Mohon tunggu...
SANUSI
SANUSI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tinggalkan Masa Lalu dan Kejarlah Masa Depan

Mengubah kehidupan adalah hal yang penuh tantangan dan rintangan yang harus menjadikan sebuah acuan dalam penyusunan sesuai visi dan misi yang sudah tertera dalam kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perubahan Marketing Seiring dengan Berkembangnya Zaman

22 Mei 2021   10:55 Diperbarui: 22 Mei 2021   11:29 539
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Revolusi atau seirang dengan perkembangan jaman memiliki dampak yang besar serta membawa perubahan dalam aspek-aspek kehidupan manusia, mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga bisnis dan ekonomi. Pada bidang bisnis dan ekonomi, dampak yang ditimbulkan pun beragam. Banyak produk baru bermunculan, bertambah luasnya marketplace. Pelaku bisnis pun terus menerus mengalami perubahan sesuai dengan teknologi dan tren yang sedang berkembang. 

Jika dibandingkan, penelolaan yang digunakan pada zaman dulu dan zaman sekarang pasti akan sangat berbeda. pengelolaan lama/tradisional apabila diterapkan di era sekarang tentu tidak akan berfungsi dan ketinggalan zaman. Untuk itu, pelaku bisnis perlu menerapkan strategis dan pengendalian marketing yang baik.

Marketing atau pemasaran barang dan jasa pada zaman sekarang merupakan hasil dari proses perjalanan atau perkembangan yang sangat panjang. Kegiatan marketing pada awal mulanya atau sejarah dilakukan dengan cara pertukaran atau yang biasa disebut dengan barter dan terus berkembang seiring perkembangan zaman.

Perubahan Marketing dalam tahun ke tahun

Menurut Britannica Encyclopedia, Marketing adalah aktivitas yang berkaitan dengan proses pemindahan barang/jasa dari produsen ke konsumen. Menurut para Ahli lain juga menyebutkan bahwa marketing adalah langkah awal dalam sebuah bisnis yang memiliki sistem tertentu untuk memproduksi, menawarkan, hingga menjualnya dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen akan sebuah barang/jasa. Selain untuk memuaskan konsumen, marketing juga dilakukan agar perusahaan atau pelaku bisnis dapat menaikkan penjualan dan mencapai keuntungan.

Sama seperti fase kehidupan makhluk hidup, cara pemasaran pun juga mengalami fase atau proses hingga berada di titik ini. Bahkan sejarah pemasaran tergolong cukup panjang dan terus berkembang.

*1900 ( The Beginning Marketing )

Pada tahun 1900an Marketing tidak lebih dari aktivitas bisnis sederhana, yang merupakan bagian dari aktivitas ekonomi. Melalui pendekatan sosiologis dapat dilihat sebagai sebuah institusi sosial, artinya market bukan hanya tempat bertemunya permintaan dan penawaran melainkan juga bertemunya pembeli dan penjual.

*1973 - 1994 (The Digital Age)

Pada era ini, teknologi-teknologi mulai bermunculan dan mempengaruhi dunia pemasaran. Tanggal 3 April 1973, Dr. Martin Cooper dari Motorola meluncurkan telepon genggam untuk pertama kalinya, sepuluh tahun kemudian personal computer pertama kali diperkenalkan ditambah rilis-nya Macintosh oleh Apple Inc. Kemunculan digital tools semakin mempermudah pembuatan iklan khususnya dalam bentuk cetak seperti majalah dan koran. Setelahnya, koran mulai ditemukan dimana-mana, bahkan menghasilkan keuntungan sebanyak $25 miliar di tahun 1985.

Beberapa tahun kemudian, teknologi 2G dan SMS pada telepon selular ditemukan yang kemudian menjadi sarana baru untuk pemasaran. Saat itu internet dimanfaatkan bagi pelaku bisnis sebagai sarana marketing dengan mengirimkan email dan spam. Cara ini pertama kali dilakukan oleh Phoenix Law Firm Canter and Signal pada tahun 1994.

*1995 - 2002 (Search Marketing)

Tahun 1995 sampai 2002an teknologi semakin berkembang. Telepon seluler dan personal computer semakin banyak digunakan. Ditambah berkembang pesatnya internet, search engine seperti Yahoo dan AltaVista diluncurkan, disusul dengan kemunculan Ask.com di tahun 1997.

Pada saat itu, strategi pemasaran dengan SEO (Search Engine Optimization) mulai digencarkan, sehingga orang-orang semakin mudah mencari apa yang mereka mau di search engine. Ditambah kemunculan Google di tahun 1998 yang langsung meledak. Strategi pemasaran semakin meluas setelah Blogger.com dan LiveJournal dirilis dan menjadi media baru untuk saran jual beli.

*2003 - 2012 (Social Media Begins)

Di tahun-tahun ini beragam sosial media ditemukan dan dirilis mulai dari Linkedin, Facebook, MySpace, hingga twitter. Jumlah penggunanya pun meledak dari seluruh penjuru dunia. Para marketers kemudian menambah jumlah budget untuk melakukan sosial media marketing hingga 64%. Pemasaran begitu gencar dilakukan melalui sosial media dan blog. Terlebih saat itu pengguna internet bertambah pesat.

*Tahun Sekarang 

Teknologi berkembang super pesat. Hampir semua orang memiliki smartphone, menjadi pengguna internet, dan berbelanja secara online. Ribuan forum, blog dan social media, dan platform e-commerce bermunculan. Strategi pemasaran pun semakin beragam, mulai dari SEO, content marketing, Pay Per Click Ads, hingga iklan-iklan dalam bentuk video yang bisa diakses dimana pun dan kapan pun dan oleh siapa pun.

Perubahan marketing terus berubah seiring berkembangnya zaman, dimulai dari media cetak hingga smartphone, dan strategi lain yang tentu akan jauh lebih canggih di masa depan. Sebagai pelaku bisnis, penting bagi kita untuk selalu mengikuti teknologi yang ada agar marketing yang kita lakukan sesuai dengan tren saat ini, karena strategi dan penelolaan marketing harus tepat, efektif, dan sesuai dengan perkembangan yang ada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun