Mohon tunggu...
Santy
Santy Mohon Tunggu... Editor - Saya Santy, saya lulusan SMK Taruna Terpadu 1 saat ini saya sedang berkuliah sambil berkerja, saya berkerja disalah satu percetakan bogor sebagai operator atau bisa disebut Editor.

Hobi saya membaca novel dan menonton drakor, jika ada waktu luang pasti saya akan gunakan dengan melakukan hobi saya tersebut. Saya juga senang mempelajari hal yang berbau design.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Usaha Foodie Banana Chip's

29 Juni 2024   22:01 Diperbarui: 29 Juni 2024   22:43 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://id.pinterest.com/pin/687924911844502253/

Pisang adalah buah yang kaya akan manfaat karena pisang mengandung kandungan gula yang lengkap yaitu glukosa, surkosa dan fruktosa. Kandungan kalori pisang sekitar 90 kalori, kandungan kalori tersebut termasuk tinggi untuk kategori buah-buahan. Tidak sedikit orang yang menyukai buah pisang mulai dari anak-anak, remaja dan orang dewasa bahkan para olahragawan banyak yang menyukai buah pisang sebagai pemulih stamina sehingga kebutuhan energi akan tergantikan setelah melakukan aktifitas olahraga.

Melihat minat masyarakat yang tidak ada habisnya terhadap cemilan keripik pisang. Foodiy Banana Chips membuat inovasi baru dari keripik pisang yaitu dengan menambahkan varia rasa, yaitu coklat.A. Analisis Produk

1). Jenis Produk Usaha

Foodie Banana Chips merupakan usaha home industry yang berlokasi di daerah Tangerang Selatan. Penjualan produk Foodie Banana Chips mengunakan pemasaran dan promosi media online dan offline dan brosur guna menarik pelanggan agar mencoba produk ini. 

B. Analisis Usaha

1). Analisis SWOT

  • Streght (Kekuatan produk)

- Rasa yang berbeda dengan keripik pisang yang lainnya

- Harganya sangat terjangkau

  • Weakness (Kelemahan produk)

- Pengolahan dengan cara yang masih terbilang tradisional

- Harga bahan baku yang tidak stabil

  • Opportunity (Kesempatan/peluang produk)

- Kondisi masyarakat yang semakin konsumtif terhadap makanan ringan sehingga mempercepat penjualan

- Permintaan masyarakat akan makanan ringan atau cemilan yang sehat

  • Threat (Ancaman produk)

- Produk yang dapat ditiru dengan mudah

- Munculnya pesaing yang terus meningkat

C. Analisis Produksi

1). Pemilihan Lokasi Usahao

Lokasi usaha yang dipilih oleh Foodie Banana Chips yaitu berada di jalan raya Serpong, Tangerang Selatan. 

2). Proses Produksi

Proses produksi keripik pisang coklat, yaitu:

- Siapakan alat-alat dan bahan-bahan untuk membuat keripik pisang coklat yaitu pisang, gula halus, bubuk coklat, air kapur sirih, minyak goreng.

- Kupas pisang terlebih dahulu lalu diiris tipis-tipis dan masukan kedalam larutan air kapur sirih lalu diamkan sejenak

- Angkat irisan pisang dari larutan tersebut lalu tiriskan

- Panaskan minyak goreng

- Masukkan irisan pisang ke dalam minyak yang sudah panas

- Goreng hingga pisangnya berubah menjadi kuning kecoklatan lalu tiriskan beberapa menit.

- Apabila pisang sudah di goreng semua, maka langkah selanjutnya membuat lapisan coklat.

- Siapkan wadah yang ada penutupnya sehingga memudahkan proses pemberian lapisan coklat

- Campurkan bubuk coklat dengan gula halus

- Masukkan irisan pisang yang telah ditiriskan dan bubuk coklat yang telah di campur gula halus kedalam wadah tersebut

- Kocok hingga irisan pisang dan bubuk coklat tercampur merata

- Keripik pisang pun siap di kemas

3). Tenaga Produksi 

Tenaga produksi peranan penting dalam membantu proses pembuatan keripik pisang coklat. 

4). Mesin dan peralatan

D. Analisis Pasar

1). Segmentasi Pasar, Target Pasar, Positioning 

  • Segmentasi Pasar 

Segmentasi berdasarkan demografis, yaitu laki-laki dan perempuan, semua umur (kecuali balita). 

  •  Sasaran Pasar

Usaha Foodie Banana Chips ini menargetkan laki-laki dan perempuan dari anak-anak hingga orang dewasa.  

  • Positioning

Foodie Banana Chips berinovasi dengan memiliki cita rasa yang lezat yang berasal dari coklat bubuk pilihan yang berbeda dengan pesaing lain.

2). Strategi Pemasaran

  • Produk

Pembuatan keripik pisang coklat ini merupakan terobosan baru dalam berusaha. Di kemasan juga terdapat logo dan nomor kontak agar memudahkan konsumen dalam pemesanan Foodie Banana Chips.

  • Harga 

Harga produk kami relatif terjangkau. Produk keripik pisang coklat ini kami jual RP20.000 per bungkus. 

  • Promosi 

Berikut ini adalah bentuk promosi yang dilakukan oleh usaha Foodie Banana Chips yaitu : 

a. Periklanan

b. Hubungan Masyarakatr

c. Pomosi Penjualan

Motto Bisnis

"Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada."

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun