Saat ini profesi yang banyak dilirik dan mempunyai prospek cerah untuk ditekuni adalah profesi sebagai content creator.
Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa, bahkan praktisi dapat menjadi seorang content creator.
Maraknya dunia content creator tidak lepas dari perkembangan digital marketing. Banyak brand yang membuka kerja sama berupa review produk atau sejenisnya kepada para content creator.
Tentu saja ini menjadi peluang bagi siapa saja untuk meraup cuan melalui konten yang dibuatnya.
Pengertian Content Creator
Sesuai dengan namanya, content creator adalah orang yang membuat konten baik berupa tulisan, gambar, maupun video atau kombinasi dari ketiganya yang diunggah melalui media sosial seperti you tube, instagram, blog, atau media sosial lainnya.
Tujuan dari unggahan konten tersebut adalah untuk menarik perhatian audiens. Oleh karena itu biasanya konten yang dibuat oleh seorang  content creator disesuaikan dengan target atau audiens yang ingin disasarnya.
Secara spesifik pengertian content creator menurut HubSpot adalah orang-orang yang menciptakan konten atau materi yang di dalamnya terdapat unsur edukasi dan hiburan yang ditujukan kepada audiens tertentu.
Meskipun sekilas terlihat mudah dan semua orang bisa melakukannya, namun untuk menjadi konten kreator yang andal dan sukses butuh perjuangan. Â
Dan berikut beberapa hal yang  dapat dilakukan untuk menjadi content creator andal. Â
1. Perluas wawasan dengan banyak membaca
Agar konten yang dibuat selalu sesuai dengan perkembangan jaman, seorang konten kreator harus banyak membaca. Agar tahu trend yang disukai saat ini. Sehingga konten yang dibuat mengena dan disukai oleh audiens kita.
2. Perbanyak ide
Agar konten yang dibuat variatif dan tidak membosankan, seorang konten kreator harus memiliki banyak ide. Luangkan waktu secara khusus untuk menggali ide. Dan tulis setiap ide yang terlintas di kepala. Kebiasaan ini akan memudahkan seorang konten kreator dalam membuat karya.
3. Pelajari audiens
Nah, ini sangat penting. Agar konten yang dibuat mengena dan tepat sasaran, maka kita harus memahami audiens kita. Sehingga konten yang kita buat disukai dan berpotensi viral.
4. Buat konten yang orisinil dan unik
Banyak konten kreator di luar sana. Agar konten kita tidak lewat begitu saja, maka harus ada keunikan pada karya kita. Sehingga membuat orang terkesan dan mudah mengingatnya (tentu saja dalam pengertian positif).
5. Buat konten yang bermanfaat
Nah, ini harus jadi pegangan. Karena konten yang kita buat dapat memberi pengaruh kepada banyak orang, maka konten yang dibuat harus positif dan bermanfaat bagi orang banyak. Hindari konten hoax dan berbau sara.
6. Pilih provider yang jaringannya stabil dan kuat
Sebagai seorang content creator, internet yang kuat sangat penting untuk mendukung kreativitas dan produktivitas kerja. Oleh karena itu pemilihan provider yang tepat harus dilakukan.
Salah satu Internet Provider terkemuka yang jaringannya menjangkau seluruh wilayah Indonesia adalah IndiHome dari Telkom Indonesia.
Dengan menggunakan provider ini kita bisa bebas berkarya tanpa takut jaringan ngadat. Jaringan fiber optik yang digunakan IndiHome dari Telkom Indonesia memungkinkan provider ini menjangkau wilayah terpencil, sehingga semua bisa merasakan manfaat dari internet.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H