Mohon tunggu...
Eko Gondo Saputro
Eko Gondo Saputro Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Menjadikan menulis sebagai salah satu coping mechanism terbaik✨

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Menelisik Kesuksesan HMNS Perfumery di Indonesia: Parfum Lokal yang Banyak Diminati Generasi Muda

17 Juni 2024   23:16 Diperbarui: 17 Juni 2024   23:29 743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penampilan diri merupakan sebuah identitas personal bagi seseorang yang akan mempengaruhi bagaimana cara pandang orang lain terhadap dirinya. Meskipun banyak orang yang tidak memandang penampilan, namun penampilan diri kerap kali dapat menunjukkan posisi seseorang di dalam lingkungan masyarakat.

Jika kita seorang pekerja, maka kita akan dituntut untuk memiliki penampilan yang sopan, rapi, dan terlihat profesional. Atau yang paling sederhana adalah ketika bertemu dengan kerabat atau teman, kita mencoba untuk memberikan penampilan yang semenarik mungkin sebagai bentuk penghargaan dan rasa gembira untuk melakukan pertemuan tersebut.

Terdapat komponen-komponen dalam penting mendukung sebuah penampilan diri. Mulai dari pakaian, aksesoris, gaya rambut, hingga kebersihan diri yang meliputi kuku, gigi, hingga wajah. 

Namun dari banyaknya komponen tersebut, terdapat satu komponen yang kemudian akan menjadi ciri khas dari penampilan seseorang yaitu parfum atau weweangian.

Sejak kemunculan pada zaman kuno, parfum yang semula digunakan oleh bangsa Mesir kuno sebagai komponen dalam upacara keagamaan hingga kematian, kemudian terus mengalami perubahan fungsi dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Di zaman modern ini, kemajuan pesat membuat bermunculan berbagai macam jenis parfum dari berbagai merk dengan variasi aroma-aroma tertentu. Saat ini parfum bukan hanya sebagai cara untuk menghilangkan bau yang tidak sedap saja, tetapi sebagai simbol status, keanggunan, dan keindahan pada diri seseorang.

Dulu, kita hanya mengenal merk parfum-parfum ternama saja. Tidak tersedianya parfum merk lokal ini disebabkan karena pada saat itu, menciptakan sebuah parfum merupakan suatu hal yang sulit. 

Ini terjadi karena adanya keterbatasan teknologi dan pengetahuan, sulitnya mengakses komposisi atau bahan tertentu, hingga keterbatasan sarana infrastruktur seperti fasilitas ekstraksi dan laboratorium yang belum banyak tersedia dan memadai.

Namun seiiring dengan perkembangan zaman, saat ini kita lebih banyak disuguhkan dengan berbagai jenis parfum merk lokal yang dari segi kualitas mampu bersaing dan menggeser merk parfum-parfum kenamaan dunia.

Dari banyaknya merk-merk parfum lokal yang beredar di Indonesia saat ini, mungkin yang paling banyak menarik perhatian konsumen dengan menawarkan kualitas yang mampu membuat mereka berpaling dari parfum merk-merk pafrum kenamaan, yaitu HMNS perfumery yang dengan cepat banyak dicintai para konsumen parfum di Indonesia.

Gambar logo HMNS/ HMNS perfumery
Gambar logo HMNS/ HMNS perfumery

Mengenal lebih dekat dengan merk parfum lokal HMNS

HMNS perfumery atau yang dibaca "Humans" ini merupakan sebuah merk parfum lokal asal Indonesia yang didirikan pada tahun 2019 lalu. Brand ini dibentuk oleh sekelompok anak muda yang memiliki tujuan untuk menghadirkan parfum berkualitas tinggi namun dengan sentuhan khas lokal Indonsia.

Dengan menggabungkan bahan-bahan alami dari Indonesia dan proses pembuatan yang cermat, ternyata mampu menciptakan wewangian yang unik dan elegan. Sejak didirikan, HMNS ini meraih banyak perhatian konsumen karena inovasinya dalam menciptakan aroma yang unik serta di kemas dalam botol yang memiliki kesan aesthethic.

Tidak hanya wanginya yang unik dan memikat hati para konsumen saja, setiap produk parfum yang diciptakan oleh HMNS masing-masingnya memiliki cerita dibaliknya. 

Dalam hal ini mereka menggunakan teknik "storytelling" dengan cerita yang unik pada setiap campaignnya yang mengaitkan unsur budaya atau pengalaman pribadi, sehingga konsumen merasa lebih terhubung dengan setiap produk yang ditawarkan.

Misalnya salah satu produk best seller mereka yang juga merupakan produk pertamanya yang diberi nama "Alpha". Dibalik nama ini, HMNS ingin meracik sebuah parfum yang mencerminkan karakter seorang pemimpin yang kuat dan karimastik.

Dengan menyisipkan narasi "kekuatan dan ketegasan" dalam cerita dibalik varian Alpha ini, memiliki tujuan untuk menginspirasi penggunanya agar merasa lebih percaya diri dan siap dalam menghadapi tantangan. Selain itu pemilihan nama "Alpha" juga dianggap sebagai simbol dari kepercayaan diri dan keunggulan pribadi.

Dengan kualitas yang mumpuni hingga inovasi dan kreativitas pada setiap lini produknya, membuat HMNS dapat berkembang dengan pesat. Selain dari pada kedua aspek tersebut, cara mereka dalam berkomunikasi dengan konsumen juga dianggap sebagai cara yang brilian karena mengusung teknik marketing dengan pendekatan "humanis".

Di mana mereka berfokus pada aspek emosional dan personal sehingga dapat terhubung dengan konsumen. Selain komponen storytelling pada setiap lini produknya, HMNS juga mengambil langkah yang berbeda karena membangun interaksi personal yang menciptakan dialog dua arah dengan konsumen melalui social media mereka dengan cara merespon setiap komentar dari konsumen.

Rizky Arief Dwi Parkoso, selaku CEO & Founder dari HMNS mengatakan bahwa "customer bukan hanya target market saja tetapi juga shareholders penting dalam development brand". Sehingga ini yang menyebabkan HMNS memiliki tempat dihati para konsumennya karena konsumen merasa bahwa produk HMNS adalah produknya sendiri.

Maka tidak mengherankan juga jika hanya membutuhkan waktu singkat untuk HMNS menjadi salah satu pionir parfum lokal yang mampu memimpin pasar perfumery di Indonesia, dan bahkan mampu bersaing dengan merk-merk ternama lainnya.

Sumber: Compas.co.id
Sumber: Compas.co.id

Menurut laporan dari compass.co.id, HMNS memimpin pasar parfum lokal dengan market share sebesar 21% di e-commerce Tokopedia pada periode 1-15 januari 2024. 

Di mana market parfum dan wewangian per-periode tersebut telah mencapai Total Gross Merchandise Value (GMV) sebesar Rp 3 miliar dan telah menjual 27 ribu produk. Artinya dalam rentang periode tersebut HMNS telah mampu menjual produk parfumnya kurang lebih 6rb produk.

Dan jika menyandingkan HMNS dengan merk-merk kenamaan dunia, posisi HMNS masuk kedalam jajaran "Top 5 Merk Parfum Terlaris" di e-commerce Shoppe dan Tokopedia pada tahun 2021 lalu dengan pangsa pasar 3,5%. Ini menunjukkan bahwa HMNS tidak hanya mampu memimpin pasar lokal saja, tetapi mampu bersaing dengan merk parfume kenamaan dunia lainnya.

Melihat bagaimana animo masyarakat hingga para pelaku bisnis yang melihat keberhasilan HMNS dan kemudian turut terinspirasi untuk mengeluarkan produk parfum mereka, membuat pasar parfum lokal kian hari semakin ramai dan membuat konsumen semakin memiliki banyak pilihan produk parfum.

Dengan semangat untuk menghadirkan berbagai lini produk parfum dan wewangian lokal, membuat masyarakat akan lebih banyak mempertimbangkan produk dari dalam negeri dibandingkan produk luar negeri.  

Apalagi jika kualitasnya bisa setara atau bahkan lebih baik, menggunakan bahan dan komposisi asli dari Indonesia, hingga dikemas dengan packaging dan marketing yang menarik, maka tidak akan mengejutkan jika banyak masyarakat akan lebih banyak mencari dan memilih merk parfum lokal Indonesia dibandingkan merk-merk kenamaan dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun