Revolusi atau seirang dengan perkembangan jaman memiliki dampak yang besar serta membawa perubahan dalam aspek-aspek kehidupan manusia, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga bisnis dan ekonomi. Pada bidang bisnis dan ekonomi, dampak yang ditimbulkan pun beragam. Banyak produk baru bermunculan, bertambah luasnya marketplace. Pelaku bisnis pun terus menerus mengalami perubahan sesuai dengan teknologi dan tren yang sedang berkembang.Â
Jika dibandingkan, penelolaan yang digunakan pada zaman dulu dan zaman sekarang pasti akan sangat berbeda. pengelolaan lama/tradisional apabila diterapkan di era sekarang tentu tidak akan berfungsi dan ketinggalan zaman. Untuk itu, pelaku bisnis perlu menerapkan strategis dan pengendalian marketing yang baik.
Marketing atau pemasaran barang dan jasa pada zaman sekarang merupakan hasil dari proses perjalanan atau perkembangan yang sangat panjang. Kegiatan marketing pada awal mulanya atau sejarah dilakukan dengan cara pertukaran atau yang biasa disebut dengan barter dan terus berkembang seiring perkembangan zaman.
Perubahan Marketing dalam tahun ke tahun
Menurut Britannica Encyclopedia, Marketing adalah aktivitas yang berkaitan dengan proses pemindahan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Menurut para Ahli lain juga menyebutkan bahwa marketing adalah langkah awal dalam sebuah bisnis yang memiliki sistem tertentu untuk memproduksi, menawarkan, hingga menjualnya dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen akan sebuah barang/jasa. Selain untuk memuaskan konsumen, marketing juga dilakukan agar perusahaan atau pelaku bisnis dapat menaikkan penjualan dan mencapai keuntungan.
Sama seperti fase kehidupan makhluk hidup, cara pemasaran pun juga mengalami fase atau proses hingga berada di titik ini. Bahkan sejarah pemasaran tergolong cukup panjang dan terus berkembang.
*1900 ( The Beginning Marketing )
Pada tahun 1900an Marketing tidak lebih dari aktivitas bisnis sederhana, yang merupakan bagian dari aktivitas ekonomi. Melalui pendekatan sosiologis dapat dilihat sebagai sebuah institusi sosial, artinya market bukan hanya tempat bertemunya permintaan dan penawaran melainkan juga bertemunya pembeli dan penjual.
*1973 - 1994 (The Digital Age)
Pada era ini, teknologi-teknologi mulai bermunculan dan mempengaruhi dunia pemasaran. Tanggal 3 April 1973, Dr. Martin Cooper dari Motorola meluncurkan telepon genggam untuk pertama kalinya, sepuluh tahun kemudian personal computer pertama kali diperkenalkan ditambah rilis-nya Macintosh oleh Apple Inc. Kemunculan digital tools semakin mempermudah pembuatan iklan khususnya dalam bentuk cetak seperti majalah dan koran. Setelahnya, koran mulai ditemukan dimana-mana, bahkan menghasilkan keuntungan sebanyak $25 miliar di tahun 1985.
Beberapa tahun kemudian, teknologi 2G dan SMS pada telepon selular ditemukan yang kemudian menjadi sarana baru untuk pemasaran. Saat itu internet dimanfaatkan bagi pelaku bisnis sebagai sarana marketing dengan mengirimkan email dan spam. Cara ini pertama kali dilakukan oleh Phoenix Law Firm Canter and Signal pada tahun 1994.