakan Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua aku sempat kebingungan. Bukan karena aplikasinya yang sulit, tapi aku yang memang belum paham bagaimana menggunakannya. Setelah dicoba, akhirnya aku bisa menggunakan Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua hingga aku ketagihan. 

Fitur GrabBike ini adalah fitur untuk memesan kendaraan bermotor atau biasa disebut dengan ojek online. Sobat yang tinggal di kota-kota besar mungkin sudah tahu dan sering menggunakannya. Menurutku, menggunakan GrabBike ini sangat nyaman dan tidak ribet. Sobat hanya perlu menentukan alamat yang dituju, setelah memesan dan menunggu ada driver yang mengambil, maka sobat akan dijemput ditempat sobat berada. 

Enaknya menggunakan GrabBike ini, aku bisa mengetahui ongkosnya. Jadi Sobat tidak perlu khawatir dengan tarif yang berlebih, karena ongkosnya sudah sesuai dengan di aplikasi. Memang sih, jika dilihat dari harga, ongkos yang dikeluarkan lebih mahal dari naik angkot, tapi lebih murah dari ojek konvensional yang biasanya memberikan harga yang lebih mahal.

GrabCar

Jika GrabBike adalah ojek online, maka GrabCar ini adalah taksi onlinenya. Cara pemesanannya sama seperti GrabBike, tapi memang harganya lebih mahal karena menggunakan mobil.

Dulu, mungkin hanya orang-orang yang memiliki uang berlebih untuk memesan taksi, tapi sekarang semua orang bisa memesan taksi hanya dengan satu aplikasi. Jika taksi konvensional menggunakan argo, GrabCar tidak menggunakan argo. Harga bisa kita ketahui saat pemesanan, jadi tidak perlu khawatir akan kekurangan uang karena argo yang mahal.

Tips dari aku, jika mau menggunakan GrabCar, mending rame-rame. Selain karena harga yang dikeluarkan jadi lebih murah, sobat juga bisa mengurangi kemacetan dan polusi. Sayang dong, kalau misalnya kita ngeluarin uang yang terlalu banyak dan menyumbangkan polusi hanya dari satu orang.

GrabFood

GrabFood adalah fitur yang paling sering aku gunakan. GrabFood merupakan fitur pesan makanan secara online dari Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua

Aku yang merupakan seorang anak kos, kadang suka males buat keluar. Jika lapar, aku lebih sering menggunakan GrabFood. Apalagi, di GrabFood, sobat bisa memesan makanan apa saja. Mulai dari jaraknya yang agak jauh, sampai yang paling dekat. Di GrabFood ini sangat simpel, sama seperti fitur sebelumnya, sobat bisa memesan hanya dalam sekali klik dan sobat bisa melihat harga tiap makanan. Serunya lagi, harga d GrabFood sudah termasuk pajak.

Selain itu, di GrabFood juga, sobat bisa melihat kapan waktu buka dan tutupnya restoran atau tempat makan yang sobat inginkan. Jadi sobat tidak perlu bingung jika ingin pesan makanan.

Karena aku lebih sering pakai GrabFood, makanya poin Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua yang aku punya lebih banyak disumbangkan dari GrabFood. Semakin banyak sobat mendapatkan poin, semakin banyak juga reward yang sobat bisa dapatkan. Sampai sekarang, aku sudah mendapatkan sepuluh reward lho...

Tapi nih, sobat juga harus teliti dalam membeli di GrabFood. Driver terkadang kurang teliti dalam membeli makanan, mungkin karena beberapa alasan seperti kurang fokus. Oleh karena itu, sobat harus lebih teliti. Setelah makanan sampai, sobat jangan langsung menerima begitu saja, tapi harus diperiksa dulu, agar tidak terjadi kesalahan yang akhirnya merugikan diri sendiri. 

Di GrabFood, lebih enak jika menggunakan OVO untuk payment. Jika sobat membayar makanan menggunakan OVO, sobat memiliki kesempatan yang lebih banyak mendapatkan diskon. Karena biasanya promo di Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua lebih banyak didapatkan jika kita membayar dengan menggunakan OVO.

Bukan hanya GrabFood saja, fitur-fitur yang lain juga biasanya lebih murah jika pembayarannya menggunakan OVO.

Tiga fitur di atas adalah fitur yang paling sering aku gunakan di aplikasi Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua masih banyak fitur-fitur lain yang Grab punya, seperti Delivery, Grab Pulsa/Token, Grab Tiket, dll.

Dengan perkembangan teknologi, sobat jadi lebih enak dan mudah kan? Apalagi kita bisa memesan apapun hanya dalam satu aplikasi. Sekarang, semua kalangan bisa menikmati kemudahan hanya dalam satu aplikasi Grab #SelaluBisa #AplikasiUntukSemua

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun